Waspada! Ini 7 Tanda Tsunami yang Harus Diperhatikan

Senin, 17 Januari 2022 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Waspada! Ini 7 Tanda Tsunami Yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi tsunami. (Special)

Ladiestory.id - Tsunami merupakan gelombang ari laut besar yang terjadi karena adanya guncangan hebat di dasar laut. Umumnya, guncangan tersebut diakibatkan oleh gempa, pergeseran lempeng, tanah longsor, hingga erupsi gunung api yang berpusat di bawah laut.

Sebelum terjadi, biasanya terdapat tanda-tanda akan datangnya tsunami. Berikut Ladiestory.id merangkum tujuh tanda tsunami yang harus diperhatikan.

1. Air Laut yang Tiba-tiba Surut

Ilustrasi tanda-tanda akan terjadi tsunami. (Special)

Datangnya Tsunami bisa ditandai dengan surutnya air laut tiba-tiba. Peristiwa yang tak seperti biasanya ini terjadi karena adanya Megathrust, yaitu pergerakan naik dari patahan lempeng besar yang ada di dasar laut.

Kekuatan yang mendorong ke atas, seperti “kepalan tangan raksasa” yang muncul dari dasar laut membuat air bergulir turun dari sisi “kepalan tangan raksasa” tersebut. Kemudian menciptakan gelombang besar yang melaju sangat cepat, secepat pesawat. Gelombang tersebut akan terus bergerak melintasi lautan, walau hampir tidak terlihat di permukaan. 

Saat gelombang tersebut mencapai air laut dangkal, kekuatan “thrust” dari pergerakan lempeng tersebut akan mendorong gelombang hingga puluhan meter ke udara. Jika melihat air laut yang tiba-tiba dan sangat cepat surut, segeralah berlari ke dataran yang lebih tinggi.

2. Tanah Bergetar

Ilustrasi tanda-tanda akan terjadi tsunami. (Special)

Terjadinya gempa bumi yang berpusat di dasar laut, atau adanya longsor di permukaan bumi di bawah laut, akan mengakibatkan terjadinya underwater disturbance. Pada kekuatan serta kedalaman tertentu kedua peristiwa itu bisa berpotensi tsunami. 

Bila saat berada di dekat laut lalu merasakan tanah bergetar, segeralah berlari ke daratan yang tinggi dan hindari lembah atau sungai.

3. Terdengar Suara Gemuruh

Ilustrasi tanda-tanda akan terjadi tsunami. (Special)

Tanda akan datangnya tsunami yakni terdengar suara gemuruh yang sangat besar dan keras dari kejauhan. Hal ini disebabkan karena adanya pergeseran lempeng bumi di dasar laut yang menghantam lautan. 

4. Terjadi Gelombang Laut yang Tak Biasa

Ilustrasi tanda-tanda akan terjadi tsunami. (Special)

Gelombang laut yang terjadi sebelum tsunami adalah gelombang yang aneh dan tak seperti biasanya. Gelombang yang bisa memicu tsunami adalah bagian dari rentetan gelombang yang ada.

Bisa juga gelombang yang muncul di awali dengan gelombang kecil dahulu, kemudian menyusul gelombang besar. Setelah itu terjadi tsunami yang selanjutnya mengakibatkan erosi tanah.

5. Awan Lebih Gelap 

Ilustrasi tanda-tanda akan terjadi tsunami. (Special)

Tanda lain akan terjadi tsunami yakni keadaan awan yang lebih gelap dan mendung dari biasanya. Kadang juga bersamaan dengan terjadinya angin tornado.

Hal ini dapat terjadi karena adanya gelombang elektromagnetik yang berasal dari dasar lapisan atmosfer bumi, yang menyebabkan daya listrik di awan tertelan gelombang-gelombang lainnya.

6. Lampu Tetap Nyala Walaupun Tidak Ada Aliran Listrik

Ilustrasi tanda-tanda akan terjadi tsunami. (Special)

Bila Kamu melihat lampu tetap menyala padahal tidak ada listrik, ini menandakan adanya gelombang elektromagnetik yang bergerak di udara. Hal ini jadi tanda akan munculnya tsunami.

7. Perilaku Hewan yang Tak Seperti Biasanya

Ilustrasi tanda-tanda akan terjadi tsunami. (Special)

Saat akan terjadi tsunami, umumnya hewan-hewan menunjukkan perilaku yang tak seperti biasanya, misalnya burung yang mendadak berpindah-pindah.

Lalu burung dan binatang darat lainnya berbondong-bondong menjauhi pantai. Hal ini karena binatang memiliki sensor yang lebih kuat daripada manusia. Maka itulah binatang lebih dahulu tahu akan terjadi tsunami dan  berusaha menyelamatkan diri.

s