Terbukti Ampuh, Ini 7 Bahan Alami untuk Atasi Panas Dalam

Kamis, 4 Mei 2023 | 19:38:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Terbukti Ampuh, Ini 7 Bahan Alami Untuk Atasi Panas Dalam

Penyebab Tenggorokan Gatal (Special)

Ladiestory.id - Istilah panas dalam tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Panas dalam kerap digunakan untuk menyebutkan kondisi dimana muncul rasa tidak nyaman di tenggorokan. Mulai dari tenggorokan yang nyeri hingga susah digunakan untuk menelan. 

Panas dalam dapat terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diolah dengan suhu yang tinggi ataupun terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan bumbu yang tajam. Meskipun tidak berbahaya, namun panas dalam akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman. 

Nah, jika kamu mengalami panas dalam, kamu bisa gunakan tujuh bahan alami ini untuk mengatasinya seperti yang telah dirangkum oleh Ladiestory.Id.

Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

 

Cara paling mudah untuk mengatasi panas dalam adalah dengan minum air putih yang cukup yaitu minimal delapan gelas per hari. Pasalnya, gejala panas dalam seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan bibir kering diakibatkan karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. 

Air Garam

Air Garam. (Special)

 

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi panas dalam adalah air garam. Kamu bisa melarutkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat. Kemudian aduk hingga rata dan gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur-kumur selama 15 hingga 30 detik. Lakukan secara rutin setiap tiga jam sekali hingga gejala panas dalam membaik. Air garam berfungsi sebagai antibakteri yang dapat membunuh bakteri di tenggorokan.

Madu

 

Ilustrasi madu. (Special)

 

Madu diketahui sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengatasi panas dalam. Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri di tenggorokan dan juga sifat antiinflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. 

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mencampurkan satu sendok madu dengan air hangat. Kemudian minum selagi masih dalam kondisi hangat. Selain itu, agar sariawan bisa segera membaik, kamu bisa mengoleskan madu pada area sariawan sebanyak empat kali sehari. 

Semangka

Ilustrasi konsumsi semangka. (Special)

 

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi panas dalam adalah semangka. Semangka tergolong buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi sehingga dapat membuat tubuh tetap terhidrasi. 

Selain itu, semangka juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan zat antioksidan. Kandungan tersebut diperlukan oleh tubuh sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga. 

Jeruk

Ilustrasi buah jeruk. (Special)

 

Selain semangka, buah yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi panas dalam adalah jeruk. Selain memiliki kandungan air yang tinggi jeruk juga memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien. Adanya kandungan ini berperan dalam proses penyembuhan panas dalam. Agar mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi jeruk secara langsung ataupun diolah menjadi jus. 

Teh Chamomile

Ilustrasi teh chamomile. (Getty Images)

 

Teh chamomile juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan panas dalam. Jenis teh ini memiliki sifat anti peradangan dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi panas dalam. Sifat anti peradangan mampu melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan. Selain itu, minum teh chamomile juga akan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman dan kamu akan menjadi lebih rileks. 

Cuka Apel

Cuka Apel. (Special)

 

Bahan alami terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi panas dalam adalah cuka apel. Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air. Gunakan larutan cuka apel ini untuk berkumur-kumur. Ulangi setiap satu jam sekali agar proses panas dalam bisa cepat sembuh. Cuka apel diyakini ampuh mengatasi panas dalam karena bersifat antibakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab sakit tenggorokan.