Terima Diri Apa Adanya, Begini Cara Atasi Rasa Insecure

Jumat, 19 Januari 2024 | 17:50:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Terima Diri Apa Adanya, Begini Cara Atasi Rasa Insecure

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Insecure merupakan perasaan tidak aman yang bisa membuat seseorang menjadi gelisah, malu, takut, dan tidak percaya diri. Rasa insecure bisa berasal dari dalam atau luar diri sendiri.

Rasa insecure bisa membuat seseorang menjadi tidak mampu untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara maksimal. Hal ini tentunya bisa menghambat perkembangan diri seseorang.

Melansir BetterUp, berikut tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mengatasi rasa insecure.

Berpikir Positif

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Setiap orang bisa saja memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyikapi suatu hal, ada orang yang menyikapi masalah dengan self blaming, dan ada pula seseorang yang menghadapi sebuah permasalahan dengan santai.

Untuk itu, cobalah untuk terus berpikir positif tentang apapun yang terjadi di dalam hidup. Jika begitu, seseorang akan bisa menyelamatkan diri dari perasaan-perasaan negatif yang bisa menguras energi.

Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Terkadang secara tidak langsung seseorang terus-terusan membandingkan dirinya dengan orang lain. Namun, membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah suatu cara yang tepat untuk mengoreksi diri. 

Untuk mengatasi rasa insecure, cobalah untuk fokus pada diri sendiri dan berhenti memikirkan pencapaian orang lain. Hal ini bisa diterapkan dengan mengurangi penggunaan media sosial agar tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Tetapkan Tujuan yang Bisa Dicapai

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Ketika memiliki tujuan yang realistis, seseorang akan bisa terus mengembangkan dirinya. Namun jika mengincar hal-hal yang cukup sulit, maka seseorang akan merasa frustasi jika tidak bisa mencapainya.

Buatlah rencana tindakan untuk mencapai tujuan, kerjakan tujuan tersebut dengan rapi dan terstruktur.

Terima Diri Apa Adanya

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Seseorang harus secara penuh menyadari bahwa dirinya memiliki kekurangan dan kelebihan, dan hal itu tidak membuat seseorang menjadi kurang layak untuk diterima dan dihormati.

Ingatkan pada diri sendiri, bahwa tidak perlu untuk bisa selalu unggul dalam semua bidang. Jika merasa tidak bisa menguasai suatu bidang, tidak perlu memberikan tekanan pada diri sendiri untuk mengembangkan keterampilan tersebut.

Coba Hal Baru

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Mengurangi rasa insecure bisa dilakukan dengan terus mengembangkan potensi pada diri sendiri. Cobalah untuk mengikuti kelas dan pelajari keterampilan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.