Dapat Panggilan Kerja? Ini 4 Tipe Interviewer yang Akan Kamu Hadapi

Jumat, 19 November 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Dapat Panggilan Kerja? Ini 4 Tipe Interviewer Yang Akan Kamu Hadapi

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Interviewer merupakan pewawancara alias orang yang mewawancarai kamu pada proses interview kerja. Fungsi utama dari interviewer yaitu melaksanakan verifikasi terhadap hal-hal yang sudah kamu cantumkan di CV,

resume, maupun surat lamaran kerja; serta melaksanakan investigasi terhadap hal-hal yang kira kira belum ter-cover pada tahapan sebelumnya.

Beragam Tipe Interviewer

Bila pada waktu dekat kamu akan menjalani wawancara kerja yang penting, ada baiknya kamu mempelajari beragam tipe interviewer yang akan kamu hadapi. Seperti apa tipe interviewer tersebut? Perhatikan artikel di bawah ini.

1. Tipe Seperti Teman

Foto: Ladiestory.id

Interviewer tipe ini akan terasa layaknya teman dekat meskipun kamu baru beberapa menit berjumpa dengannya. Umumnya, ia murah senyum serta sifatnya ramah. Bahkan, terkadang interviewer ini rasanya sedikit terlalu energik.

Terkadang pula tipe interviewer yang terasa layaknya teman ini menanyakan hal-hal yang cukup personal. Umumnya interviewer sangat ramah ini umurnya masih lumayan muda.

Nah, keuntungan dari memperoleh tipe interviewer ini yaitu kamu dapat sedikit lebih rileks. Namun, jangan terlalu santai pula, ya! Saat sebuah perusahaan mempunyai interviewer yang sangat ramah semacam ini, kemungkinan budaya kerja perusahaan yang kamu inginkan juga tidak terlalu kaku.

Kamu juga mesti dapat menyesuaikan dirimu dengan ekspektasi perusahaan tersebut. Bila kurang luwes menjawab pertanyaan-pertanyaan interviewer tipe ini, kemungkinan kamu akan dinilai kurang fleksibel bagi perusahaan mereka.

Ikuti alurnya serta pastikan kamu menjawab semua pertanyaan dengan santai, tapi sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.

2. Tipe Interogator

Tipe interviewer ini begitu suka bertanya. Pertanyaan yang diberikan juga umumnya berbobot. Mungkin kamu akan merasa layaknya tengah diinterogasi. Akan lumayan sulit pula guna berbasa-basi dengan interviewer tipe interogator. Mereka cenderung menggemari jawaban yang to the point.

Jangan terkejut jika usahamu untuk tampak bersahabat tidak direspon oleh interviewer yang serius ini. Saat menghadapi wawancara dengan tipe interogator, berusahalah agar tetap tenang serta jawablah pertanyaan mereka dengan percaya diri.

Agar tahu bagaimana kira-kira rasanya menghadapi tipe interogator ketika wawancara, kamu dapat coba menonton serial maupun film yang memperlihatkan proses persidangan.

Gaya bertanya seorang pengacara atau jaksa penuntut, dapat menjadi model yang cocok guna mengetahui semacam apa interviewer interogator tersebut. Mungkin terdengar berlebihan, namun lebih baik sedia payung sebelum hujan, kan?

3. Tipe Sesuai Aturan

Foto: Ladiestory.id

Tidak ada yang sangat spesial ataupun mengejutkan dengan tipe pewawancara kerja yang sesuai aturan. Tipe interviewer ini kemungkinan besar sesuai dengan bayangan mayoritas orang mengenai sosok pewawancara kerja sebuah perusahaan.

Tipe interviewer yang mengikuti aturan umumnya menanyakan hal-hal yang umum dan sesuai standar serta aturan perusahaan. Pertanyaannya juga kemungkinan tidak begitu banyak. Di sisi lain, respon yang diberikan pun hanya sekadarnya dan terasa lumayan monoton.

Bila berhadapan dengan interviewer sesuai aturan ini, kamu lumayan beruntung. Yang mesti kamu lakukan yaitu bersikap sepantas mungkin serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sesuai dengan apa yang telah kamu persiapkan.

Berdasarkan CNN, dalam menghadapi interviewer tipe ini kamu harus benar-benar mengikuti dasar-dasar penting dalam interview untuk mendapatkan penilaian yang bagus.

4. Tipe Terburu-buru

Ternyata ada tipe interviewer yang kesannya mau cepat selesai. Umumnya, interviewer yang terburu-buru ini dapat kamu jumpai di acara job fair.

Saat wawancara di job fair, pasti banyak calon pegawai yang mengantri. Belum lagi, jumlahnya banyak sekali. Hal ini mengakibatkan interviewer mesti mewawancara dengan cepat. Umumnya, pertanyaan yang diberikan relatif singkat.

Itu dia beragam tipe interviewer yang mungkin akan kamu hadapi saat melamar kerja. Pernah berhadapan dengan tipe yang mana?

Oleh sebab itu, kamu mesti dapat menyesuaikan diri dengan situasi serta memberikan jawaban yang ringkas tapi tepat. Jangan bingung dan jangan pula terlalu lama berpikir ataupun basa-basi, sebab sudah pasti hal ini menjadi penilaian negatif untuk interviewer yang tengah terburu-buru.

Itu dia pengertian serta tipe dari interviewer. Untuk kamu yang akan menjalani interview, semangat ya!