5 Tipe Orang Toksik yang Perlu Dihindari, Jangan Dijadikan Teman!

Minggu, 23 Oktober 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Tipe Orang Toksik Yang Perlu Dihindari, Jangan Dijadikan Teman!

Ilustrasi pertemanan. (Special)

Ladiestory.id - Kualitas hidup seseorang ditentukan juga oleh lingkungan sekitarnya. Jika orang-orang di sekitarmu adalah seseorang yang selalu berpikiran positif, maka hidupmu akan terasa semakin berkualitas. Sebaliknya jika orang-orang di sekitarmu adalah orang-orang toksik, maka akan memberikan pengaruh buruk dalam kehidupanmu.

Oleh karena itu, kamu perlu selektif dalam memilih teman. Ada beberapa tipe orang toksik yang sebaiknya kamu hindari untuk dijadikan teman. Nah, Ladiestory.id merangkum lima tipe orang toksik yang sebaiknya tidak kamu jadikan teman dekat.

Suka Bicarakan Orang

Ilustrasi pertemanan. (Special)

Tipe orang pertama yang sebaiknya kamu hindari adalah yang suka membicarakan orang lain kepadamu, termasuk membicarakan keburukan teman dekatnya. Sebaiknya, hindari orang dengan tipe ini ya, Ladies.

Pasalnya, jika orang tersebut tega membongkar aib teman terdekatnya di depanmu, maka ada kemungkinan kamu juga akan diperlakukan sama olehnya. Bisa jadi, sekarang dia mendekatimu berusaha untuk mencari tahu keburukanmu, kemudian akan dibicarakan ke orang lain. Apalagi, kalau cerita yang disebarkan nantinya dibumbui dengan hal-hal buruk lainnya.

Terlalu Kepo

Ilustrasi pertemanan. (Special)

Sebagai makhluk sosial, tentu kamu juga perlu menjalin komunikasi dan hubungan dengan orang lain. Namun, sebaiknya hindari orang yang terlalu ingin tahu dengan urusan hidupmu. 

Jika orang dengan tipe tersebut terus mengganggu dengan pertanyaannya yang di luar batasan, sebaiknya tanggapi pertanyaan tersebut sekadarnya saja. Tidak perlu menjelaskan kepadanya dengan detail. Selain itu, kamu juga perlu menjaga jarak dengan orang tipe ini agar hidupmu menjadi lebih tenang.

Selalu Mengkritik

Ilustrasi pertemanan. (Special)

Tipe orang toksik lainnya yang tidak layak kamu jadikan teman adalah orang yang selalu mengkritik apapun yang sedang kamu lakukan. Misalnya, teman kerja yang selalu sibuk mengomentari semuanya. Hal ini bisa membuatmu merasa risi dan  tak nyaman.

Oleh karena itu, sebaiknya jaga jarak jarak dengan tipe orang seperti ini. Meskipun maksud dan tujuannya memberikan kritik adalah baik, tapi sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus yang akan membuat orang lain merasa kesal.

Suka Membandingkan

Ilustrasi pertemanan. (Special)

Setiap orang memiliki jalan hidup dan kesuksesan masing-masing. Membanding-bandingkan kehidupan seseorang dengan orang lainnya tentu bukanlah suatu hal yang bijak.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari berteman dengan orang yang suka membandingkan hidupmu. Berteman dengan tipe orang seperti ini hanya akan membuatmu merasa stres dan tertekan.

Secara tidak langsung, kamu juga akan merasa selalu kurang dengan kehidupanmu dan tidak sukses seperti orang lainnya. Agar kamu tetap hidup bahagia dan waras, sebaiknya jaga jarak dengan orang yang suka membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selalu Ikut Kencan

Ilustrasi pertemanan. (Special)

Menghabiskan waktu bersama dengan teman dan pasangan merupakan salah satu hal yang mengasyikkan. Apalagi, jika kamu dan pasangan berada dalam circle pertemanan yang sama.

Namun, kamu juga perlu hati-hati dengan tipe orang yang selalu ingin ikut ke mana pun kamu dan pasangan pergi. Orang dengan tipe ini sama saja tidak menghargai privasimu.

Ada kemungkinan juga orang tersebut menyimpan rasa dengan pasanganmu. Sebaiknya, hati-hati dan usahakan untuk menolak jika dia ingin selalu ikut kencan denganmu