Hindari Tragedi Maut, Ini 5 Tips Aman Saat Berada di Tengah Kerumunan

Rabu, 2 November 2022 | 00:01:00

Hindari Tragedi Maut, Ini 5 Tips Aman Saat Berada Di Tengah Kerumunan

Ilustrasi kerumunan dalam sebuah acara musik. (Spesial)

Ladiestory.id - Perayaan pesta Halloween di Itaewon, Korea Selatan pada Sabtu (29/10/2022) memakan ratusan korban jiwa. Hal ini dikarenakan kerumunan massa yang melebihi kapasitas lokasi.

Tragedi Itaewon ini membuat masyarakat perlu mengetahui pentingnya cara menyelamatkan diri dari kerumunan. Pasalnya, kerumunan massa bisa membuat seseorang kehabisan napas. Bahkan, kerumunan massa juga bisa mengancam nyawa apabila banyak orang berhimpitan, hingga risiko terinjak orang lain.

Ancaman kematian dalam kerumunan massa bisa mengintai orang yang sehat, lho. Kendati demikian, beberapa ahli berpendapat bahwa ada cara atau teknik dalam menyelamatkan diri dari kerumunan massa yang berpotensi fatal. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Ikuti Alur Keluar Masuk

Ilustrasi kerumunan acara musik. (Spesial)

Saat manusia berkerumun, biasanya bakal muncul desak-desakan, sehingga orang akan saling mendorong. Setelah muncul desak-desakan hingga aksi dorong-mendorong, maka akan muncul kepanikan.

Saat hal ini terjadi, maka pilihan yang tepat adalah mengikuti alur yang ada. Karena, jika melawan alur atau arus yang ada, maka peluang untuk terjatuh jadi lebih besar. Jika sudah terjatuh, bisa jadi akan diinjak-injak orang lain yang ada di sekitarnya.

Usahakan Arahkan ke Pintu Keluar 

Ilustrasi kerumunan. (Special)

Di tengah kerumunan orang, maka akan sulit menentukan ke mana harus melangkah. Pastikan untuk melangkah ke arah pintu keluar ketika terjadi desak-desakan atau aski dorong-mendorong. Jika memang sulit menemukan arah pintu keluar, maka temukan jalur terdekat, di mana bisa segera keluar dari kerumunan.

Cari tempat untuk Berlindung

Ilustrasi kerumunan. (Special)

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi situasi desak-desakan dalam sebuah kerumunan adalah dengan melindungi diri dan membiarkan kerumunan orang itu untuk lewat terlebih dahulu. Usahakan carilah bangunan atau tempat bersender yang kokoh, seperti pilar atau dinding. Jika tidak ada, kamu bisa berhenti di belakang kendaraan yang terparkir atau tiang lampu lalu lintas.

Carilah Ruang Bernapas

Ilustrasi kerumunan. (Special)

Tragedi maut dalam kerumunan massa bisa disebabkan karena sesak napas akibat kekurangan oksigen. Untuk itu, ketika berada dalam sebuah kerumunan, kamu harus segera mencari ruang untuk bernapas.

Caranya dengan meletakkan tangan di depan tubuh dan di belakang orang yang ada di depan, hampir sama seperti posisi petinju. Gerakan ini dipercaya sangat efektif untuk menghindari sesak napas saat terjebak di kerumunan. Jarak yang tersedia antara tubuh dan tangan bisa menjadi membantu untuk bernapas.

Usahakan Tetap Berdiri 

Ilustrasi kerumunan. (Special)

Tips lainnya yang harus dilakukan ketika berada di tengah kerumunan adalah usahakan posisi tubuh untuk tetap berdiri. Dengan tetap berdiri, maka risiko diinjak orang lain lebih rendah. 

Semoga bermanfaat!