Bikin Mood Jadi Happy, Ini 6 Tips Anti Boncos Saat Retail Therapy

Jumat, 8 Juli 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Bikin Mood Jadi Happy, Ini 6 Tips Anti Boncos Saat Retail Therapy

Ilustrasi perempuan berbelanja. (Special)

Ladiestory.id - Saat memiliki banyak uang, mungkin kamu ingin membelanjakan semua barang yang diinginkan. Kegiatan berbelanja atau retail therapy dipercaya dapat meredakan stres dan dapat membuat suasana hati lebih bahagia.

Namun, alih-alih bisa membawa mood happy, retail theraphy justru bisa membuat keuanganmu menjadi boros. Supaya retail theraphy-mu enggak menguras kocek terlalu dalam, kamu bisa mengatasinya dengan enam tips anti boncos berikut ini!

Siapkan Wishlist

Ilustrasi menyiapkan wishlist. (Special)

Saat memiliki banyak uang, seseorang mungkin merasa ingin membeli kebutuhan yang sejak dulu diincar. Namun, jangan samapi kamu kalap berbelanja, apalagi bisa membuatmu menjadi lapar mata. Gal ini justru membuatmu terkesan menjadi pribadi yang implusif.

Maka dari itu, salah satu tips yang bisa kamu lakukan saat retail therapy adalah dengan membuat wishlist. Hal ini untuk membatasi kamu supaya enggak boros dan kebablasan mengeluarkan uang yang cukup banyak. Dengan begitu, kamu bisa membeli kebutuhan sesusai wishlist yang sudah disiapkan.

Rencanakan Jumlah Budget

Ilustrasi merencanakan jumlah budget (Special)

Retail theraphy dilakukan untuk membuatmu semakin bersemangat dan bahagia ketika berbelanja. Meski begitu, kamu juga harus membuat rencana keuangan sebelum berbelanja, tentunya dengan jumlah uang seperlunya saja. Jangan sampai uang yang kamu keluarkan nantinya hanya terbuang dengan percuma dan sia-sia. Bahkan, bisa membuatmu menjadi menyesal. Niatnya ingin memanjakan diri untuk berbelanja justru malah keuanganmu menjadi kacau.

Hindari Overspending

Ilustrasi overspending. (Special)

Bagi kamu penikmat kartu kredit, sebaiknya gunakan dengan bijak keuanganmu, apalagi jika sedang melakukan retail theraphy. Tanpa pikir panjang, kamu bisa memakai jumlah limit kartu yang enggak terduga.

Maka dari itu, belanjalah seperlunya saja dan pertimbangkan mana yang menjadi kebutuhan utamamu atau mana yang hanya menjadi keinginan. Sebaiknya, sebelum belanja lihat kembali jumlah budget-mu dan jangan memkasakan diri untuk membeli kebutuhan yang bukan prioritasmu.

Cari Harga Diskon

Ilustrasi diskon pakaian. (Special)

Yup! Untuk mencegah terjadinya over budget saat melakukan retail theraphy, tidak ada salahnya jika kamu memburu produk yang sedang diskon. Lagi pula, barang yang diperjualkan pun memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang cukup miring. Dengan begitu, kamu bisa mendapat produk murah dengan kualitas enggak murahan.

Bandingkan Harga

Ilustrasi membandingkan harga. (Special)

Mungkin bagi sebagian orang hal seperti ini akan menghabiskan banyak waktu dan bertele-tele. Terutama, bagi kamu yang lebih memilih untuk survei langsung ke lokasi perbelanjaan daripada harus mengecek harga barang di platform belanja online.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu sedikit repot tapi bisa menghemat pengeluaran. Usahakan untuk mlakukan pengecekan sebagai pembanding, baik di ritel online maupun harga di pasaran. Dengan begitu, kamu pun dapat mengalokasikan budget menjadi lebih mudah.

Kontrol Keinginan

Ilustrasi berbelanja. (Special)

Salah satu hal yang pastinya tidak bisa dikontrol ketika mendapat penghasilan adalah keinginan untuk membeli sesuatu. Apapun bagimu yang terlihat lucu dan kekinian mungkin ingin kamu miliki. Padahal, kenyataannya barang-barang tersebut tidak sepenuhnya kamu butuhkan.

Hanya karena ikut-ikutan tren, kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Alhasil, nantinya kamu sulit untuk hidup ke depannya. Untuk itu, sebaiknya kontrol dirimu dan pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli. Jjangan sampai dirimu menyesal setelah membeli apa yang kamu inginkan itu.