Supaya Tetap Langgeng, Ini 5 Tips Atasi Pasangan yang Miliki Trust Issue

Sabtu, 19 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Supaya Tetap Langgeng, Ini 5 Tips Atasi Pasangan Yang Miliki Trust Issue

Ilustrasi pasangan. (Special)

Ladiestory.id - Menjalin sebuah hubungan tentunya harus dibangun dengan kejujuran dan kepercayaan. Agar hubungan tetap langgeng dan terus harmonis dalam waktu yang lama, setiap pasangan tentunya harus membangun kepercayaan antarpribadi masing-masing, untuk menghindari berbagai masalah dan konflik yang kerap terjadi dalam hubungan, salah satunya trust issue.

Trust issue sendiri merupakan suatu perasaan sulit untuk menaruh kepercayaan kepada orang lain. Hal ini bisa saja terjadi akibat trauma masa lalu yang berpotensi memengaruhi hubungan di masa depan. Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir, sebab kamu bisa melakukan lima tips berikut untuk mengatasi pasangan yang memiliki trust issue.

Jalin Komunikasi yang Baik

Ilustrasi pasangan. (Special)

Komunikasi menjadi hal penting dalam sebuah hubungan. Kamu bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan untuk mencari solusi dan meminimalkan trust issue yang dimiliki pasangan.

Jalinan komunikasi yang baik dan lancar akan membuat rasa curiga menjadi semakin berkurang. Dengan membangun percakapan yang nyaman, pasangan pun akan terbuka dan kembali menaruh kepercayaan kepadamu.

Selain itu, kamu dapat mengutarakan perasaanmu agar bisa menjadi pertimbangan bagi pasangan untuk mengurangi rasa curiganya. Dalam menjalin hubungan yang sehat, perlu adanya kemauan bersama untuk saling mendengarkan tanpa harus menginterupsi satu sama lain.

Beri Dukungan

Ilustrasi pasangan. (Special)

Memang tidak mudah untuk mengubah kepribadian pasangan agar memiliki kepercayaan penuh terhadap dirimu. Namun, seseorang yang kamu cintai perlu dukungan moril untuk dapat melihat sisi baik dari setiap kejadian yang kalian hadapi.

Kamu bisa berperan sebagai support system untuk memberinya dukungan penuh, berupa motivasi kepada pasanganmu agar ia bisa pelan-pelan menerima segalanya secara perlahan. Rasa curiga yang dimilikinya pun perlahan akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Kamu pun bisa menjadi pendengar yang baik ketika ia sedang menghadapi masa-masa yang sulit. Dengan begitu, ia akan menyadari bahwa kamu adalah pasangan terbaik.

Berikan Kepercayaan dan Rasa Nyaman

Ilustrasi pasangan. (Special)

Masa lalu pasangan yang membuatnya merasa trauma bisa memengaruhi hubungan yang kalian jalin saat ini. Oleh karena itu, kamu bisa berusaha untuk menunjukkan empati dan juga perhatian tulus ,seperti mendengarkan ceritanya, mengajaknya kencan, serta menghindari terjadinya pertengkaran yang bisa membuatnya kembali takut.

Kamu pun bisa membangun kepercayaan secara perlahan dengannya, serta terus berikan ia rasa aman dan nyaman ketika bersama. Dengan begitu, ia akan berusaha untuk menghargai usahamu.

Bersikap Jujur dan Tenang

Ilustrasi pasangan. (Special)

Ketika mengetahui pasangan memiliki trust issue, maka cobalah untuk selalu bersikap jujur dan tenang. Jika kamu ingin hubunganmu tetap langgeng dan bertahan lama, maka kamu harus bisa mengontrol emosi dan tindakanmu terhadapnya.

Memang, merasa dicurigai oleh pasangan akan merasa risih bahkan marah. Namun, cobalah untuk berpikir jernih serta tidak mudah terpancing emosi.

Kamu bisa memberi tahu pasangan apa pun yang sedang kamu lakukan agar ia bisa mempercayaimu. Dengan begitu, rasa curiganya pun akan sedikit berkurang.

Berikan Afirmasi Positif dan Pujian

Ilustrasi pasangan. (Special)

Rasa takut yang berlebihan akan trauma masa lalu bisa berdampak buruk dalam hubungan. Tak peduli seberapa berat masa lalu pasanganmu, kamu harus terus memberikan afirmasi positif dan pujian kepada pasangan.

Memberikan pujian seperti “aku sangat beruntung memilikimu” atau “aku sangat sayang padamu” mungkin terdengar gombal, tapi tanpa disadari ucapan seperti itu bisa membuat pasangan merasa spesial dan merasa dicintai.

Satu hal yang perlu diketahui, membangun kedekatan emosional antarpasangan adalah cara yang harus dilakukan. Tidak ada salahnya untuk mencoba tips-tips sederhana di atas untuk menciptakan hubungan asamra yang sehat dan berkualitas. Semoga bermanfaat!

s