5 Tips Bersosial Media yang Sehat dan Bijak

Senin, 25 Juli 2022 | 09:30:00

5 Tips Bersosial Media Yang Sehat Dan Bijak

Media Sosial. (Istimewa)

Ladiestory.id - Media sosial saat ini memang menjadi konsumsi masyarakat dunia dan tersedia beraneka ragam dengan berbagai macam fungsi yang menunjang segala aktivitas kamu. Mulai dari berkomunikasi sehari-hari maupun menunjang karier pekerjaan.

Media sosial saat ini menjadi sebuah tanda eksistensi seseorang di dunia. Dengan kemajuan di era digital dan perkembangan media sosial, maka sangat diharapkan para pengguna dapat menggunakannya untuk sesuatu yang positif dan bukan untuk tujuan yang negatif, seperti menghina bahkan sampai merugikan pihak lain.

Untuk itu, dibutuhkan pemahaman bermedia sosial yang sehat Apalagi, saat ini banyak kasus yang menjerat terkait soal transaksi elektronik. Lalu bagaimana tips bisa bermedia sosial yang sehat? Simak yuk!

Jangan Asal Unggah Posting-an

Media Utama Sosial. (Istimewa)

Yang pertama, jangan asal mengunggah posting-an. Terutama yang menimbulkan konflik bagi orang lain, seperti rekan dan keluarga. Dengan berpikir terlebih dahulu sebelum mem-posting, diharapkan kamu bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Jangan Emosi saat Mem-posting

Ilustrasi Emosi. ( Shutterstock / wayhome studio )

Tips kedua agar bisa bijak dan sehat dalam bermedia sosial adalah dengan tidak posting sesuatu di media sosial pribadi kamu dalam keadaan emosi. Karena dikhawatirkan posting-an tersebut bisa membuat orang lain jadi tersinggung. Selain itu, akan banyak rekan atau pengikutmu yang memberikan respons tidak enak atau tidak nyaman. Sehingga, hal itu tambah membuat emosi kamu jadi makin tidak karuan.

Bagikan Posting-an pada Orang yang Kamu Kenal

Media Sosial. (Istimewa)

 

Kemudian cara bijak dan sehat dalam bermedia sosial adalah kamu bisa bagikan momen atau posting-an cukup kepada orang yang kamu kenal secara pribadi. Jika kamu bukan seorang publik figur, maka tidak perlu terlalu transparan mengenai semua kehidupan pribadi kamu kepada khalayak. Mungkin orang yang tidak kamu kenal akan menyalahgunakankan posting-an untuk hal-hal yang tidak baik.

Jauhi Posting-an Soal Masa Lalu

Media Sosial. (Istimewa)

Kemudian, bagaimana kamu bisa bermedia sosial? Yaitu dengan tidak mem-posting hal-hal yang sudah menjadi masa lalu. Hal-hal yang berbau masa lalu disini adalah yang mungkin tidak enak untuk dikenang oleh sebagian orang. Hal-hal yang memang menyedihkan lebih baik untuk tidak di unggah. Sehingga, hal itu tidak menyinggung perasaan orang lain. Posting-lah hal-hal yang menyenangkan, seperti menatap masa depan. Posting-lah hal-hal yang mengandung canda dan tawa orang lain.

Jauhi Posting-an Sensitif

Jauhi hal sensitif dalam bermedia sosial ( Instagram : sportdoctorapb )

Dan yang terakhir untuk menjaga hubungan kamu dengan orang lain adalah jangan mem-posting hal-hal yang bersifat sensitif. Hal-hal yang bersifat sensitif disini adalah yang mungkin menjadi privasi orang lain, seperti agama, ras, dan suku. Serta mungkin nanti di 2024 soal pilihan politik.

Bagaimana Ladies? apakah kamu saat ini sudah bisa menggunakan media sosial secara sehat dan bijak?