Anti Boros, Ini 5 Tips Hemat Belanja Akhir Tahun untuk Si Shopaholic

Rabu, 14 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Anti Boros, Ini 5 Tips Hemat Belanja Akhir Tahun Untuk Si Shopaholic

Ilustrasi belanja. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian orang, berbelanja merupakan kegiatan paling menyenangkan, bahkan mereka merasa sangat exiceted ketika mengelilingi berbagai retailer toko. Kegiatan ini pun bisa membuat mood seseorang kembali lebih baik, khususnya bagi si shopaholic.

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon atau harga miring yang dapat menggugah hati para shopaholic untuk membeli. Meski dapat membuat pikiran semakin rileks saat berbelanja, tapi kegiatan ini bisa mengakibatkan kondisi keuangan memburuk. Nah, supaya hobi berbelanja tetap jalan dan keuangan tetap terkontrol, kamu bisa melakukan lima tips hemat berbelanja akhir tahun berikut ini.

Bandingkan Harga Produk di Berbagai Tempat

Ilustrasi membandingkan harga. (Special)

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak toko yang menawarkan diskon fantastis, mulai dari pakaian, aksesori, kebutuhan rumah tangga, hingga kebutuhan pangan. Nah, salah satu tips yang bisa kamu lakukan ialah dengan membandingkan harga produk yang ingin kamu beli.

Dengan menerapkan cara ini, maka akan memudahkanmu untuk mengetahui harga barang yang paling murah dan ekonomis. Walaupun hunting ini mungkin akan memakan banyak waktu, namun tak ada salahnya jika kamu ingin mendapatkan harga spesial dengan kualitas yang baik.

Siapkan Daftar Belanja

Ilustrasi menyiapkan daftar belanja. (Special)

Meski banyak promo dan diskon menarik menjelang akhir tahun, sebaiknya kamu tidak terlalu kalap berbelanja hingga menjadi boros tak terkendali. Oleh karena itu, sebelum membeli segala kebutuhan yang kamu inginkan, sebaiknya siapkan daftar belanja yang kamu butuhkan dibandingkan dengan yang kamu inginkan. Berbelanja tanpa membuat daftar belanjaan tentu akan membuatmu menjadi boros dan keuanganmu menjadi cepat terkuras.

Jangan Mudah Terpengaruh Diskon

Ilustrasi belanja. (Special)

Tulisan "diskon" memang mudah menarik perhatian para shopaholic untuk membeli beragam kebutuhan yang diinginkan. Namun, kamu pun harus cermat sebelum membeli.

Coba pikirkan kembali apakah barang yang didiskon benar-benar kamu butuhkan atau tidak. Jangan karena terpengaruh diskon yang besar, kamu menjadi menyesal telah membelinya sebab tidak benar-benar membutuhkannya.

Siapkan Dana Anggaran Secukupnya

Ilustrasi uang. (Special)

Tips berbelanja hemat menjelang akhir tahun yang bisa kamu lakukan selanjutnya ialah dengan merencanakan dan menyiapakan dana anggaran secukupnya tanpa harus membawa uang yang banyak ketika berbelanja. Hal ini akan membuat belanjamu lebih hemat dan efisien, karena kamu dapat mengalokasikan dana belanja yang realistis untuk mencegah kalap belanja. Dengan membawa dana anggaran secukupnya saja maka kamu lebih membatasi diri untuk mencegah belanja implusif.

Hindari Bawa Kartu Kredit atau Debit

Ilustrasi belanja. (Special)

Mungkin membayar secara tunai bisa dikatakan ketinggalan zaman. Namun, cara ini justru dapat membantumu untuk belanja lebih hemat, lho.

Menghindari membayar dengan kartu kredit atau debit juga dinilai ampuh untuk menghindarkan dari godaan saat membeli barang. Kamu bisa membeli barang dengan uang tunai dan dana anggaran yang sudah kamu perhitungkan dengan matang sebelumnya.

Dengan perencanaan keuangan yang matang dan terstruktur, maka dapat membantumu untuk menghemat pengeluaran dan menyimpan sisa uang belanjaan. Hal ini pun mencegahmu untuk membeli barang yang tidak sepenuhnya dibutuhkan.