Sering Terjadi Perselisihan, 5 Tips Hindari Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

Selasa, 8 Maret 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Sering Terjadi Perselisihan, 5 Tips Hindari Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

Ilustrasi Pernikahan. (Special)

Ladiestory.id - Seseorang yang sudah memiliki pasangan pasti berpikiran untuk melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius. Tak hanya itu, bahkan beberapa pasangan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama sebelum pada akhirnya memutuskan untuk menikah.

Kamu dan pasanganmu pada akhirnya bisa mengikat janji suci sehidup semati, momen berharga tersebut akan Kamu dapatkan dalam pernikahan. Namun, hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah cukup membuat cemas dan stres banyak pasangan. Banyak yang pada akhirnya mengalami pertengkaran saat hendak menyiapkan pernikahan karena merasa gelisah.

Saat menjelang hari pernikahan, bertengkar dengan pasangan adalah hal yang wajar. Karena lelah yang dirasakan ketika mempersiapkan pernikahan membuat emosi menjadi tidak stabil, sehingga memicu terjadinya pertengkaran.

Pertengkaran yang terjadi harus bisa berujung dengan penyelesaian yang baik, atau jika memungkinkan maka lebih baik dihindari. Untuk menghindari pertengkaran tersebut, Kamu dapat mengikuti berbagai upaya di bawah ini.

Pendapat Keluarga Patut Didengarkan

Ilustrasi pasangan. (Special)

Selain menyatukan kedua insan, pernikahan juga menyatukan kedua keluarga. Pendapatmu dan pasanganmu memang yang utama, namun jangan sampai Kamu melupakan peran dari keluargamu maupun keluarganya.

Jangan sampai Kamu menyepelekan hadirnya pihak keluarga. Dalam mempersiapkan pernikahan, tidak ada salahnya melibatkan keluarga dan meminta saran kepada mereka.

Permasalahan apapun selalu bisa untuk didiskusikan secara bersama, kok. Langkah awal untuk saling mengenal juga bisa berasal dari melibatkan keluarga dalam persiapan pernikahan.

Ungkapkan dengan Jelas Apa yang Diinginkan

Ilustrasi pasangan. (Special)

Jangan langsung merasa marah ataupun kesal jika ide yang diberikan dari pasanganmu dan keluarganya tidak sesuai dengan apa yang Kamu inginkan.

Dalam acara pernikahan yang dilaksanakan nanti, ungkapkan keinginanmu agar tidak terjadi miss communcation. Katakan alasan mengapa Kamu ingin mengganti saran dari pihak keluarga dengan apa yang Kamu pikirkan.

Jangan mengikuti emosi dan ungkapkan hal tersebut dengan santun. Jangan lampiaskan rasa lelahmu ketika mengurus persiapan pernikahan kepada keluarga.

Belajar untuk Saling Memahami Satu Sama Lain

Ilustrasi pasangan. (Special)

Selain dengan pihak keluarga, Kamu dan pasangan tentu juga akan mengalami perbedaan pendapat yang dapat memicu perselisihan dalam mempersiapkan pernikahan. Salah satu hal yang dapat menyebabkan pertengkaran bisa terjadi karena Kamu menganggap pendapat pribadi adalah yang terbaik.

Jadi, selain saling memahami, Kamu dan pasangan harus bisa saling mengalah dan menurunkan ego kalian. Belajarlah untuk bekerja sama dan cari jalan keluar terbaik karena tujuan dari pernikahan itu sendiri adalah untuk membuat Kamu dan pasangan menyatu.

Jangan Meributkan Hal Kecil

Ilustrasi pasangan. (Special)

Kamu dan pasangan umumnya akan mudah marah dan cemas terhadap hal-hal kecil karena emosi menjelang pernikahan menjadi tidak stabil.

Hal-hal kecil tersebut bisa menjadi masalah rumit dan berbelit-belit yang padahal sebenarnya dapat diselesaikan dengan mudah. Apalagi jika Kamu atau pasangan mengalami salah paham ketika sedang berargumen.

Suatu hal yang sekiranya sepele janganlah dijadikan bahan untuk berselisih. Jika Kamu dan pasangan melakukan hal tersebut, justru akan membuat hubungan menjadi renggang.

Jangan Ragu untuk Diskusi

Ilustrasi pasangan. (Special)

Cobalah untuk saling terbuka dan berdiskusi dengan pasangan jika salah satu dari Kamu atau pasangan ada yang mengalami kesulitan ketika menyiapkan pernikahan.

Berusahalah jujur dengan kondisi yang sedang Kamu alami agar bisa mencari jalan keluar terbaik untuk pernikahan nantinya.

Pernikahan sudah pasti menjadi tanggung jawab bersama karena hal tersebut adalah proses dalam menyatukan Kamu dan pasangan. Maka dari itu, jangan suka memendam masalah sendiri tanpa memberitahukannya kepada pasangan.