Wajib Tau! Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Mata

Senin, 11 Juli 2022 | 21:00:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Wajib Tau! Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Mata

Ilustrasi tips jaga kesehatan mata. (Special)

Ladiestory.id - Pasti banyak yang sudah mendengar ungkapan bahwa mata merupakan jendela dunia. Mata merupakan salah satu indera yang berfungsi penting bagi manusia agar bisa melihat berbagai keindahan alam yang ada di sekitar.

Menjaga kesehatan mata menjadi sesuatu hal yang penting untuk diperhatikan. Karena fungsinya yang terbilang sangatlah besar dalam menunjang kegiatan sehari-hari. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi dengan baik. Namun, terkadang masih banyak juga orang yang mengabaikan kesehatan matanya.

Kurang menjaga kesehatan mata bisa membahayakan kondisi dari indera penglihatan itu sendiri. Karena mata yang tidak dirawat dengan baik, lama-kelamaan fungsi penglihatannya juga bisa berkurang.

Contohnya, ketika terlalu sering menggunaan gadget tanpa batasan waktu, membuat mata akan kering dan merasa lelah. Jika kebiasaan ini diteruskan, maka bisa berdampak pada kondisi kesehatan mata itu sendiri.

Nah, berikut ini Ladiestory.id akan kasih tips penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap terjaga dan berfungsi dengan baik, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Berhenti Merokok

Ilustrasi tips jaga kesehatan mata. (Special)

Mungkin kebanyakan orang sudah mengetahui apa bahaya dari merokok yang sangat merusak kesehatan. Tetapi, banyak juga yang mengabaikan imbauan tersebut dan tetap merokok tanpa memikirkan kesehatannya.

Selain berbahaya bagi kesehatan organ tubuh, ternyata merokok juga bisa berbahaya bagi kesehatan mata.

Merokok bisa meningkatkan risiko terserang penyakit mata, seperti katarak, hingga kerusakan saraf optik yang dapat memicu adanya kebutaan.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk berhenti merokok demi kesehatanmu ya, Ladies!

Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi tips jaga kesehatan mata. (Special)

Selain baik bagi tubuh, ternyata konsumsi makanan sehat juga bermanfaat bagi kesehatan mata agat tetap berfungsi dengan baik. Kamu pasi sudah tau makanan sehat apa saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan mata.

Nah, salah satunya yang populer dan pasti sudah banyak diketahui adalah wortel. Wortel sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan, ternyata wortel tidak hanya menjadikan mata lebih sehat saja lho. Mengonsumsi wortel juga bisa membuat penglihatan mata jadi lebih tajam.

Selain wortel, kamu juga bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti sayuran, ikan, telur, kacang-kacangan, dan juga jeruk.

Batasi Penggunaan Ponsel

Ilustrasi tips jaga kesehatan mata. (Special)

Tips yang satu ini terdengar mudah dilakukan, tapi sebenarnya cukup sulit diterapkan. Karena seperti yang diketahui, saat ini banyak orang yang sulit menjauh dari ponselnya. Lantaran ponsel sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tak bisa dipisahkan untuk membantu kirim pesan, mengurus pekerjaan, hingga mendapatkan hiburan seperti bermain game.

Jika sudah demikian, maka memang solusinya adalah dengan mengurangi durasi penggunaannya. 

Selain ponsel, menatap layar TV dan laptop terlalu lama juga diketahui tidak baik untuk kesehatan mata. Biasanya yang dirasakan mata akan lebih perih dan mudah capek. Dampak lainnya juga bisa menyebabkan sakit kepala, dan pandangan menjadi mudah kabur.

Sama seperti ponsel, mulai sekarang kurangi menatap layar TV atau laptop terlalu lama. Batasi durasinya, dan jika sudah merasa lelah, sebaiknya istirahatkan mata sejenak. Hindari juga menggunakan gadget di ruangan dengan cahaya yang minim untuk menjaga kesehatan mata. 

Konsultasi pada Dokter

Ilustrasi tips jaga kesehatan mata. (Special)

Konsultasi atau memeriksakan kondisi mata pada dokter mata ini sebenarnya tidak hanya berlaku pada anak saja. Tetapi, dianjurkan juga untuk para remaja, orang tua, hingga lansia. Melakukan konsultasi pada dokter ahlinya akan lebih baik untuk kesehatan mata.

Orang tua atau lansia pun dianjurkan juga untuk memeriksakan mata pada dokter, karena semakin bertambahnya usia, fungsi mata juga semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Hati-hati dalam Penggunaan Make Up

Ilustrasi tips jaga kesehatan mata. (Special)

Selama ini, yang diketahui banyak orang bahwa penggunaan make up hanya berisiko pada kulit wajah saja, seperti kulit berjerawat lantaran produk yang tidak cocok.

Ternyata, penggunaan make up juga bisa berdampak bagi kesehatan mata lho, Ladies. Apalagi, jika tidak digunakan secara hati-hati.

Penggunaan alat make up di area mata yang kurang bersih bisa menyebabkan kuman dan terjadinya infeksi. Maka dari itu, perlu diperhatikan lagi untuk penggunaan make up dengan baik.

Gimana nih Ladies, semoga sudah paham ya dengan apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat!