Hubungan Tetap Langgeng, Ini 5 Tips Jalani Bisnis Bareng Pasangan

Jumat, 13 Januari 2023 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Hubungan Tetap Langgeng, Ini 5 Tips Jalani Bisnis Bareng Pasangan

Ilustrasi kerja. (Special)

Ladiestory.id - Menjalankan bisnis bersama pasangan merupakan sesuatu hal yang seru sekaligus menantang. Pasalnya, sepasang kekasih akan lebih sering bertemu. Orang zaman sekarang akan menyebutnya dengan istilah 24/7.

Keputusan memilih pasangan menjadi rekan bisnis merupakan hal yang tepat. Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisnismu dan pasangan lancar dan hubungan pun tetap aman sentosa.

Hilangkan Ego

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Special)

Saat menjalankan bisnis bersama pasangan, maka sama artinya menyatukan dua isi kepala yang berbeda. Tak jarang sepasang kekasih memiliki pendapat hingga ideologi tersendiri saat menjalankan bisnis bersama.

Hal inilah yang kerap membuat sepasang kekasih bertengkar lantaran berbeda pendapat. Alih-alih mencari jalan tengah, mereka kerap mempertahankan ego masing-masing.

Inilah yang terpeting dalam membangun bisnis bersama pasangan, yakni menghilangkan ego. Perbedaan pendapat bukanlah sesuatu hal yang salah atau tidak boleh terjadi. Justru sebaliknya, perbedaan pendapat merupakan sesuatu hal yang lumrah atau wajar.

Kamu dan pasangan bisa berdiskusi dan mencari jalan keluar yang baik. Banyak orang zaman sekarang yang menyebutnya dengan istilah win win solution. Kamu dan pasangan harus bisa saling menerima, mendengarkan, dan menghargai pendapat satu sama lain.

Disiplin

Ilustrasi sedang bekerja. (Special)

Meskipun menjalankan bisnis bersama pasangan, namun bukan berarti kamu bisa seenaknya sendiri. Justru tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis bersama pasangan adalah tanggung jawab.

Sikap disiplin pun akan sangat berpengaruh terhadap hasil dan tujuan dari bisnis tersebut. Sepasang kekasih bisa menerapkan prinsip ‘kamu bukan pasanganku’ saat menjalankan bisnis. Hal ini membantumu menjadi segan untuk menjalankan tanggung jawab dengan baik.

Hal ini bisa dilakukan termasuk saat ada masalah dalam hubungan. Tetap terapkan disiplin dan jangan membawa masalah pribadi ke dalam bisnis.

Paham Prioritas

Ilustrasi bekerja. (Special)

Tips selanjutnya saat menjalankan bisnis bersama pasangan adalah memahami prioritas. Kamu dan pasangan harus mengetahui mana yang perlu didahulukan atau hanya menjadi kesenangan pribadi.

Hal ini sangat perlu diterapkan saat menjalani bisnis bersama kekasih. Pasalnya, jika tidak memahami prioritas, maka bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Sehingga, lebih baik menghindari masalah tersebut sebelum terjadi di kemudian hari.

Bagi-bagi Tugas

Ilustrasi bagi tugas. (Special)

Meskipun seorang perempuan, kamu tidak boleh merasa santai dalam menjalankan bisnis. Artinya, tugas dan tanggung jawab perempuan sama atau seimbang dengan yang dilakukan oleh laki-laki. Sehingga, kamu sebagai perempuan tidak boleh melempar semua tugas yang berat-berat kepada pasangan.

Begitu pula dengan laki-laki, yang tidak boleh merasa paling bertanggung jawab dalam bisnis tersebut. Jangan sampai terlalu mendominasi dalam usaha yang sedang dikembangkan bersama.

Sepasang kekasih harus pintar-pintar membagi tugas sesuai dengan kemampuan. Hal ini sangat perlu dilakukan agar tidak menimbulkan kecemburuan di kemudian hari. Bahkan, saat ada masalah dalam bisnis, kamu atau dia tidak saling melempar kesalahan karena tugas tersebut tidak dilaksanakan dengan baik.

Saling Menghargai

Ilustrasi pasangan. (Special)

Saling menghargai menjadi salah satu prinsip yang wajib dimiliki semua orang. Pasalnya, hal tersebut akan menjaga hubunganmu dengan lingkungan sekitar. Bahkan, saling menghargai juga diperlukan saat menjalin bisnis dengan pasangan. Meskipun kamu dan pasangan telah bersama dalam waktu lama, namun tidak ada alasan untuk tidak menghargai satu sama lain.

Saling menghargai bisa menjadi salah satu kunci bisnis berjalan dengan lancar. Berikan apresiasi atas setiap usaha hingga pencapaian yang dilakukan oleh pasangan. Tak hanya itu, saling menghargai juga berlaku saat kamu berdiskusi.