5 Tips kelola Keuangan bagi Generasi Sandwich, Anti Bikin Stres!

Rabu, 21 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Kelola Keuangan Bagi Generasi Sandwich, Anti Bikin Stres!

Ilustrasi menabung. (Special)

Ladiestory.id - Seseorang yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan tak jarang turut membantu kehidupan keluarga, mulai dari membayar kebutuhan harian, melunasi utang orang tua, hingga berupaya menyisihkan uang untuk ditabung. Orang-orang yang mengalami fenomena ini kerap disebut dengan generasi sandwich.

Di Indonesia sendiri generasi ini bukanlah hal yang aneh, karena masyarakat beranggapan jika membantu keluarga menjadi kewajiban seorang anak ketika beranjak dewasa. Namun, nyatanya para generasi sandwich kerap mengalami kesulitan, terutama keuangan, hingga menyebabkan stres.

Menanggung hidup tiga generasi, yakni orang tua, diri sendiri, dan anak, memang tidaklah mudah. Namun, bukan berarti generasi sandwich tidak dapat diputus. Salah satu cara untuk keluar dari generasi sandwich adalah dengan mengelola keuangan. Nah, berikut lima tips mengelola keuangan bagi generasi sandwich yang bisa diterapkan.

Tentukan Tujuan Finansial

Ilustrasi mengelola keuangan. (Special)

Untuk memutus rantai generasi sandwich, tentunya harus dimulai dari diri sendiri dengan membangun tekad dan keyakinan. Pasalnya, banyak orang yang berambisi untuk memperbaiki keuangan dan hidup lebih realistis, namun yang terjadi hanya sekadar wacana dan tak ada perubahan.

Oleh karena itu, mulailah untuk menentukan tujuan keuangan, agar kelak kamu tidak membebani orang tua, anak maupun cucu. Buatlah daftar detail untuk menyusun tujuan hidup mulai hari ini, besok dan untuk masa depan. Dengan memahami tujuan finansial, kamu pun akan lebih mudah mengelola tujuan-tujuan selanjutnya dengan membagi pos-pos keuangan sesuai daftar yang telah kamu susun sebelumnya.

Prioritaskan Kebutuhan

Ilustrasi mengelola keuangan. (Special)

Sebagai seorang generasi sandwich yang dihadapkan dengan berbagai tanggung jawab, maka sangat penting untuk menentukan skala prioritas jangka panjang. Jangan sampai kamu tergoda dan hanya mementingkan keinginan dibandingkan memprioritaskan kebutuhanmu.

Agar kamu tidak terlalu merasa terbebani, cobalah komunikasikan kepada anggota keluarga untuk pembagian finansial, serta bisa membagi tanggung jawab bersama. Jika hanya kamu yang diandalkan, maka hal ini akan memperburuk keuangan pribadimu, sehingga kamu sulit menabung.

Penting untuk diingat, walaupun kamu memiliki tanggung jawab membantu keluarga, namun kamu juga harus realistis untuk mengatur kehidupan keuangan pribadimu. Prioritaskan mana yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memikirkan hal lainnya.

Disiplin Nabung

Ilustrasi menabung. (Special)

Disiplin menabung merupakan salah satu tips yang bisa dilakukan untuk memutus rantai generasi sandwich. Tentunya, kamu akan menjadi lebih terbiasa untuk mengatur keuangan dan mempersiapkan tabungan maupun dana darurat. Dengan demikian, kamu pun akan lebih tenang dan tidak mengkhawatirkan situasi keuangan ketika ada suatu hal yang mengganggumu.

Persiapkan Asuransi

Ilustrasi asuransi untuk keluarga. (Special)

Selain menabung, salah satu hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mempersiapkan asuransi. Jangan selalu beranggapan jika hidupmu kedepannya akan baik-baik saja. Bisa saja, ada hal yang menimpa dirimu maupun keluarga  di masa depan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mulai mempersiapkan asuransi sedini mungkin sebagai bekal untuk dirimu serta keluarga pada masa depan.

Mulai Investasi

Ilustrasi investasi. (Special)

Agar kondisi keuanganmu tetap stabil dan terjaga, maka kamu bisa memulai untuk berinvestasi. Investasi merupakan salah satu langkah untuk melawan inflasi.

Saat ini, sudah banyak jenis investasi yang menawarkan dalam bentuk barang maupun digital. Jenis investasi ini pun bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, namun kamu tetap hati-hati dan berwaspada untuk memulai investasi yang terpercaya.

Agar pengetahuan tentang keuangan semakin bertambah, kamu pun bisa belajar tentang keuangan melalui platfom media terpercaya serta mengikuti kelas-kelas finansial dengan para mentor andal. Tentunya, kamu akan dibimbing dan diarahkan untuk mendapatkan teknik keuangan yang bijak dan sesuai dengan kondisimu, sehingga bisa memutus rantai generasi sandwich.