Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | TIPS MENGATASI STRES YANG AMPUH SAAT KAMU MERASA SENDIRI

Tips Mengatasi Stres yang Ampuh Saat Kamu Merasa Sendiri

LS Lifestyle
Jum'at, 16 April 2021 | 11:00:22
Durasi baca: 1 menit, 58 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Mengatasi Stres yang Ampuh Saat Kamu Merasa Sendiri

Apakah kamu suka Stres? Baik stres kerja ataupun stres pikiran? Penyebab stres yang paling utama adalah pekerjaan dan kondisi kehidupan. Berdasarkan survey yang dilakukan di kota-kota besar seluruh dunia, lebih dari 50% orang dewasa hidup dalam kondisi stres dan cemas.

Tips Mengatasi Stres yang Ampuh

Tertawalah

Hanya dengan tersenyum, kamu dapat memperbaiki mood yang sedang buruk. Bila tersenyum saja sudah dapat memberikan efek positif seperti itu, bayangkan apa dampak dari tertawa, terutama bagi kamu yang sedang stres.

Baca juga: Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Benar, Ada Contohnya Juga!

Tertawa adalah obat stres paling ampuh dan yang paling penting, mudah dan gratis. Ketika kita tertawa, asupan oksigen yang kita hirup akan bertambah dan hal ini menstimulasi pelepasan hormon endorfin. Endorfin adalah hormon untuk menghilangkan stres dan meredakan rasa sakit. Endorfin memberikan perasaan bahagia, meningkatkan nafsu makan, dan meredakan rasa sakit.

Mengunyah Permen Karet

Sudah pasti, permen karet dapat membantu menyegarkan nafas. Tapi tahukah kamu, mengunyah permen karet ternyata adalah salah satu cara menghilangkan stres? Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, orang yang mengunyah permen karet dua kali sehari selama dua minggu, akan merasa lebih bahagia.

Pada penelitian lain juga menunjukkan, orang yang mengunyah permen karet akan memiliki tingkat kortisol lebih rendah daripada orang yang tidak. Penyebabnya bukan karena komposisi yang terdapat di dalam permen karet, namun karena aktivitas mengunyah itu sendiri, atau yang dikenal dengan nama mastikasi dalam dunia medis. Mastikasi adalah kegiatan yang melibatkan otot-otot rahang. Mastikasi meningkatkan aktivitas pada area otak yang memberikan perasaan relaksasi.

Nikmati Alam

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Bisa Anda Tiru


Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah meluangkan waktu untuk menikmati alam, pepohonan, dan udara segar. kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke bukit atau gunung, karena ternyata, keberadaan pohon kecil di rumah ataupun tempat kerja kita saja sudah cukup untuk mengurangi stres.

Pada tahun 1982, pemerintah Jepang memulai sebuah program bernama Shinrin Yoku, kampanye yang bertujuan mempromosikan manfaat dari meluangkan waktu mengunjungi hutan ataupun taman hal ini salah satu cara mengatasi stres.

Jangan Lewatkan Saat Minum Teh atau Kopi

Sebenarnya tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa menyeruput teh atau kopi dapat memberikan perasaan rileks atau pikiran yang lebih tenang. Walaupun hanya placebo, ternyata pikiran kita cukup pkamui untuk mengaitkan momen minum teh atau kopi dengan relaksasi.

Mendengarkan Musik

Baca juga: Rendah Diri? Termasuk yang Manakah Kamu?

Alunan melodi yang tenang dapat membantu otak kita lebih santai. Hampir di semua tempat hiburan dan perbelanjaan selalu ada musik yang terpasang untuk menemani pengunjung. Fakta ini membuktikan bahwa musik adalah salah satu cara menghilangkan stres yang paling nyata.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Tips Mengatasi Stres Mengatasi Stres Mengatasi Stres di Tengah Pandemi Tips Mengatasi Stress Akibat Pandemi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle