Atasi Stres dan Emosi Negatif Agar Tak Rugikan Diri Sendiri

Minggu, 19 Desember 2021 | 14:45:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Atasi Stres Dan Emosi Negatif Agar Tak Rugikan Diri Sendiri

Cara mengatasi stres dan emosi negatif. (Special)

Ladiestory.id - Stres merupakan keadaan yang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Pemicunya sendiri bisa dari pekerjaan, masalah keluarga hingga relationship. Stres yang menumpuk terlalu lama lambat laun akan menimbulkan emosi negatif pada diri seseorang. 

Jika hal tersebut tidak segera diatasi akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan bahkan pekerjaan kita. Lantas bagaimana cara mengatasi stres dan emosi negatif? Apa yang  harus kita lakukan ketika keduanya sudah menguasai pikiran kita? 

Cara Mudah Mengatasi Stres dan Emosi Negatif 

Stres karena pekerjaan
Stres karena pekerjaan. (Special)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres dan emosi negatif. Berikut diantaranya: 

Cobalah Untuk Meditasi 

Meditasi rupanya memiliki dampak baik untuk kesehatan tak terkecuali dalam mengatasi stres dan emosi negatif. Meditasi biasanya akan berfokus kepada ketenangan serta mengarahkan pikiran untuk selalu berpikir positif. 

Dalam meditasi juga diajarkan untuk melatih teknik pernafasan yang berguna untuk menenangkan pikiran. Agar lebih maksimal Anda juga bisa melatih secara sensorik dengan memanfaatkan wangi-wangian untuk menenangkan diri. 

Di era digital seperti saat ini meditas dapat dilakukan lewat aplikasi pada smartphone. Anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah secara mandiri maupun dengan bantuan terapis. 

Stop Untuk Mengisolasi Diri 

Meskipun banyak masalah dan butuh waktu sendiri bukan berarti Anda ahrus mengisolasi diri. Anda tetap butuh orang untuk sekedar sharing ataupun menemani selama dalam masalah. 

Terima Emosi Anda 

Jika diri terlanjur dikuasai oleh emosi negatif maka terima emosi dengan sepenuh hati. Biarkan diri Anda meneriakan segala macam bentuk masalah dan emosi agar bisa terlepas dari obsesi tentang emosi. 

Bermain Dengan Hewan Peliharaan 

Penelitian menunjukkan hewan peliharaan ternyata dapat mengatasi kecemasan, stres dan gangguan emosi pemiliknya. Jika penat melanda sisakan waktu sebentar untuk bermain dengan hewan kesayangan agar lebih relax dan terhibur. 

Olahraga Untuk Atasi Stres 

Aktivitas satu ini tidak hanya menyehatkan namun juga berdampak untuk mengelola stres dan emosi negatif. Karena saat olahraga otot-otot dalam tubuh akan jauh lebih rileks hingga pikiran negatif bisa teralihkan. 

Selain olahraga, Anda juga bisa berendam air hangat untuk meredakan stres dan emosi negatif. Sama seperti olahraga, mandi air hangat juga dapat melepaskan hormon penyebab stres sehingga pikiran jauh lebih relax dan tenang. 

Corat-Coret Kertas 

Meskipun kedengarannya sepele namun cara ini cukup ampuh untuk atasi stres dan emosi negatif. Anda cukup menyiapkan selembar kertas dan bolpoin lalu buat coretan sesuka hati. 

Jika Anda ingin yang lebih rapi, coba untuk menulis jurnal terkait kegiatan yang dilakukan hari ini. Anda juga bisa me;uin ketakutan, masalah dan kecemasan Anda dalam buku jurnal. Cara ini dapat membuat Anda jauh lebih tenang dan bisa meredakan emosional. 

Memaafkan

Terakhir dan yang paling penting adalah belajar memaafkan atas hal buruk yang sedang Anda alami. Jangan terlalu larut dalam kekecewaan karena hanya akan membuat Anda terpuruk. 

Mulailah berdamai dengan keadaan dan memaafkan diri sendiri atau orang lain yang menyakiti hati Anda. Mulailah fokus terhadap apa yang memang harus kita lakukan di masa depan. 

Juga jangan lupa untuk selalu berfikir positif dalam keadaan apapun. Pikiran positif akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah dengan jernih dan menjauhkan dari sikap emosional. 

Cara untuk mengatasi stress dan emosi negatif mungkin akan terasa sulit untuk dipraktekkan. Namun bukan tidak mungkin hal tersebut bisa kita lakukan.

Semoga bermanfaat.