Hemat! 5 Tips Kelola Uang Bagi Si Single

Senin, 8 Agustus 2022 | 22:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Hemat! 5 Tips Kelola Uang Bagi Si Single

Ilustrasi Tips Mengatur Keuangan (pinterest)

Ladiestory.id - Bagi sebagian orang yang berstatus single, mengelola keuangan memang tidak mudah. Padahal kenyataannya hidup single harus hidup mandiri dan mengelola keuangan sendiri.

Walaupun belum memiliki banyak tanggungan hidup, kamu si single masih bisa tetap menabung dan berhemat kok! Namun, semua itu akan terasa sulit jika gaya hidupmu terkesan boros. Kamu bisa melakukan tips mengelola keuangan berikut ini supaya nggak boros, loh. Berikut 5 tips nya.

Rutin Buat Anggaran Keuangan

Rutin Membuat Anggaran Keuangan (pinterest)

Yup, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah dengan rutin membuat daftar anggaran keuangan. Tentunya hal ini akan melihat sejauh mana progres mu dalam mengelola keuangan. Tak hanya itu, dengan rutin membuat anggaran akan membuat dirimu lebih terkontrol dan menghemat keuangan.

Walaupun kamu masih single, enggak ada salahnya membuat daftar anggaran harian hingga bulanan. Dengan begitu kamu akan lebih terbiasa dalam mengelola keuangan. Jika perencanaan keuangan mu sudah baik, kamu pun akan lebih mudah menerapkan keuangan pada saat berumah tangga kelak. Yuk, terus belajar dan berproses supaya lebih baik nantinya.

Sisihkan Dana Darurat dan Tabungan

Sisihkan Dana Darurat dan Tabungan (pinterest)

Walaupun masih hidup sendiri dan bisa mencari kerja sendiri. Kamu pun perlu menabung dan menyimpan dana darurat sejak dini sebagai bekalmu di masa depan. Jangan sampai uangmu habis begitu saja di tengah jalan.

Menjalani hidup mandiri juga perlu disiasati dengan cermat perihal keuangan atau finansial. Sisihkan sebagian gaji mu setiap bulannya ke pos tertentu dan terpisah. Agar kamu bisa melakukan pengecekan keuangan setiap bulannya, hingga siklus keuanganmu pun semakin hari akan semakin membaik.

Kurangi Kebutuhan dan Aktivitas yang Tidak Perlu

Kurangi Aktivitas yang Tidak Perlu (pinterest)

Ketika kamu sudah tumbuh mandiri dan dewasa, kamu akan sadar betapa pentingnya kehidupan bahkan dalam hal finansial. Kamu yang saat ini hidup jauh dari keluarga, bahkan hidup merantau. Tentunya akan mendapat beragam pembelajaran tentang kehidupan. kamu pun akan diuji untuk mengelola finansial, bagaimana agar dapat bertahan hidup dan mencukupi segala kebutuhanmu.

Tetaplah menjadi dirimu sendiri dan bergaulah sesuai isi dompetmu. Have fun itu enggak harus selalu mahal dan berada di luar rumah bukan? Kamu pun bisa menciptakan kebahagian itu dengan caramu sendiri.

Secara sadar kamu pun akan mengurangi kebutuhan dan aktivitas yang tidak perlu dan lebih menghargai diri sendiri. Kamu juga belajar lebih berhemat. Bahkan melakukan hal sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, misalnya dengan menonton film favorit di rumah, membuat makanan ataupun bermain game.

Manfaatkan Promo

Manfaatkan Promo (pinterest)

Walaupun kamu sudah hidup mandiri, nggak ada salahnya dong untuk mencukupi kebutuhanmu. Kamu bisa memanfaatkan diskon ataupun promo-promo menarik supaya kamu bisa sedikit lebih berhemat.

Jadi sisa uangnya bisa kamu sisihkan untuk menabung bukan? Ingat, jangan sampai ketagihan promo, yang malah membuatmu semakin boros ya, Ladies?

Buat Bekal

Membuat Bekal (pinterest)

Daripada kamu harus memasan makanan lewat aplikasi online terus menerus. hal ini bisa menyebabkan keuanganmu menjadi membengkak. Waduh, kurangi sifat malas ini, yuk.

Kamu juga bisa mensiasatinya dengan membuat bekal setiap hari dari rumah. Selain bantu hemat keuangan, membuat bekal dari rumah juga jauh lebih sehat dibandingkan harus memesan makanan dari luar bukan?

Bukan berarti kamu harus super hemat dan menjadi pelit. Demi keuanganmu tetap terjaga, sesekali boleh kok beli jajanan di luar.  Akan tetapi tetap perhatikan jumlah pengeluaran dalam batas wajar supaya kamu enggak menyesal nantinya. Semoga bermanfaat.

s