Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Sistem Tulang

Jumat, 17 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Sistem Tulang

Foto: Ladiestory.id

Sangat diperlukan menjaga kesehatan tubuh terlebih kini berbagai penyakit dapat menjangkit siapa saja dan kapan saja. Lingkungan dan pola hidup yang kurang sehat pun memperburuk situasi yang ada. Salah satu bagian tubuh yang sangat penting adalah tulang.

Tulang merupakan tempat menempelnya daging serta otot manusia yang membuat manusia bisa bergerak dan beraktivitas dengan bebas. Tulang memiliki banyak fungsi bagi tubuh, membentuk struktur tubuh, penahan otot, dan menyimpan kalsium.

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Tulang

Berbagai penyakit dan kerusakan tulang bisa terjadi seperti tulang keropos, patah tulang, hingga osteoporosis. Oleh sebab itu, sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Bagaimana caranya? Yuk perhatikan 5 cara menjaga kesehatan sistem tulang!

1. Memenuhi Nutrisi

Foto: Ladiestory.id

Salah satu cara menjaga kesehatan sistem  tulang yakni dengan memberikan tubuh nutrisi yang diperlukan setiap harinya. Nah, untuk memperkuat tulang, kamu bisa memberi asupan berupa:

  • Protein

Bila kamu memberi asupan protein yang cukup pada tubuh, bukan hanya tulang kamu yang akan terjaga kesehatannya tapi juga otot yang akan terbentuk dengan baik. Termasuk zat gizi mikro, protein menjadi asupan penting dari cara menjaga kesehatan. Sebab 50% tulang terbentuk dari protein, gak heran kan zat ini penting banget untuk kesehatan tulang kamu?

  •  Kalsium

Cara menjaga kesehatan tulang dengan memberi asupan makanan yang kaya akan kalsium. Kamu bisa mendapatkan zat mineral makro ini dari produk susu, sarden, susu kedelai, dan brokoli. Kadar kalsium yang akan diserap tubuh berbeda-beda, tergantung pada individunya. Namun, sebagian besar kalsium yang dibutuhkan sebanyak 1000 mg per hari, sedangkan untuk remaja dan wanita lanjut usia mencapai 1200 mg per hari.

  •  Vitamin D dan Vitamin K

Ternyata untuk penyerapan kalsium yang optimal, kamu memerlukan bantuan dari vitamin D. Cara mudahnya yaitu dengan mendapatkan paparan sinar matahari pagi untuk meningkatkan kadar vitamin D. Kalau dari makanan, kamu bisa mendapatkannya melalui keju, ikan berlemak baik, dan hati.

Vitamin K juga perlu dikonsumsi sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan tulang. Vitamin ini akan memodifikasi osteokalsin atau sejenis protein yang membantu proses pembentukan tulang. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin K melalui keju, telur, daging, dan hati.

  • Magnesium dan Zinc

Mengonsumsi makanan dengan kadar magnesium dan zinc merupakan salah satu cara menjaga kesehatan sistem tulang. Kedua jenis mineral ini dapat menjaga kepadatan tulang ketika lanjut usia. Bila terpenuhi, kamu bisa terhindar dari risiko terkena osteoporosis. Magnesium berperan penting dalam mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif untuk memaksimalkan penyerapan kalsium.

2. Rutin berolahraga

Untuk menjaga kesehatan sistem tulang, sangat disarankan untuk rutin berolahraga. Sebab dengan rutin berolahraga maka kekuatan otot, koordinasi, dan keseimbangan tubuh dapat terjaga dengan baik. Selain itu, risiko untuk terkena osteoporosis juga akan berkurang.

3. Duduk dengan posisi yang benar

Foto: Ladiestory.id

Duduk dengan posisi yang benar menjadi salah satu cara menjaga kesehatan sistem tulang. Yakni dengan posisi duduk tegak. Namun jika duduk dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakan kursi yang memiliki sandaran.

Sebab posisi duduk yang salah dapat menimbulkan rasa pegal di sekitar leher dan tulang belakang. Jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan gangguan hingga nyeri punggung.

4. Berhenti merokok dan minum alkohol

Tidak merokok menjadi alasan biang permasalahan kesehatan termasuk sistem tulang. Sebab kandungan nikotin pada rokok menghambat kerja sistem imun dan tubuh. Bahkan, rokok juga memperlambat tubuh menyerap asupan nutrisi dan protein.

Selain itu, jika ingin menjaga kesehatan tulang maka harus berhenti minum minuman beralkohol. Pada dasarnya pengaruh alkohol sama buruknya dengan pengaruh kebiasaan merokok. Salah satu pengaruhnya adalah menghambat kerja sistem pencernaan sehingga tubuh mengalami kesulitan dalam penyerapan nutrisi.

5. Berjemur pada sinar matahari pagi

Foto: Ladiestory.id

Kesehatan tulang juga dapat dijaga dengan berjemur di sinar matahari pagi. Hal ini sangatlah baik bagi kesehatan sistem gerak. Karena sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D yang sangat penting dalam membantu penyerapan kalsium dalam makanan.

Inilah 5 cara menjaga kesehatan sistem tulang. Terlebih jika umur semakin bertambah, kesehatan tulang juga harus semakin dijaga.