Dijamin Langgeng, Ini 5 Tips Jalin Komunikasi dengan Pasangan

Kamis, 21 Juli 2022 | 14:00:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

Dijamin Langgeng, Ini 5 Tips Jalin Komunikasi Dengan Pasangan

Ilustrasi Pasangan Rayakan Anniversary. (Special)

Ladiestory.id - Komunikasi merupakan kunci penting dalam menjalin sebuah hubungan. Komunikasi diperlukan agar tidak ada salah paham antara pasangan dan mengarah pada runtuhnya sebuah hubungan. Komunikasi yang baik merupakan salah satu elemen kunci dari hubungan yang sehat.

Dalam hubungan, baik itu keluarga, atau persahabatan membutuhkan komunikasi agar dapat saling memahami satu sama lain. Apalagi saat kalian menjalin hubungan dengan orang terkasih, komunikasi menjadi kunci penting langgengnya sebuah hubungan.

Selain itu, pasangan yang jarang melakukan komunikasi cenderung hubungannya banyak konflik dan menyebabkan keretakan dalam sebuah hubungannya. Apabila kalian sering berfikir kamu dan pasangan kurang berkomunikasi secara efektif, mungkin itu benar. Karena menurut psikoterapis Laura Young, komunkasi yang baik sangat penting untuk membangun kepercayaan dan romantisme dalam hubungan yang mengarah pada langgengnya sebuah hubungan.

Komunikasi yang baik dan efektif adalah ketika melibatkan dua kegiatan yaitu berbicara dan mendengarkan. Ini mungkin terdengar mudah, tetapi keduanya membutuhkan banyak latihan untuk menjadi sebuah kebiasaan yang baik dan dapat menjalin kerja sama dalam hal komunikasi dengan pasangan untuk mencapai hubungan yang harmonis.

Untuk menghindari hubungan menjadi hambar dan tidak harmonis, simak lima tips menjalin komunikasi dengan pasangan berikut.

Sadar Pentingnya Komunikasi

Ilustrasi Pasangan Bercengkrama (pinterest.com)

Kesadaran akan pentingnya komunikasi harus dimiliki oleh setiap pasangan. Kalau tidak, pasangan akan merasa tertutup dan mudah untuk menyimpan semuanya sendiri. Padahal, disinilah benih benih ketidakpercayaan bisa tumbuh dan memecah belah hubungan.

Menjadi Pendengar yang Baik

Ilustrasi Pasangan Bercengkrama (pinterest.com)

Komunikasi tidak hanya terdiri dari berbicara tetapi juga mendengarkan secara aktif. Menjadi pendengar yang aktif berarti mendengarkan pendapat pasangan dan tidak memotong perkataan sebelum pasangan selesai berbicara. Pastikan juga untuk tidak bersikap defensif atau bereaksi negatif terhadap apa yang pasangan anda katakan.

Kurangi Overthinking

Ilustrasi Overthinking (pinterest.com)

Sangat mudah untuk terjebak dalam pikiran dan pertanyaan yang sering tiba-tiba melintas dipikiran kalian. Namun jangan pernah sampai untuk overthinking  dan tidak mempercayai pasangan kalian. “Curiga atau mencoba menebak pemikiran dan perilaku pasangan hanya akan menyebabkan kesalahpahaman,” ungkap Sameera Sullivan, psikolog dan pendiri Lasting Connections. Jangan pernah mengira-ngira sesuatu, apabila kalian punya sebuah pertanyaan segera ungkapkan pada pasangan kalian.

Kompromi Saat Hadapi Masalah

Ilustrasi Kerja Sama (pinterest.com)

Apabila anda dan pasangan sedang mengalami perdebatan yang serius, alih-alih mencoba “memenangkan” perdebatan lebih baik temukan solusi yang cocok untuk anda dan pasangan. Kompromikan pada apa yang memberi keuntungan pada suatu hubungan bukan langsung memutuskan suatu hubungan. Komunikasi yang baik dapat memecahkan masalah yang sedang kalian alami tanpa mengorbankan hubungan yang telah terjalin dengan pasangan kalian.

Saling Puji

Ilustrasi Beri Hadiah untuk Istri (Special)

Berikutnya dan kadang sering dilupakan oleh pasangan adalah mengucapkan terima kasih. Mungkin ini dianggap hal yang biasa, tetapi memiliki manfaat yang baik bagi sebuah hubungan. Ucapan terimakasih saat sudah dibantu oleh pasangan dapat membuat pasangan kalian merasa dihargai dan merasa lebih dicintai. Selain mengucapkan terima kasih, kalian dapat berikan pujian kepada pasangan baik perihal sikap maupun pujian tentang fashion yang sedang dikenakan.

Itulah 5 tips jalin komunikasi dengan pasangan agar hubungan semakin romantis dan langgeng. Kalian dapat segera menerapkannya pada pasangan dan berikan perhatian pada pasanganmu.