Tips Naikkan Berat Badan Tanpa Suplemen, Perlu Konsisten!

Rabu, 16 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tips Naikkan Berat Badan Tanpa Suplemen, Perlu Konsisten!

Ilustrasi naikkan berat badan. (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang beranggapan jika menurunkan berat badan adalah hal yang paling sulit. Namun nyatanya, bagi beberapa orang menaikan berat badan juga membutuhkan perjuangan.

Memang ada beberapa faktor yang memengaruhi naik dan turunnya berat badan, salah satunya adalah faktor keturunan. Menaikkan berat badan dapat disiasati dengan konsumsi suplemen. Namun, ada beberapa cara menaikan berat badan tanpa suplemen.

Konsumsi Banyak Protein

Ilustrasi makanan mengandung protein. (Special)

Salah satu cara menggemukan badan secara alami dengan mengonsumsi lebih banyak protein. Sebab, otot manusia terbuat dari protein. Jika tidak, maka kalori yang ada di tubuh akan berubah menjadi lemak.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, di antaranya ikan, daging, telur, produk susu, hingga kacang-kacangan. Mengonsumsi protein bisa membantu seseorang merasa lebih kenyang. Dengan begitu, rasa lapar dapat berkurang secara signifikan.

Konsisten Makan 3 Kali Sehari

Ilustrasi perempuan makan. (Special)

Orang Indonesia memiliki budaya makan tiga kali sehari, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam. Namun, beberapa orang kerap mengurangi jam makan mereka. Seperti makan dua kali sehari atau bahkan sekali dalam sehari. Biasanya hal ini dilakukan oleh anak kos ataupun orang yang sibuk bekerja seharian.

Namun rupanya konsisten makan tiga kali dalam sehari membantu menggemukan badan dengan alami. Bahkan jika perlu tambahkan beberapa camilan padat yang berenergi di sela-sela aktivitasmu.

Konsumsi Makanan Tinggi Kalori

Ilustrasi makanan tinggi kalori. (Special)

Selain mengonsumsi makanan berprotein, Kamu juga harus mengonsumsi makanan tinggi kalori demi meningkatkan berat badan. Namun, bukan berarti Kamu bisa mengonsumsi makanan sembarangan.

Sebab jika mengonsumsi produk mengandung lemak hewani, akan mencukupi kebutuhan kalori yang tinggi. Namun, di sisi lain makanan tersebut juga mengandung lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol jahat.

Ahli gizi terdaftar asal Seattle, Kim Larson, menyarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori dari biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat, keju, jagung, kentang, hingga oatmeal.

Untuk bahan pangan utama, Kamu bisa mengonsumsi telur, tuna, salmon, atau sarden yang mengandung asam lemak omega-3. Tentunya bahan pangan tersebut menyehatkan bagi tubuh.

Rutin Olahraga

Ilustrasi berenang. (Special)

Mungkin beberapa orang menganggap olahraga dapat membuat berat badan turun. Padahal, rutin berolahraga juga bisa menggemukan badan.

Hal ini disebabkan, olahraga dapat menambah massa otot, sehingga tubuh menjadi lebih berisi dan segar. Kamu bisa melakukan beberapa olahraga, seperti renang, angkat beban, dan yoga, yang membantu menaikan berat badan. Tak hanya itu, olahraga juga membuat nafsu makan meningkat.

Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Minum banyak air putih memang menjadi salah satu tips untuk seseorang dalam melakukan diet. Namun rupanya rutin minum air putih juga bisa menambah berat badan.

Pada dasarnya tubuh tidak boleh sampai kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika tubuh kekurangan cairan, maka lambung dan usus akan menyerap nutrisi dari makanan.

Oleh sebab itu, penting untuk banyak minum air putih. Namun, Kamu juga harus memperhatikan waktu minum air putih ini.

Jangan pernah minum sebelum mengonsumsi makanan. Sebab, air putih akan membuat Kamu merasa lebih kenyang dan tidak nafsu makan. Alhasil Kamu tidak bisa makan dalam porsi yang banyak.

Waktu yang tepat untuk minum air putih yakni setelah makan, usai bangun tidur, dan disela-sela melakukan aktivitas agar tidak dehidrasi.