Tips Olah Jantung Pisang agar Empuk dan Tidak Pahit

Sabtu, 3 Desember 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Tips Olah Jantung Pisang Agar Empuk Dan Tidak Pahit

Ilustrasi jantung pisang. (Special)

Ladiestory.id - Selain buahnya, ternyata bagian jantung pisang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan lezat. Terdapat banyak resep untuk memasak jantung pisang, namun tidak semua orang mengetahui cara mengolah jantung pisang yang benar.

Jantung pisang memiliki kandungan tannin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, kandungan tersebut membuat jantung pisang terasa pahit, jika tidak diolah dengan cara yang tepat. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tips bagaimana cara mengolah jantung pisang agar tidak pahit dan empuk.

Pilih Jenis Jantung Pisang

Ilustrasi jantung pisang. (Special)

Tidak semua jantung pisang bisa diolah menjadi makanan yang enak dan lezat. Misalnya jantung pisang ambon, yang tidak dapat diolah karena memiliki banyak getah dan kandungan tannin yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

Kamu bisa memilih jenis jantung pisang kepok, susu, raja, klutuk, dan batu. Jenis jantung pisang tersebut memiliki getah yang relatif sedikit, sehingga lebih mudah diolah.

Kupas Jantung Pisang

Ilustrasi jantung pisang. (Special)

Jantung pisang memiliki kelopak yang berlapis-lapis. Namun, tidak semua bagian kelopak bisa dikonsumsi. Kamu bisa mengupas kelopak jantung pisang bagian luar, hingga terlihat jantung pisang yang berwarna merah merah muda keputih-putihan.

Saat membuang bagian kelopak luar jantung pisang, maka terdapat bunga jantung pisang. Kamu bisa mengolah bunga tersebut dengan cara membuang bagian putiknya terlebih dulu. Setelah mendapatkan jantung pisang bagian dalam, maka selanjutnya kamu bisa membelah pisang menjadi dua atau empat bagian. Iris tipis-tipis seperti saat kamu mengiris bawang.

Rendam Jantung Pisang

Ilustrasi jantung pisang. (Special)

Karena mengandung zat besi, jantung pisang yang telah diiris harus segera dicuci. Sebab, jika terlalu lama terkena udara, jantung pisang bisa berubah warna menjadi kehitaman.

Untuk menghilangkan rasa pahit pada jantung pisang, maka kamu bisa merendamnya dengan perasan air asam yang berasal dari jeruk nipis, lemon, dan juga cuka. Siapkan wadah dengan air bersih yang telah ditambahkan 1 sendok makan perasan air asam.

Lalu, rendam jantung pisang ke dalam wadah tersebut. Diamkan sekitar 10-15 menit, remas - remas, dan bilas kembali dengan air hingga bersih.

Rebus Jantung Pisang

Ilustrasi jantung pisang. (Special)

Untuk mendapatkan tekstur jantung pisang yang lembut, kamu bisa merebus jantung pisang dengan air garam. Selain membuat tekstur jantung pisang menjadi lebih lembut, cara ini efektif untuk menghilangkan sisa-sisa getah yang masih menempel pada jantung pisang. Rebus hingga jantung pisang empuk, lalu angkat, dan tiriskan.

Setelah ditiriskan, lanjutkan dengan membilas jantung pisang kembali menggunakan air bersih. Ulangi bilasan jika diperlukan, sampai air bilasan jernih dan tidak hitam lagi.

Masak Jantung Pisang

Ilustrasi hidangan jantung pisang. (Special)

Terakhir, kamu bisa memasak jantung pisang dengan berbagai rempah-rempah khas Indonesia agar bisa disajikan sebagai makanan yang enak dan lezat. Berikut contoh masakan yang menggunakan bahan utama jantung pisang, yaitu Gulai Jantung Pisang.

Bahan yang diperlukan

1 buah jantung pisang, yang telah diolah sebelumnya

250 gram teri medan

2 lembar daun jeruk segar

2 lembar daun salam segar

1 ruas lengkuas

1 batang serai, memarkan

1 ruas jahe

1 sdt merica bubuk

1 sdt ketumbar bubuk

1 santan instan kara

garam, gula, penyedap rasa, dan minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

10 buah cabai rawit merah

1 buah tomat merah

1 ruas kunyit

2 biji kemiri sangrai

Cara membuatnya

Panaskan wajan dan minyak goreng, tumis semua bumbu halus sampai harum. Tambahkan daun jeruk, daun salam, serai, dan teri medan aduk sampai tercampur rata. Masukkan jantung pisang yang telah diolah sebelumnya.

Aduk kembali sampai rata, tambahkan air dan santan, masak hingga mendidih. Terakhir, tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Koreksi rasa, masak hingga matang, dan gulai jantung pisang dihidangkan.