Lebaran Kian Memukau, 5 Tips Turunkan Berat Badan saat Puasa

Senin, 18 April 2022 | 19:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Lebaran Kian Memukau, 5 Tips Turunkan Berat Badan Saat Puasa

Ilustrasi Diet. (Special)

Ladiestory.id - Ramadan menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Banyak orang yang menganggap bahwa puasa dapat menjadi solusi untuk menurunkan berat badan. Namun, tak sedikit masyarakat yang justru berat badannya jadi bertambah.

Menurunkan berat badan saat berpuasa harus memiliki strategi khusus agar tidak kembali naik. Sebagian orang yang berhasil menurunkan berat badan selama puasa tentunya memiliki rancangan menu makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Jika Kamu salah memasang strategi akan membuat berat badan menjadi naik. Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa tips yang dapat Kamu lakukan untuk menurunkan berat badan saat puasa.

Tetap Jalani Sahur

Ilustrasi Sahur. (Special)

Bagi sebagian masyarakat yang ingin diet selama Ramadhan akan menganggap bahwa melewatkan sahur dapat membuat berat badan menjadi turun secara cepat. Namun, hal tersebut tidak disarankan.

Sahur merupakan salah satu bagian penting dari ibadah puasa. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan energi Kamu selama menjalani puasa.

Melewatkan sahur saat program diet akan membuat Kamu menjadi lebih banyak makan ketika berbuka puasa. Tak hanya itu, tubuh akan menjadi tidak bertenaga saat menjalani puasa

Kamu dapat memilih makanan yang bisa membantu merasa kenyang dan melancarkan pencernaan, seperti roti gandum, oatmeal, buah, sayuran, susu, telur, serta kacang-kacangan.

Hindari Konsumsi Gorengan

Ilustrasi Gorengan. (Special)

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia untuk mengawali berbuka puasa dengan mengonsumsi gorengan. Namun, gorengan bisa menyebabkan berat badan menaik selama puasa.

Makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi. Tak hanya itu, gorengan juga rendah nutrisi. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak konsumi makanan alami, seperti sayur dan buah.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Menjaga tubuh agar kebutuhan cairan tercukupi merupakan kunci utama untuk memiliki berat badan ideal selama puasa. Kamu bisa mengatur pola konsumsi air putih dengan dua gelas saat sahur, 2 gelas pas berbuka puasa, 2 gelas usai salat magrib sampai sebelum tidur.

Minum banyak air memanglah penting, tetapi usahakan untuk tidak minum terlalu banyak dalam satu waktu. Hal ini dikarenakan dapat mengencerkan elektrolit yang bisa mengakibatkan keracunan air.

Rutin Olahraga

Ilustrasi Olahraga. (Special)

Meski sedang menjalani ibadah puasa, hal tersebut bukan berarti Kamu bermalas-malasan dalam sepanjang hari. Rutin berolahraga justru akan menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif selama menjalani puasa.

Saat berpuasa, usahakan tetap rutin berolahraga minimal dua kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit per hari. Namun, selama berolahraga sebaiknya lindungi diri dari paparan sinar matahari secara berlebihan untuk menghindari dehidrasi.

Jaga Porsi Makan

Ilustrasi Porsi Makan. (Special)

Selama menjalani sahur dan buka puasa, disarankan untuk menjaga porsi makan yang cukup. Hal ini dikarenakan makan dengan porsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula.

Mengontrol porsi makan merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Makan dengan jumlah sedikit selalu menjadi pilihan tepat untuk membantu memahami berapa banyak yang dibutuhkan dalam tubuh. Kamu bisa makan dengan menggunakan piring berukuran kecil agar tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Selain itu, hindari mengonsumsi takjil dengan makanan berat saat membatalkan puasa. Kamu dapat membatalkan puasa dengan menu takjil ringan yang sehat, seperti meneguk segelas air putih, satu butir kurma, dan sayuran, yakni sup, cah sayur, gado-gado, hingga salad.

Selain dapat menurunkan berat badan, ada beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan saat berpuasa. Dengan menjalani puasa, organ-organ tubuh akan beristirahat dari kebiasaan harian dalam memproses makanan.