Tren Tanaman Hias, Ini 10 Jenis Kaktus Yang Cocok Untuk Dekorasi Rumah

Minggu, 15 Agustus 2021 | 01:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Tren Tanaman Hias, Ini 10 Jenis Kaktus Yang Cocok Untuk Dekorasi Rumah

Foto: Ladiestory.id

Tanaman hias tengah menjadi tren khususnya di masa pandemi virus corona (covid-19) seperti saat ini. Salah satu tanaman yang sedang diminati ialah kaktus. Tanaman ini memiliki ciri khas berupa duri yang ada di sekujur badan tanaman dengan modifikasi bentuk yang beragam.

Daftar Tanaman Hias Untuk Dekorasi Rumah

Tren tanaman kaktus hias menjadi populer bukan tanpa alasan. Kaktus merupakan jenis tanaman hias yang tangguh dalam segala kondis.

Kaktus dapat bertahan hidup dalam kondisi gersang karena memiliki mekanisme penyimpan air di dalamnya. Sehingga, kaktus cocok bagi orang yang sibuk dan tak punya banyak waktu untuk perawatan, tetapi tetap ingin memelihara tanaman hias sebagai dekorasi alami.

Nah, berikut rekomendasi 10 jenis kaktus yang dapat dijadikan referensi untuk dekorasi rumah Anda.

1. Echeveria

Ladiestory.id

 

Kaktus echeveria memiliki keunikan berupa bentuk yang menyerupai bunga, sehingga terlihat artsy. Kaktus jenis ini punya banyak varian warna seperti hijau, pink, ungu, kuning, dan merah.

2. Opuntia cochenillifera

Kaktus hias centong atau Opuntia cochenillifera ini disebut kaktus centong karena bentuknya yang lebar menyerupai centong nasi. Selain dijadikan tanaman hias, kaktus centong juga dibudidayakan dan dapat menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi.

3. Echinocactus grusonii

Ladiestory.id

 

Kaktus Echinocactus grusonii berbentuk menyerupai gentong. Kaktus yang berasal dari Meksiko dan Texas ini juga sering disebut sebagai golden barrel alias gentong emas. Hal ini dikarenakan duri di seluruh permukaan kaktus berwarna kuning kecokelatan yang terlihat seperti gentong emas. 

4. Ball Cactus

Hampir mirip dengan kaktus Echinocactus grusonii, kaktus dengan nama latin Parodia magnifica ini memiliki bentuk seperti bola. Seluruh permukaan kaktus memiliki duri yang tajam tapi terlihat halus. Tanaman hias ini memiliki warna duri kekuningan hingga keemasan dan dapat menghasilkan bunga kecil berwarna kuning.

5. Cereus tetragonus

Ladiestory.id

 

Kaktus Cereus tetragonous atau dikenal juga dengan sebutan kaktus Fairy Castle juga cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Kaktus ini berasal dari Amerika dan dapat tumbuh tinggi, tetapi masih bisa diletakkan di pot dalam rumah. Bentuknya menyerupai kastil cocok diletakan di sudut ruangan, pagar rumah atau pun dijadikan sebagai penghias jendela.

6. Haworthia attenuata 

Kaktus Haworthia attenuata sering disebut juga sebagai tanaman zebra atau lidah buaya mini. Kaktus ini berasal dari Afrika Selatan dengan ciri khas berupa duri kecil di bagian pinggir batangnya. Selain itu, kaktus hias ini memiliki perpaduan warna hijau dengan garis putih belang-belang yang terlihat artsy. Kaktus ini tidak membutuhkan banyak asupan sinar matahari, sehingga cocok untuk diletakkan di dapur.

7. Mammillaria fraileana

Ladiestory.id

 

Penampilan kaktus Mammillaria fraileana terlihat cukup meriah. Hal ini dikarenakan batang utama pada kaktus ini berbentuk bulat dan ditutupi duri panjang berwarna cokelat kemerahan. Selain itu, kaktus ini juga dilengkapi dengan bunga yang cantik dan ramai.

8. Cephalocereus senilis

Kaktus Cephalocereus senilis juga disebut sebagai kaktus orang tua. Hal ini dikarenakan seluruh bagian kaktus ini dipenuhi rambut panjang berwarna putih menyerupai uban pada orang tua. Tidak tanggung-tanggung, rambut putih pada kaktus dapat tumbuh mencapai 12 cm.

9. Acanthocalycium Thionanthum

Ladiestory.id

 

Kaktus Acanthocalycium Thionanthum merupakan tanaman kaktus hias yang paling umum dijumpai. Tanaman iini memiliki ciri khas bunga warna-warni yang tumbuh secara berkala dari balik duri-durinya. Selain itu, kaktus ini punya karakteristik kering, sehingga tidak membutuhkan asupan air yang banyak.

10. Gymnocalycium

Kaktus Gymnocalycium memiliki ciri khas bagian tubuh atasnya yang berwarna merah muda. Kaktus ini memiliki postur tanaman yang mungil dan berbentuk unik seperti tingkatan layer rumah susun.

Beberapa jenis kaktus terunik di atas dapat menjadi referensi Anda untuk dijadikan dekorasi rumah. Jadi, Anda tertarik untuk mengoleksi jenis kaktus yang mana?