Trik Membersihkan Kalung Emas Dengan Mudah, Mau Coba?

Selasa, 16 Maret 2021 | 00:44:45

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Trik Membersihkan Kalung Emas Dengan Mudah, Mau Coba?

Salah satu penunjang penampilan perempuan adalah aksesoris perhiasan yang menempel pada tubuhnya. Aksesori itu dapat berupa cincin, kalung, gelang, bahkan anting. Terbuat dari berbagai macam bahan seperti batu alam, plastik, perak dan silver. Namun sayangnya, karena bukan terbuat dari emas, biasanya aksesoris ini mudah menghitam dan menjadi kusam. Aksesori perhiasan yang mulai menghitam dan kusam juga pasti tidak nyaman untuk dipakai dan juga tidak indah dilihat.

Bahkan kulit bisa mengalami iritasi seperti, gatal-gatal ketika memakai aksesori yang mulai menghitam dan kusam. Namun, membuangnya pun sayang. Jika sudah begitu, maka kamu harus tahu bagaimana cara untuk mengatasi aksesori perhiasan seperti kalung yang mulai menghitam dan kusam.

Menggunakan Alkohol Gosok

Noda karat yang membandel pada kalung bisa ditaklukkan dengan rubbing alcohol alias alkohol gosok. Benda ini dapat kamu beli di apotek atau swalayan. Cara menggunakannya, rendam kalung  di dalam alkohol gosok selama 30 menit. Angkat kalung lalu lap hingga kalung setengah kering. Biarkan alkohol mengering dengan sendirinya selama 15 menit. Selesai!

Menggunakan Sampo Bayi

Selain sabun tangan, sampo bayi juga termasuk dalam cara menghilangkan karat pada kalung dengan mudah. Sampo bayi dibuat dari material yang ramah lingkungan serta lembut, sehingga tidak akan merusak kalung kamu. Langkah ini bisa diaplikasikan juga pada kalung mutiara (baik asli maupun ).

Menggunakan Sabun  Pencuci Tangan

Masih menggunakan barang yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah, cara menghilangkan karat pada kalung  adalah dengan menggunakan sabun pencuci tangan. Larutkan sabun pencuci tangan secukupnya dengan sedikit air hangat. Kenapa airnya sedikit saja? Karena perhiasan  tidak bagus terkena air terlalu banyak dan lama.

Sebab, kilau dari perhiasan kalung dapat terkikis. Belum lagi kalau kalungnya ada hiasan seperti bebatuan yang dilem. Air dapat masuk meresap dan menghilangkan daya rekat lem tersebut. kamu bisa juga menggunakan alumunium foil sebagai alas, lalu menambahkan garam dan soda kue ke dalam larutan air dan sabun tadi. Tapi, kali ini airnya menggunakan air panas. Rendam kalung selama 10 menit, lalu bilas kalung dengan air dingin.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda ternyata tidak hanya berguna dalam urusan tata boga, namun juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aksesori favoritmu kembali seperti baru. Cara membersihkan dengan baking soda cukup mudah. Untuk aksesori silver, pertama basahi kain lalu peras. Setelah itu, usapkan kain pada baking soda. Jika sudah, gosokkan ke aksesorismu. Sementara untuk aksesori emas asli, kamu hanya perlu menaburkan baking soda pada aksesori, lalu lap perlahan-lahan. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Menggunakan  Cuka

Sama-sama zat masam, kamu bisa membersihkan kalung  dengan cuka kalau tidak ada lemon. Cara menghilangkan karat pada kalung  menggunakan cuka adalah dengan membuat campuran air dan cuka putih. Setelah itu, rendam kalung  di dalam larutan tersebut selama beberapa jam. Siapkan sikat gigi berbulu lembut, lalu sikat bagian kalung yang sulit dijangkau. Kalung kamu yang tadinya berkarat dan terlihat kusam akan langsung kinclong seperti baru. Selain cara di atas, kamu bisa juga menuangkan cuka pada spons untuk mencuci piring. Lalu, gosok kalung seperti biasa.

Nah, tadi itu beberapa cara menghilangkan karat pada perhiasan kalung dengan langkah sederhana. Mudah sekali, bukan, cara melakukannya? Bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit dicari. Dan, letakkan kalung kamu dengan benar. Misalnya menggunakan plastik klip, boks kalung, atau gantungan. Sebaiknya simpan kalung secara terpisah (jangan disatukan). Dengan begitu, kalung kamu akan selalu bersih dan tidak akan karatan lagi. Sebagai pencegahan, ke depannya kamu sebelum menggunakan kalung, sehingga makeup kamu tidak mengenai kalung tersebut.

Sumber Foto Utama: franknco_id