Ungkapan “Aku Cinta Kamu” dari Berbagai Daerah

Sabtu, 4 Desember 2021 | 13:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Ungkapan “Aku Cinta Kamu” Dari Berbagai Daerah

Foto: Instagram/raffinagita1717

Ladiestory.id - Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, ras, dan budaya. Indonesia yang memiliki berbagai daerah menyebabkan Indonesia juga kaya akan bahasa. Bahkan Indonesia tercatat memiliki 718 bahasa daerah. Dari angka 718 bahasa, hanya 14 bahasa daerah yang memiliki jumlah penutur terbanyak di Indonesia.

Ungkapan “Aku Cinta Kamu” dari Berbagai Daerah

Nah salah satu kalimat yang sering diungkapkan dalam berbagai daerah adalah 'Aku cinta kamu'. Ungkapan ini merupakan kalimat yang biasa diungkapkan untuk menunjukkan rasa sayang kepada seseorang. Jika dalam Bahasa Karo atau Bahasa Batak, "Aku cinta kamu" diunggapkan dengan "holong rohang ku ta ho", kira-kira bagaimana mengungkapkan dalam bahasa daerah lainnya, ya?

1. Bahasa Karo "Aku Cinta Kamu"

"Holong rohang ku tu ho"

Bahasa Karo merupakan Bahasa Batak. Jika zaman dulu cowok Batak hanya menikah dengan sesama Batak atau yang disebut dengan edogami. Namun kini banyak orang Batak yang mencari pasangan selain Batak.

Tadak perlu khawatir, jika kamu bukan keturunan Batak namun menikah dengan orang Batak akan menjalani prosesi adat Mangain atau mengesahkan sebuah marga kepada calon mempelai perempuan.

2. Bahasa Padang "Aku Cinta Kamu"

"Uda suko ka adiak."

Namun jika di Padang pernikahan sesama daerah masih sangat kental dilakukan. Sehingga bukanlah suatu masalah dan terbisa jika masih banyak orang Padang yang menikah dengan Padang untuk menjamin keturunan.

aku cinta kamu
Foto: SemarangKu

3. Bahasa Betawi "Aku Cinta Kamu"

"Abang demen ama eneng"

Sebenarnya bahasa Betawi tidak terlalu beda jauh dengan bahasa Indonesia, jadi lebih mudah kita mengerti ya.

Pernikahan adat Betawi sendiri memiliki prosesi yang khas juga. Mulai dari ngedelengin, ngelamar, bawa tande putus, masa dipiare, siraman, malem mangkat, ngerudat, buka palang pintu, di puade, malem negor, sampe pulang tige ari.

4. Bahasa Papua "Aku Cinta Kamu"

"Sa cinta ko."

Papua sendiri memiliki banyak suku di mana setiap suku tersebut punya adat masing-masing. Jadi, apabila pasanganmu orang Papua, kamu harus tahu dia berasal dari suku mana.

5. Bahasa Aceh "Aku Cinta Kamu"

"Loen Galak Ngon gata."

Pernikahan adat Aceh juga sangatlah unik dan beragam. Mulai dari Jak Keumalen (Cah Roet), Jak Meu Lake Jok Theulangke (Jak ba Ranub), Meugatip – Pernikahan, Meukerija – Pesta menyambut linto pulang ke tempat dara baro, Peudab Jambo, dan Peulaminan – pelaminan.

aku cinta kamu
Foto: Mobilepulsa

6. Bahasa Jawa "Aku Cinta Kamu"

"Aku tresno karo kowe."

Bahasa Jawa kerap digunakan untuk lirik lagu dangdut. Salah satunya lagu Via Vallen yang bertajuk "Kowe Tresnaku?" Untuk menjawab pernyataan cowok Jawamu, kamu bisa memberinya lagu tersebut sebagai jawaban.

7. Bahasa Surakarta "Aku Cinta Kamu"

"Aku tresna marang sliramu."

Bahasa ini masih termasuk dalam bagian Bahasa Jawa. Selain ketika kamu menikah dengan orang Surakarta dan menggunakan adat Surakarta, banyak prosesi yang harus kamu lakukan. Mulai dari lamaran, persiapan pernikahan, upacara siraman, upacara midodareni, ijab hingga pawai yakni khusus untuk anggota kerajaan.

8. Bahasa Madura "Aku Cinta Kamu"

"Sengkok lebur ka be'nah."

Di Madura, wanita belasan tahun sudah menikah merupakan hal yang wajar. Selain itu, orang Madura masih berpegang pada tradisi carok yakni duel hingga maut.

aku cinta kamu
Foto: Tribun 

9. Bahasa Bali "Aku Cinta Kamu"

"Tiang tresna teken adi/ Bli tresna ajak adi."

Jika kamu nikah dengan pria Bali, ada beberapa upacara atau tradisi yang harus dilewati nantinya. Ketika menikah ada rangkaian upacara dari Ngekeb, Mungkah Lawang (buka pintu), Upacara Mesegehagung, Madengen-dengen, Mewidi Widana, Mejauan Ngabe Tipat Bantal.

Inilah Bahasa Karo “aku cinta kamu” beserta ungkapan lainnya dalam berbagai daerah. Kalau kamu berasal dari daerah mana?