Untuk Kamu Si Perokok Aktif, Cek Nih 7 Bahaya Rokok untuk Kaum Perempuan

Selasa, 5 November 2019 | 15:38:25

LS Health

Penulis : LS Health

Untuk Kamu Si Perokok Aktif, Cek Nih 7 Bahaya Rokok Untuk Kaum Perempuan

Kenaikan cukai rokok hingga 23% sesuai yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 152 tahun 2019, dengan Harga Jual Eceran (HJE) rata-rata 35% tentu akan membuat kamu si perokok aktif menjadi agak keberatan. Sebab, kenaikan cukai rokok ini juga akan memicu kenaikan harga ecerannya. Hal ini tentu menjadi kontroversi bagi banyak pihak, seperti petani tembakau, tenaga kerja, industry rokoknya, juga yang pasti si pembeli. Padahal, imbas lain dari kenaikan cukai rokok ini juga ada positifnya bagi kesehatan lho, Ladies. Terutama untuk kamu si perokok aktif maupun pasif. Tapi, kalau pada dasarnya kamu ada perokok aktif yang susah konsentrasi jika tidak merokok, tentu kenaikan itu bukanlah sebuah masalah. Akan tetapi, sebelum kamu melanjutkan kebiasaan merokokmu dengan senang hati, kamu perlu tahu nih ada 7 bahaya rokok untuk kaum perempuan yang mesti segera kamu sadari!

1. Menyebabkan tidak teraturnya siklus haid

Siklus haid berubah

Sadarkah kamu, jika salah satu dampak rokok yang kamu isap setiap harinya adalah siklus haidmu yang jadi tidak teratur? Sebab, perempuan yang merokok itu lebih memiliki resiko infertilitas atau gangguan kesuburan ketimbang mereka yang tidak merokok. Selain itu, perempuan yang merokok juga akan mengalami menopause lebih dini daripada mereka yang tidak. Pastinya, kamu tidak mau dong kalau harus mengalami salah satu dari 8 bahaya rokok ini, Ladies?

2. Rokok bisa meningkatkan risiko katarak

Menyebabkan katarak

Meskipun biasanya katarak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, yang disebut dengan age-related macular degeneration (AMD) yang umumnya terjadi di bagian tengah retina, menurut penelitian, katarak juga akan lebih cepat menyerang si perokok aktif dengan risiko lebih besar daripada mereka yang tidak merokok. Jangankan perokok aktif, kamu yang menjadi perokok pasif pun juga harus berhati-hati dengan asap rokok yang berisiko pula masuk ke mata dan menyebabkan penyakit katarak ini ya, Ladies!

3. Menimbulkan depresi

Menimbulkan depresi

Menurut Brittish Journal of Psychiatry, ketergantungan terhadap nikotin umumnya dapat menyebabkan depresi. Sebab, adanya efek penenang yang kamu rasakan ketika merokok itu hanyalah bersifat sementara dan tidak berkelanjutan. Sementara menurut Profesor David Fergusson, nikotin juga bisa mengakibatkan adanya perubahan aktivitas neurotransmitter di dalam otak, yang menyebabkan depresi.

4. Resiko serangan jantung dan paru-paru

Menyebabkan resiko sakit jantung dan paru-paru

Sudah bukan hal yang asing lagi jika bahaya rokok yang utama adalah dapat mengakibatkan serangan jantung dan paru-paru. Hal itu bisa terjadi baik kepada perempuan dan laki-laki. Sayangnya, risiko serangan jantung yang dialami perokok aktif perempuan itu ternyata lebih besar lho, dibanding perokok aktif laki-laki. Sebab, adanya zat kimia yang terkandung di dalam rokok dapat merusak sel darah dan menyebabkan terjadinya penumpukan plak di arteri.

5. Kanker payudara

Menyebabkan kanker payudara

Jika kamu memulai kebiasaan merokokmu sejak usia muda, maka bersiaplah untuk mendapat risiko kanker payudara yang lebih besar ketimbang perokok yang baru aktif di usia yang lebih tua. Walaupun, masih ada anggapan lain yang menyatakan bahwa tidak ada kaitannya antara bahaya rokok dengan kanker payudara. Tapi, beberapa penemuan juga ada yang menyimpulkan bahwa adanya zat-zat di dalam rokokdapat memicu terbentuknya beberapa sel kanker payudara. Sementara itu, menurut Jurnal National Cancer Institute, perempuan yang merokok memiliki risiko terserang kanker payudara 24% lebih tinggi daripada yang tidak merokok.

6. Gangguan kesuburan (infertilitas)

Mengakibatkan infertilitas

Infertilitas atau kemandulan juga menjadi salah satu bahaya rokok paling umum yang terjadi pada perempuan. Sebab, kesuburan pada perempuan yang merokok dapat menurun hingga 72% ketimbang mereka yang tidak merokok. Dalam hal ini, rokok mengakibatkan terganggunya pergerakan sperma dan sel telur dalam rahim yang menyebabkan terjadinya kegagalan pembuahan. Nah, untuk kamu yang memang menginginkan keturunan, ada baiknya kalau kamu segera berhenti merokok, ya!

7. Adanya risiko keguguran

Adanya resiko keguguran

Selain dapat meningkatkan risiko kemandulan dan masalah pada kehamilan, bahaya rokok lainnya juga dapat menaikkan risiko keguguran, lho. Sebab, perempuan yang merokok akan mengalami kelainan pada letak plasenta, juga dapat membuat ketuban pecah lebih cepat. Jadi, jika kamu peduli dengan nasib janinmu kelak, sebaiknya kamu segera berhenti merokok ya, Ladies!

Nah, setelah mengetahui 7 bahaya rokok di atas, apakah kamu masih ingin setia pada rokokmu? Lebih baik, kamu pikir-pikir lagi deh!

Source foto: Cover: Unsplash.com, 1. Freepik.com, 2. Freepik.com, 3. Unsplash.com, 4. Unsplash.com, 5. Unsplash.com, 6. Unsplash.com, 7. Unsplash.com