5 Workout Bentuk Otot Perut Untuk Tubuh Lebih Ideal

Jumat, 25 Februari 2022 | 21:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Workout Bentuk Otot Perut Untuk Tubuh Lebih Ideal

Bentuk Otot Perut (Special)

Ladiestory.id - Di sini siapa yang ingin punya otot perut atau perut sixpack? Jika Kamu orangnya, maka Kamu wajib melakukan gerakan workout. Sebelumnya, Kamu perlu tahu dahulu apa itu workout.

Apa workout itu?

Workout adalah aktivitas atau kegiatan yang Kamu lakukan untuk memelihara kebugaran tubuh. Banyak orang yang melakukan workout demi mendapatkan keuntungan tertentu, misalnya mengecilkan perut, menghilangkan lemak, dan membentuk tubuh lebih proporsional.

Nah menyangkut bentuk tubuh, pasti Kamu berpikir jika perut sixpack hanya bagi laki-laki saja, benar tidak? Itu pernyataan yang salah. Ternyata perut sixpack juga bisa didapatkan perempuan, namun prosesnya akan lebih sulit daripada laki-laki. Alasannya karena perempuan memiliki massa otot yang sedikit dan lemak yang banyak dibanding laki-laki.

Tubuh perempuan sendiri memiliki struktur cenderung lebih besar jadi sangat sulit untuk membentuk perut yang rata dan kencang. Namun hal tersebut tidak menghambat semangat Kamu untuk membentuk otot perut. Kamu harus tetap berusaha demi mendapatkan perut sixpack, benar tidak?

Bila Kamu memang benar-benar ingin mendapatkan otot perut bisa memulainya dengan mengurangi asupan kalori, dengan gerakan sederhana seperti sit up atau crunch. Untuk gerakan lainnya Ladiestory.id akan ulas berikut ini.

Squat

Bentuk Otot Perut (Special)

Gerakan pertama ini sangat mudah dilakukan, posisikan tubuh berdiri tegap, kemudian saat waktu diputar mulai posisikan badan dengan posisi seperti akan duduk. Pastikan betis tidak ikut menekuk ya.

Namun paha dan juga pinggul berposisi seperti akan duduk. Tangan bisa Kamu silangkan saat melakukan gerakan ini. Jadi ketika Kamu berdiri tangan disamping, lalu Kamu melakukan gerakan squat dengan tangan menyilang. Lakukan selama 30 detik dengan tempo yang sedang.

Heel Touches

Bentuk Otot Perut (Special)

Gerakan kedua ini dilakukan dengan tubuh terbaring, Cara mempraktekkan gerakan ini cukup simpel. Baringkan tubuhmu di atas lantai/karpet yoga kemudian tekuk kakimu membentuk segitiga sama sisi. Kemudian tangan diangkat dan lurus hingga menyentuh tumit kaki.

Kamu harus bisa menyentuh tumit kaki dalam keadaan berbaring. Gerakan workout ini juga berfungsi untuk mengencangkan perut dan membakar kalori yang ada dalam perut. Lakukan selama 30 detik dengan tempo yang sedang.

Plank

Bentuk Otot Perut (Special)

Gerakan plank, bagi kebanyakan orang mungkin berpikir gerakan ini akan mudah dilakukan. Namun nyatanya tidak, bagi seorang pemula gerakan ini cukup sulit dilakukan. Karena tumpuan yang digunakan hanya ujung kaki dan juga tangan saja.

Cara mempraktekkannya memang simpel yaitu dengan mengangkat badan seperti akan push up, namun tangan ditekuk dan dipakai untuk tumpuan.  Lakukan selama 30 detik dengan tempo yang sedang.

Bicycle Crunch

Bentuk Otot Perut (Special)

Gerakan ini berpose hampir sama dengan cara kita mengayuh sepeda. Bedanya kita akan dibaringkan di atas lantai atau karpet yoga. Lalu kaki melakukan gerakan seperti mengayuh sepeda (kaki satu ditekuk, kaki lainnya lurus). Kaki yang lurus tetap pada posisi tubuh jadi jangan terlalu naik. Lakukan selama 30 detik dengan tempo yang sedang.

Knee Raise

Bentuk Otot Perut (Special)

Gerakan selanjutnya dilakukan dengan cara berdiri. Knee raise ini sangat mudah dilakukan, namun efeknya sangat besar. Karena akan memengaruhi otot perut dan juga otot paha. Cara mempraktekkan gerakan ini, pertama tubuh diposisikan tegap, dengan tangan berada di belakang paha. Ketika waktu sudah dimulai kaki kanan akan diangkat lurus dan tangan kiri menyentuh ujung kaki tersebut. Lakukan gerakan itu berulang dalam waktu 30 detik dan tempo yang sedang.