Zumbathon 2024, Wujud Peduli Asri Welas & Komunitas Zumba Indonesia Terhadap Kesehatan Mental

Senin, 29 April 2024 | 17:21:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Zumbathon 2024, Wujud Peduli Asri Welas & Komunitas Zumba Indonesia Terhadap Kesehatan Mental

Zumbathon 2024. (Dok. Zumba(R))

Ladiestory.id - Kesehatan mental menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling disoroti oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Survei Ipsos Global bertajuk Health Service Monitor 2023 mengungkapkan bahwa 44 persen responden dari 31 negara di dunia menilai kesehatan mental menjadi masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan.

Setidaknya satu dari sepuluh orang di Indonesia mengidap masalah kesehatan mental. Banyak pasien pengidap gangguan jiwa di Indonesia terlambat mendapatkan penanganan dan pengobatan karena penyangkalan dari keluarga dan stigma negatif yang masih melekat pada penyakit ini.

Untuk meningkatkan kesadaran serta mematahkan stigma terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Brand Ambassador Zumba® untuk Indonesia, Asri Welas dan Liza Natalia, menggelar Zumbathon™, sebuah merek program amal resmi dari Zumba®. Acara ini turut didukung oleh Komunitas Zumba® di Indonesia yang terdiri dari instruktur berlisensi, yakni ZESTM, ZJTM, ZINTM, serta para Zumba Lovers yang berkumpul untuk berolahraga bersama teman ODGJ dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu kesehatan mental.

Berkolaborasi dengan Kopi Panas Foundation (KPF), sebuah organisasi sosial yang salah satu fokus utamanya pemulihan ODGJ, sebagai penerima donasi. ZumbathonTM 2024 x Kopi Panas Foundation mengusung tema “Bergerak Sehat untuk Jiwa Bahagia Melalui Sport Charity bersama Teman ODGJ” telah sukses dilaksanakan pada Minggu, 28 April 2024, sekaligus menjadi momen penyerahan donasi secara simbolis. Donasi yang terkumpul berupa 250 kg beras dan uang tunai disalurkan kepada mitra-mitra panti yang berada di bawah naungan KPF untuk membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan program pemulihan teman ODGJ.

Zumbathon 2024. (Dok. Zumba(R))

 

“Saya sangat bersyukur kegiatan ZumbathonTM 2024 x KPF berjalan dengan lancar. Ini merupakan salah satu upaya dari kami, komunitas Zumba® di Indonesia untuk bersama-sama mematahkan stigma negatif terhadap teman ODGJ; karena mereka bisa pulih, bisa ber-Zumba dengan kita, dan tidak untuk dijauhi. Saya sangat senang, melalui Zumba® kita bisa menciptakan ruangan yang aman untuk menari dan berbagi kebahagiaan dengan semua orang, sembari terus menyebarkan pesan-pesan kemanusiaan," ujar Asri Welas.

Melengkapi pernyataan Asri Welas, Liza Natalia, Penyanyi dan Brand Ambassador Zumba® untuk Indonesia mengatakan, kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di Indonesia masih perlu untuk terus digaungkan.

"Hingga saat ini, masih banyak orang yang meremehkan soal kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Tidak lengkap kesehatan tanpa kesehatan jiwa," ungkapnya.

Acara yang berlangsung di selasar Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Pintu Kuning Lantai 2 ini diikuti oleh 400 peserta yang terbagi dalam berbagai rangkaian acara seperti Zumba® Kids, Zumba® Gold, dan Zumba® Party. Panggung gelaran ZumbathonTM 2024 x KPF diramaikan oleh instruktur populer seperti ZESTM Olivia, ZESTM Sulis, ZESTM Poza, ZJTM Zee, ZJTM Farach, ZJTM Deddy, ZJTM Nita, dua Brand Ambassador Zumba® untuk Indonesia ZINTM Asri Welas dan ZINTM Liza Natalia, serta  ZINTM dari beberapa daerah di Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif terselenggaranya acara ZumbathonTM 2024 x KPF yang digagas oleh sahabat saya, Asri Welas dan rekan-rekan komunitas Zumba® di Indonesia. Ini merupakan wujud nyata kepedulian terhadap teman ODGJ dan komitmen kita untuk mendukung kesehatan mental melalui olahraga yang menyenangkan seperti Zumba," ungkap Prisia Nasution, Aktris dan Founder KPF.

Berbagai public figure juga turut hadir sebagai bintang tamu untuk memberikan dukungan dalam setiap rangkaian acara ZumbathonTM 2024 x KPF, diantaranya: Samuel Rizal dalam sesi Zumba® Kids dan Baim Wong dalam sesi Zumba® Gold bersama teman ODGJ, sedangkan untuk Zumba® Party diikuti oleh Donna Agnesia, Riana Bismarak, Aming, Aci Resti, dan Poppy Sovia bersama komunitas Main Cantik Indonesia.

Selain mengikuti berbagai rangkaian acara ZumbathonTM 2024 x KPF, para peserta yang hadir dapat menjajal berbagai booth yang diisi oleh beberapa merek yang mendukung acara ini; seperti Rocca Space, Marsgym, RS Mitra Keluarga, Yomas, Halevit, Chiara Zumbawear & Zumbawear Manado, dan Kalbe. Sementara itu beberapa merek yang juga turut mendukung acara ini adalah Kacang Dua Kelinci, Roti Romi, Sate Celup, Edha Mineral, Danone, Quindo Event, dan BeShirt.

Ayu Nakula, salah satu peserta ZumbathonTM 2024 x KPF, menyebutkan alasan dirinya turut berpartisipasi dalam kegiatan amal ini karena sadar permasalahan mental menjadi salah satu isu yang cukup sering dibicarakan.

“Sadar atau tidak stigma terhadap teman-teman ODGJ itu masih sangat kuat di masyarakat. Senang bisa berpartisipasi dalam kelas Zumba® yang menyenangkan ini. Semoga bisa membantu menyebarkan kepedulian terhadap teman-teman ODGJ, setidaknya untuk lingkungan terdekat saya dulu,” jelasnya.

Zumba® telah menjadi ruang untuk menari dengan musik dan berbagi kebahagiaan selama 25 tahun terakhir. Zumba® berkomitmen untuk mendorong gaya hidup yang lebih sehat baik untuk pikiran, tubuh, dan jiwa, Zumba® sangat memperhatikan aspek kesehatan mental. Jika tertarik untuk mempelajari Zumba® lebih lanjut, silakan kunjungi www.zumba.com.