10 Buah Ini Tidak Boleh Dicampur Menjadi Jus

Friday, 16 Jul | 15:14:51

LS Health

Penulis : LS Health

10 Buah Ini Tidak Boleh Dicampur Menjadi Jus

Foto: Website/idntimes

Menjaga kesehatan adalah sesuatu hal yang penting. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti berolahraga dan mengkonsumsi makan sehat.

Definisi dari makanan sehat sendiri biasa kita sebut dengan 4 sehat 5 sempurna. 

Buah merupakan bagian dari makanan sehat.

Manfaat dari buah ada banyak, diantaranya adalah memberikan asupan gizi yang sehat, mencegah obesitas, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit, dan melindungi fungsi organ tubuh.

Hal itu dikarenakan kandungan nutrisi yang terkandung pada buah.

Foto: Pixabay/diapicard

Cara mengkonsumsi buah dapat dilakukan dengan berbagai macam. Dari yang langsung dimakan utuh, dibuat kreasi seperti salad dan jus.

Ada yang berpikir, semakin banyak buah, semakin banyak kandungan tapi faktanya ada beberapa buah yang tidak bisa digabungkan dengan jus. 

Alasannya jika buah-buah ini dicampurkan dapat menyebabkan penyakit. 

1. Pepaya dan Lemon

Kedua buah ini memiliki banyak manfaat namun ada perbedaan diantara mereka. Pepaya mengandung banyak biji sehingga mampu memperlancar pencernaan, sedangkan lemon hadir dengan rasa masam yang khas untuk menurunkan berat badan dan mengatasi jerawat.

Jika kedua buah ini digabungkan akan berbahaya. Mereka dapat meningkatkan risiko anemia atau kekurangan sel darah merah dan berpengaruh pada tingkat hemoglobin yang ada di dalam darah. 

2. Pisang dan Jambu

Buah yang tergolong mudah ditemukan dan disukai banyak orang. Selain  sering berada di gerai buah, biasanya kedua buah ini dijadikan minuman kemasan dan pekarangan rumah.

Bahaya dari kombinasi dari kedua buah ini dapat meningkatkan resiko kadar keasaman pada darah sehingga menyebabkan rasa sakit kepala dan mual. 

Foto: Pixabay/liwanchun

3. Kelapa dan Mangga

Mangga jadi buah yang memiliki rasa manis dan mudah dijadikan bahan olahan seperti manisan dan rujakan. Buah kelapa juga sering dipakai untuk bahan makanan dan minuman segar yang mampu menambah imun.

Jika kedua buah ini digabungkan ternyata kurang cocok, dan memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Keduanya mampu memperlambat pembentukan glukosa sehingga memungkinkan terbentuknya toksin atau zat racun pada tubuh. 

4. Nanas dan jeruk

Buah yang dipercaya dapat menggugurkan kandungan pada ibu hamil dikenal dengan manfaat dari nanas.Selain itu, nanas dinilai menimbulkan perubahan pada aroma, dan kondisi vagina.

Faktanya, nanas bukanlah buah yang banyak dikonsumsi masyarakat. Nanas memang lebih nikmat jika disajikan dalam bentuk jus. Tapi akan berbahaya .jika dipadukan dengan buah jeruk.

Foto: Pixabay/pixel2013

Kandungan bromelin atau enzim pada nanas tidak cocok dengan jeruk. Kombinasi nanas dengan jeruk dapat menghasilkan 40 mg kalsium per sajian 100 gram ini sehingga kemungkinan muncul rasa sakit kelapa dan diare.

5. Alpukat dan Anggur

Salah satu buah yang memiliki rasa netral adalah Alpukat. Buah ini memiliki rasa yang mungkin aneh karena tidak terlalu manis ataupun masam. Beda halnya dengan anggur yang memiliki ciri rasa yang khas.

Perbedaan memang tidak sebaiknya bisa selalu disatukan. Kedua buah ini kita digabungkan menghasilkan sesuatu yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Ketika mengonsumsinya, tubuh menjadi sulit untuk mencernanya bahkan beresiko merusak hati.