5 Kandungan Telur yang Penting Bagi Tubuh

Jumat, 24 Desember 2021 | 02:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Kandungan Telur Yang Penting Bagi Tubuh

Ilustrasi telur. (Special)

Ladiestory.id - Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu. Makanan satu ini menjadi salah satu yang banyak dikonsumsi karena mengandung protein bergizi untuk kesehatan.

Bahkan hampir semua orang memiliki telur sebagai bahan makanan yang wajib ada di rumah. Selain mudah dimasak, telur juga memiliki nutrisi yang hampir menyerupai daging. Kira-kira apa saja ya kandungan telur?

5 Kandungan Telur yang Penting Bagi Tubuh

Dilansir dari Australian Eggs, kandungan telur sangatlah penting bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya.

1. Vitamin B2

Ilustrasi vitamin B2

Vitamin B2 juga dikenal sebagai riboflavin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Pasalnya tubuh manusia tidak menyimpan vitamin B2 ini. Sehingga sangat penting untuk mengonsumsi bahan makanan sumber riboflavin ini.

Manfaat vitamin ini untuk tubuh metabolisme energi, perkembangan sel darah merah, penglihatan, fungsi sistem saraf yang sehat, nutrisi antioksidan. Seseorang perlu mengonsumsi dua telur agar mencukupi asupan 24 persen kebutuhan vitamin B2 harian.

2. Vitamin E

Ilustrasi vitamin E. (Special)

Mengonsumsi dua telur sehari diketahui dapat menghasilkan 20 persen kadar kebutuhan vitamin E harian. Kandungan telur ini memiliki sifat antioksidan bermanfaat yang berperan dalam menjaga kesehatan.

Vitamin E mampu kesehatan jantung. Ini merujuk pada hasil penelitian yang menghubungkan vitamin E dengan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.

Selain itu, sebuah studi juga menemukan hubungan erat antara vitamin E dengan fungsi kekebalan tubuh, pencegahan kanker tertentu, pengurangan gangguan mata terkait usia, dan memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan.

3. Vitamin B12

Jika seseorang kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, pusing, sembelit, dan banyak lagi. Tubuh manusia tidak mampu membuat vitamin B12 sendiri.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. Satu porsi makanan yang terdiri dari dua telur diketahui dapat memenuhi 15 persen kebutuhan B12 harian.

4. Vitamin B5

Kandungan telur, meski hanya satu namun sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin B5 sebanyak kurang lebih 7%. Di dalam tubuh, vitamin ini akan membantu untuk membuat sel darah merah, memproduksi hormon yang berhubungan dengan seks dan stres, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

5. Vitamin A

 

Ilustrasi makanan yang mengandung vitamin A. (Special)

Mengonsumsi satu butir telur rebus bisa memenuhi rekomendasi konsumsi harian vitamin A sebanyak 6 persen. Vitamin A adalah kunci untuk memiliki mata yang sehat. Vitamin ini juga dapat menjaga sistem imun agar tetap sehat dan memfasilitasi pertumbuhan sel di tubuh.