4 Cara Jitu Menghilangkan Sifat Sombong Pada Diri Sendiri

Kamis, 5 Agustus 2021 | 04:42:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Cara Jitu Menghilangkan Sifat Sombong Pada Diri Sendiri

Foto: Ladiestory.id

Tidak ada manfaatnya bila kamu memiliki sifat sombong. Hal hal yang kamu sombongkan hanya akan kamu rasakan sendiri. Sedangkan orang lain malah melihat kamu sebagai seseorang yang memiliki sifat tidak baik.

Pada dasarnya, sifat sombong itu bermula dari tiga faktor yakni pikiran, ucapan, dan tindakan. Kamu mungkin tidak pernah berperilaku sombong, namun jika pada pikiran kamu kerap merasa lebih baik dari orang lain, itu berarti kamu telah dirasuki oleh sifat sombong.

Sombong merupakan salah satu sifat yang dibenci oleh semua agama. Sifat sombong juga bisa menjadikan kita di jauhi oleh orang-orang terdekat maupun sekitar kita. Tidak ada orang yang suka dengan sifat orang yang sombong.

Sifat sombong kerap beranggapan bila orang lain lebih rendah dari pada dirinya sendiri. Kamu mesti tahu cara mendidik anak yang benar supaya terjauhkan dari sifat sombong.

Kadang kadang manusia tak puas dengan apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Mereka terkadang iri dengan sesama manusia. Tanpa kita sadari, apa yang sudah Allah berikan tersebut hanyalah titipan semata.

Sifat ini akan menggiring manusia memiliki sifat yang menyombongkan diri. Tetapi tidak perlu risau sebab telah terdapat cara menghilangkan sifat sombong pada diri sendiri. Mari kita simak ulasan berikut.

1. Akui Kekurangan Kamu

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Kamu mesti mengakui kekurangan yang ada pada diri kamu. Bila kamu menyadari banyak kelemahan yang kamu punya. Percayalah kamu tidak mempunyai apa-apa guna di sombongkan. Ciri-ciri teman yang baik dan tulus yaitu sering mengingatkan kamu jika kamu tengah berperilaku sombong kepada orang lain.

Bila kamu tidak tahu kekuranganmu, kamu dapat berunding dengan sahabat maupun anggota keluarga kamu. Sebab dengan pendapat orang terdekat kamu dapat mempunyai info yang akurat.

2. Sejajarkan Diri dengan Orang Lain

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Merasa lebih baik dari orang lain adalah awal dari timbulnya sifat sombong. Oleh sebab itu guna memusnahkan sifat sombong yang kamu punya, tempatkan diri selalu sejajar dengan orang lain. Tidak ada perbedaan di antara kamu dengan orang lain.

Arti dari pepatah “duduk sama rendah, berdiri sama tinggi” mesti kamu pahami dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun kamu seorang direktur, jangan tempatkan diri kamu terlalu jauh di atas para bawahan.

Seorang direktur yang baik pada semua bawahan tentu lebih disukai daripada direktur yang selalu menjaga jarak.

3. Perbanyak Beribadah

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Beribadah merupakan salah satu cara dalam menenangkan hati. Mendekatkan diri kepada sang Kuasa bisa menjadikan hati kamu tenang dan tidak gelisah. Meminta pertolongan kepada yang mempunyai kekuatan di atas kekuatan manusia perlu kamu lakukan.

Cara menenangkan hati dan pikiran ketika terdapat masalah yaitu dengan beribadah. Kadang kadang kesombongan atau berperilaku sombong terjadi sebab kita memiliki kekurangan. Memiliki masalah yang tidak bisa diceritakan. Sehingga mengalihkan perhatian orang lain dibanding masalah kamu dengan bersifat buruk. Tanpa disadari kamu melakukan hal-hal yang jauh dari sifat baik.

4. Berhenti Memikirkan Kelebihan Diri

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Kamu boleh bangga terhadap kelebihan yang Tuhan berikan kepada diri kamu. Namun jangan terus menerus memikirkan kelebihan tersebut. Kebiasaan inilah yang setelahnya akan menimbulkan sifat sombong.

Sebab itu, sehebat apa pun kamu pada suatu bidang biarlah orang lain yang menilai. Bukan diri kamu sendiri yang menilai. Saat sebuah kelebihan dinilai oleh diri sendiri, yang ada hanyalah rasa sombong.

Jangan sampai kita bersifat sombong ya. Mari kita hilangkan sifat sombong yang ada pada diri kita.