4 Efek Samping Makan Sebelum Olahraga yang Harus Diketahui

Selasa, 24 Agustus 2021 | 06:07:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

4 Efek Samping Makan Sebelum Olahraga yang Harus Diketahui

Foto: Ladiestory.id

Sebuah pernyataan yang muncul mengenai adanya makanan bisa dikonsumsi sebelum olahraga. Selain itu, kita perlu memperhatikan mengenai makanan yang dikonsumsi.

Bahkan ada yang beranggapan jika makan sebelum olahraga dapat berakibat dengan rasa mual dan muntah-muntah saat berolahraga.

Apakah Boleh Makan Sebelum Olahraga?

Namun, beberapa ahli diet olahraga beranggapan dengan jika makan makanan sebelum berolahraga baik untuk kesehatan tubuh berkaitan memilih makanan yang tepat dan sesuai. 

Namun disisi lain, ketika kita tidak mengisi bahan bakar tubuh dengan tepat ketika tubuh akan melakukan kegiatan berat. Secara tidak langsung. ada efek samping terburuk yakni mual dan masalah pencernaan.

Selain ini adalah beberapa cara dan alasan yang jelas mengenai kemungkinan ketika mengalami efek samping dari makan sebelum berolahraga.

1. Tentukan dengan pasti waktu makan yang tepat sehingga tidak mengalami efek samping

Foto: Ladiestory.id

 

Sebuah pernyataan dan eksperimen dalam menemukan waktu terbaik dan menentukan makanan yang paling cocok sebagai makanan pra latihan. Sesuatu yang dilakukan secara konsisten mengalami masalah pencernaan selama latihan sore.

Bukan hanya itu, cobalah makan siang satu jam lebih awal atau makan siang yang lebih kecil sebelum latihan dan kemudian camilan bergizi setelah sesi latihan.

2. Usahakan dalam menghindari jenis makanan yang sifatnya kering dan berminyak

Foto: Ladiestory.id

 

Ketika ada yang sedang mengalami masalah pencernaan, seperti mual atau diare, selama berolahraga, salah satu kemungkinan yang menyebabkan hal itu adalah memakan jenis makanan yang salah atau terlalu banyak makanan seperti goreng dan berminyak sebelum sesi latihan.

Beberapa contoh yang dilakukan namun perlu dihindari ketika sebelum olahraga harus 'menghindari' makanan yang digoreng atau berminyak, krim kental atau saus mentega, daging tinggi lemak, kacang-kacangan atau polong-polongan, dan biji-bijian berserat tinggi.  Namun, ketika seseorang cenderung memiliki berbagai masalah pencernaan.

3. Mencoba menggantikan makan dengan makanan sebagai gantinya

Foto: Ladiestory.id

 

Selain itu, berbagai jenis makanan perlu dipilih dengan ketika ingin dikonsumsi sebelum berolahraga. Mulailah dengan memilih makanan yang ringan dan memberi energi pada tubuh sedangkan jika melakukan latihan ringan, maka mulailah dengan makan sedikit saja supaya memberikan energi

Beberapa contoh yang bisa dipilih adalah pretzel, granola bar, buah kering, bagel, atau pisang akan menjadi pilihan yang baik untuk dimakan dalam satu atau dua jam menjelang sesi latihan.

Selain itu, saat berolahraga yang terbaik adalah memilih makanan yang menyediakan sumber karbohidrat yang baik dan rendah serat dan lemak.

4. Masalah pencernaan selama latihan karena terlalu banyak makan

Foto: Ladiestory.id

 

Tidak hanya itu, memilih cemilan ringan sebelum berolahraga sehingga menghindari mual atau masalah perut saat berolahraga. Setiap orang sangat bervariasi dalam toleransi terhadap makanan di perut selama berolahraga. Selain itu, makan terlalu banyak makanan mendekati sesi latihan dapat mengakibatkan masalah pencernaan.

Berita Terkait