4 Tanaman Buah Yang Cocok #Dirumahsaja

Jumat, 13 Agustus 2021 | 05:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

4 Tanaman Buah Yang Cocok #Dirumahsaja

Foto: website/dekoruma

Hobi berkebun di masa ini sedang banyak dilakukan beberapa orang. Tanaman tidak hanya bunga, sayur tapi ada juga tanaman buah. Berkebun atau menanam buah membantu membuat tempat tinggal menjadi lebih rapi, memperasri halaman dan memenuhi kebutuhan buah gratis. Kegiatan ini memberikan hiburan dan manfaat secara hasil panen. 

Daftar Tanaman Buah yang Bisa Ditanam di Rumah

Keuntungan dari berkebun di rumah atau pekarangan, kita lebih mudah dan tidak memerlukan lahan yang besar. Selain itu, kita bisa langsung mengkonsumsi buah tanpa harus ke pasar. Cukup memetiknya sewaktu-waktu apalagi jika sudah masak langsung dari pohonnya.

Bagi kota besar, keterbatasan lahan sering menjadi masalah bahkan alasan yang lumrah terjadi ketika ingin berkebun. Namun,  rumah dengan halaman kecil atau bahkan jika tidak memiliki taman di rumah bukanlah halangan untuk berkebun ada  tanaman pot sebagai solusinya.

Foto: website/bibitonline

 

Faktanya, tanaman yang ditanam di dalam pot tidak terkhusus untuk tanaman hias,tapi ada tanaman berbuah. Tanaman buah dalam pot disebut dengan tabulampot. Hal ini yang dijadikan alasan untuk memanen buah segar dari kebun mini atau dalam rumah.

Berkebun jadi sebuah kepuasan tersendiri jika kita menikmati sejak  penanaman hingga pemanenan dengan ketelatenan, kesabaran dalam merawat dan memelihara tanaman.

Kemudahan melakukan budidaya aneka jenis tanaman buah bisa dilakukan dengan mudah. Saat ini, tidak harus memiliki kebun dengan luas berhektar-hektar. Sebagai contoh, halaman rumah yang luasnya kurang satu hektar dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Foto: website/popbela.com


Menanam aneka jenis buah-buahan merupakan salah satu cara yang bermanfaat untuk memaksimalkan lahan pekarangan. Namun, perlu diketahui, jika tidak semua buah bisa ditanaman pada pekarangan rumah. Sebelum memulai, pastikan jika memilih tanaman buah yang tepat dan tak merepotkan, tapi tetap memberikan hasil panen yang melimpah.

1. Jambu

Buah ini banyak disukai karena memiliki rasa yang nikmat. Hal ini yang membuat banyak orang tertarik menanam di pekarangan rumah. Selain itu, tanaman buah ini dapat tumbuh dengan baik di tanah yang tingkat kesuburannya baik, gembur dan tidak terlalu asam. Jambu air dapat ditanam di pot tanpa membutuhkan lahan yang cukup luas.

2. Belimbing

Salah satu jenis buah yang dapat dikatakan mandiri karena tidak rumit dalam penanamannya. Langkah yang diperlukan sebagai media tanam adalah pot yang besar. Ketika ingin memindahkan bibit perlu adanya kehati-hatian. Dalam pemberian bibir juga perlu dilakukan secara berkala tapi tidak berlebihan ketika menyiramnya. 

Foto: pixabay.com/sarangib

3. Lemon

Bentuk dari tanaman lemon berupa semak besar atau pohon kecil. Ketika kita menggunakan pot tanah liat yang berpori dapat mengeluarkan air dari sisi-sisinya. Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena lemon kurang suka terendam air. Selain itu, pohon lemon terkena sinar matahari langsung namun harus terlindungi dari angin yang kencang. Lemon dapat berkembang biak dengan mencangkok pohon sehingga memperoleh lebih dari satu varietas citrus berawal dari satu pohon.

4. Kelengkeng

Ketika ingin menanam buah ini perlu sediakan pekarangan yang cukup luas. Namun pohon kelengkeng mudah dan bisa ditanam secara langsung. Jika tidak kesulitan menemukan lahan besar, tanam kelengkeng dengan  media pot. Merawat tanaman kelengkeng tidaklah rumit dan cukup standar, kita hanya perlu membersihkan rumput atau semak yang tumbuh di dekatnya. Setelah satu bulan, usahakan untuk rutin melakukan pemupukan kembali.