5 Cara Bersihkan Plak Gigi Secara Alami

Rabu, 3 Agustus 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Cara Bersihkan Plak Gigi Secara Alami

Ilustrasi memiliki gigi dan gusi yang sehat. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu yang membuat gigi dan gusi menjadi rusak adalah plak. Plak gigi nampak lapisan tipis berwarna putih kekuningan. Biasanya, plak berada di antara gigi atau berada di batasan antara gigi dan gusi.

Kondisi ini tentunya menganggu penampilan. Pasalnya, saat tersenyum akan terlihat dengan jelas plak gigi yang menempel. Diketahui, plak gigi ini disebabkan dari sisa makanan yang tertinggal dan menempel di celah gigi.

Sehingga, saat seseorang tidak rajin gosok gigi, kemungkinan besar ia akan memiliki plak gigi. Jika dibiarkan, plak gigi akan mengeras dan terbentuk karang gigi. Kondisi ini mampu merusak jaringan gigi hingga gusi. Jika sudah terlanjur memiliki plak gigi, jangan khawatir! Pasalnya, ada 5 cara alami untuk membersihkan plak gigi.

Gosok Gigi

Ilustrasi gosok gigi. (Special)

Gosok gigi menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan setiap orang. Pasalnya, salah satu manfaat menggosok gigi, yakni demi kesehatan pula. Jika kamu tidak ingin ada plak atau karang, sebaiknya rutinlah menggosok gigi. Setidaknya, kamu harus gosok gigi dua kali dalam sehari agar plak itu hilang.

Kemudian, disarankan menggosok gigi selama dua menit. Untuk menghindari adanya plak, Kamu bisa menggunakan jenis sikat gigi yang halus. Sementara Heathline menyarankan, sikat gigi harus diganti dalam waktu tiga hingga empat bulan. Pasalnya, sikat gigi yang digunakan dalam jangka waktu lama akan membuat bulu-bulu sikat tidak rapi.

Kalau pun kamu menggunakan sikat gigi elektrik, hal itu justru lebih baik. Pasalnya, jenis sikat gigi ini juga mampu membantu menghilangkan plak. Namun, memang sikat gigi elektrik dinilai lebih efisien. Terbukti dari penelitian Cochrane Journal, sikat gigi elektrik mampu mengurangi plak 21 persen dibanding sikat gigi biasa.

Berkumur dengan Obat Kumur

Foto: https://hellosehat.com

Salah satu cara menghilangkan plak secara alami, yakni menggunakan obat kumur untuk berkumur. Diketahui, obat kumur memiliki kandungan antiseptik.

Kandungan ini mampu membunuh bakteri yang ada di lidah dan gigi. Dianjurkan untuk menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan cetylpyridinium chloride, fluoride, atau peroxide. Pasalnya, keempat kandungan ini berfungsi untuk mencegah dan membersihkan plak.  

Meski ingin mendapat hasil yang maskimal, sebaiknya jangan menggunakan obat kumur tiap hari. Pasalnya, kandungan antiseptik dapat merusak keseimbangan flora yang seharusnya normal di dalam mulut.

Gosok Gigi dengan Benang

Dental Floss. (Special)

Pernah mendengar orang zaman dahulu menggosok gigi dengan benang? Ya, cara tersebut pun masih bisa dilakukan hingga sekarang. Di dunia medis, cara ini dikenal dengan benang gigi atau dental floss. Menggosok gigi dengan benang menjadi salah satu cara menghilangkan plak gigi.

Sama halnya seperti obat kumur, menggosok gigi dengan benang tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Kamu bisa menggunakan dental floss satu kali per hari.

Gunakan Soda Kue

Anak sikat gigi. (Special)

Soda kue berfungsi untuk membuat roti menjadi mengembang. Mengejutkannya, soda kue juga menjadi bahan alami untuk menghilangkan plak gigi. Namun, yang dimaksud pada poin ini bukan soda kue untuk bahan membuat roti. Tapi pasta gigi yang mengandung soda kue.

Hal tersebut telah tercatat di Journal of Clinical Dentistry 2008. Jurnal tersebut diteliti oleh para ahli dari University Park Research Center. Penelitian tersebut menuliskan, pasta gigi yang mengandung soda kue terbutki efektif mengurangi plak gigi.

Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Permen Karet (Special)

Siapa yang suka dengan permen karet? Mengunyah permen karet menjadi sebuah kebiasaan bagi beberapa orang. Dengan berbagai alasan, mereka gemar mengunyah permen karet setiap hari. Dikabarkan, mengunyah permen karet mampu menguatkan jantung.

Selain itu, mengunyah permen karet mampu menjadi salah satu cara menghilangkan plak gigi secara alami. Namun, kamu harus mengunyah permen karet yang tidak memiliki kandungan gula. Mengunyah permen karet mampu membuat gigi bersih dari sisa makanan. Selain itu permen karet mampu mengembalikan mineral gigi yang hilang dan menetralkan pH mulut.

s