5 Cara Melakukan Dopamine Detox, untuk Hindari Kecanduan Media Sosial

Selasa, 11 Oktober 2022 | 18:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Melakukan Dopamine Detox, Untuk Hindari Kecanduan Media Sosial

Ilustrasi Dopamine Detox. (Special)

Ladiestory.id - Berkembangnya teknologi digital membantu manusia semakin mudah dalam melakukan akses informasi dari berbagai sumber. Namun kenyataannya, kemudahan ini justru menuntun kamu ke jurang kecanduan sosial media. Hal ini juga membuat manusia menjadi malas beraktivitas dan lebih menyukai menghabiskan waktunya di depan layar dengan scrolling media sosial yang tidak ada habisnya.

Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, sebagian besar masyarakat menyentuh layar handphone sebanyak 2.617 kali perhari. Angka ini diperkirakan juga akan mengalami peningkatan sejalan dengan pengembangan kemudahan teknologi dan akses informasi yang terus terjadi. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba mengurangi kecanduan sosial media atau dopamine detox, yuk simak lima cara dopamine detox berikut.

Atur Jadwal Penggunaan

Ilustrasi Jam Digital (Special)

 

Ketika kamu mulai menyadari bahwa kecanduan media sosial begitu mengganggu, kamu perlu menerapkan langkah pertama yang efektif. Hal tersebut berupa mengatur jadwal penggunaan gadget untuk mengakses sosial media. Misalnya, untuk mengakses sosial media hanya diperbolehkan setelah pukul 17.00 ketika selesai bekerja atau beraktivitas. Selain itu, kamu juga bisa membuat aturan seperti maksimal mengakses media sosial selama 2 jam sehari. Coba lakukan secara 30 hari berturut-turut dan buatlah lembar checklist untuk membantumu men-tracking gerakan perubahan ini. 

Berikan Punishment Ketika Kamu Melanggar Jadwal

Ilustrasi Olahraga Push Up. (Special)

 

Setelah berkomitmen untuk memulai perubahan dengan membuat jadwal penggunaannya, kamu juga memerlukan pemberlakukan punishment ketika dirimu melanggar aturan tersebut. Misalnya, kamu hanya memiliki 2 jam untuk memainkan gadget, namun kamu melakukannya hingga melebihi aturan waktu. Maka, kamu harus melakukan hukuman yang produktif seperti push up atau sit up. Kamu juga bisa membuat alarm melalui aplikasi sosial media favoritmu dengan mengatur waktu bermain atau aturan waktu layar.

Alihkan Keinginan Bermain Media Sosial ke Kegiatan Lain

Ilustrasi berkebun. (Special)

 

Bagi pecandu sosial media, pasti merasakan kesulitan untuk mencoba produktif. Sebab, merasa seluruh kebahagian dan hiburan hanya tersimpan dalam layar handphone. Hal tersebut tentu akan membuat tubuh menjadi lemas dan malas melakukan gerakan fisik. Mulailah untuk mencoba mengalihkan keinginan bermain media sosialmu ke kegiatan lain, seperti memasak, membersihkan rumah, menata pakaian atau belajar menanam tumbuhan. Sehingga, perlahan rasa candumu akan terganti dengan kegiatan yang lebih produktif dan membuat otakmu aktif berkreasi.

Matikan Notifikasi Media Sosial  di Luar Waktu Santai

Ilustrasi Dopamine Detox. (Special)

 

Terlalu sering membuka media sosial tentu akan membuatmu tanpa sadar mengalami kecanduan. Bahkan, ketika belajar atau bekerja sering kali kamu terganggu dan tergoda untuk mengecek notifikasi terbaru. Hal itu akan sangat terasa ketika kamu baru saja memposting foto atau video terbaru di akun media sosial pribadimu. Perilaku semacam ini tentu akan memberikan dampak buruk dan mengganggu tingkat produktivitas dalam melakukan kegiatan. Selain itu, rasa kecanduan akan meningkat seiring tingkat penasaran yang semakin tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu mematikan notifikasi pada lama pengaturan ketika jam kerja atau belajar. Sehingga, kamu lebih fokus dan menyelesaikan kegiatanmu dengan maksimal.

Hapus  Aplikasi yang Membuat Candu

Ilustrasi Dopamine Detox. (Special)

 

Ketika berbagai cara dilakukan belum memberikan hasil maksimal, kamu perlu mencoba menghapus aplikasi yang membuatmu candu. Tentu saja hal tersebut akan terasa berat di awal. Namun, kamu perlu menyakinkan diri untuk bisa sembuh dari rasa kecanduan media sosial. Selain itu, menghapus aplikasi akan membantu kamu terhindar dari rasa penasaran, khawatir, dan mampu menumbuhkan tingkat fokus dalam melakukan kegiatan. Paling penting, menghapus aplikasi yang membuat candu akan membiasakan kamu untuk tidak terpaku pada gadget saja dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Itulah 5 cara dopamine detox, yang akan membantu terhindar dari kecanduan media sosial. Selamat mencoba dan semangat, Ladies!