5 Cara Mencegah Penyakit Cacingan Pada Anak

Selasa, 30 Agustus 2022 | 09:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Cara Mencegah Penyakit Cacingan Pada Anak

Ilustrasi Mencegah Anak Cacingan. (Pinterest)

Ladiestory.id - Cacingan merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit akibat cacing yang tumbuh dan berkembang biak pada tubuh anak. Cacingan juga rentan dialami oleh anak-anak. penyebab anak mengalami cacingan bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kotor.

Bisa terjadi juga ketika anak tidak sengaja menelan atau menjilati area tangannya yang tanpa disadari permukaan kulit yang kotor dan timbulnya parasit. Penyakit cacingan juga bisa menyebabkan gejala serius seperti kekurangan gizi, anemia, menurunnya berat badan, pendarahan usus hingga menurunnya kekebalan tubuh. Maka dari itu, agar anak terhindar dari cacingan juga bisa dilakukan dengan 5 cara berikut ini.

Perhatikan Lingkungan Bermain Anak

Perhatikan Lingkungan Bermain Anak. (Pinterest)

 

Anak-anak kerap melakukan aktivitas bebas yang mereka senangi, tanpa disadari jika orang tua lengah maka anak pun bisa melakukan apa saja yang bisa menularkan beragam penyakit. Misalnya, jika anak sering melakukan aktivitas di luar ruangan, mereka akan semakin aktif untuk mencari tahu lingkungan sekitarnya tanpa mengetahui area yang mungkin bisa saja berbahaya bagi kesehatannya. Anak akan mudah bermain di area yang kotor, berdebu hingga tempat-tempat yang rawan menimbulkan penyakit. Maka dari itu, selalu perhatikan lingkungan dan kebersihan sekitar anak dalam melakukan pergerakan atau aktivitasnya, baik di dalam maupun di luar ruangan sekalipun.

Perhatikan Kebersihan Tubuh Anak

Perhatikan Kebersihan Tubuh Anak. (Pinterest)

 

Sebagai orang tua juga perlu perhatian ekstra terhadap anak. Salah satunya dengan memerhatikan kebersihan tubuh anak. Lakukan kebiasaan hidup bersih dan sehat kepada anak, mulai dari mencuci tangan sebelum makan, mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, rutin menggosok gigi sebelum tidur, rutin memotong kuku tangan dan kaki, menggunakan alas kaki saat berada diluar rumah. perhatikan pula kebersihan pakaian, tempat tidur dan juga dirinya agar terhindar dari bakteri dan parasit yang mengintai.

Perhatikan Kebersihan Makanan dan Minuman

Perhatikan Kebersihan Makanan dan Minuman (Pinterest)

 

Selain kebersihan tubuh anak, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kesehatan akan makanan dan minuman pada anak. Sebelum dimakan, sebaiknya cuci dengan bersih sayuran dan buah-buahan dan pastikan makanan mentah juga dimasak matang dengan sempurna. Perhatikan juga kebersihan ruang makan dan peralatan makan anak agar terhindar dari kotoran dan parasit. Perhatikan juga gizi, nutrisi dan vitamin pada makanan dan minuman anak untuk terhindar dari gejala cacingan.

Perhatikan Kebersihan Rumah

Perhatikan Kebersihan Rumah (Pinterest)

 

Rumah adalah tempat beristirahat dan tempat melakukan aktivitas terbaik yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Maka tak jarang penyebaran penyakit pun juga bisa ditularkan oleh kebiasaan hidup atau mobilitas yang dilakukan oleh keluarga sehari-harinya. Tanpa disadari, orang terdekat pun bisa menularkan penyakit kepada anggota keluarga tercinta lainnya.

Coba perhatikan kembali kondisi kebersihan dan kerapian rumah, mulai dari tempat tidur, tempat kerja, hingga kamar mandi yang bisa digunakan secara bersama-sama oleh keluarga. Kamar mandi juga menjadi salah satu tempat paling mudah untuk parasit berkembang biak. Maka dari itu, tetap bersihkan area kamar mandi, khususnya pispot atau toilet duduk dengan pembersih khusus untuk mengurangi penyebaran parasit berkembang biak.

Konsumsi Obat Cacing

Konsumsi Obat Cacing. (Pinterest)

 

Anak-anak juga dianjurkan untuk mengonsumsi obat cacing selama enam bulan sekali, tanpa terkecuali. Orang tua atau orang dewasa juga boleh mengonsumsi obat cacing agar anggota keluarga terhindar dari gejala cacingan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Maka dari itu, pastikan agar anak-anak dan keluarga tetap rutin mengonsumsi obat cacing untuk terhindar dari parasit dan penyakit cacingan ya?