5 Cara Menurunkan Kecemasan Yang Dapat Dilakukan Sendiri

Jumat, 20 Agustus 2021 | 00:02:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Cara Menurunkan Kecemasan Yang Dapat Dilakukan Sendiri

Foto: Ladiestory.id

Kata dasar kecemasan adalah cemas yang merupakan suatu bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman, rasa takut, atau gelisah.

Semua orang pernah merasakan cemas dan merupakan hal yang wajar atas respon ketika mengalami stres. Ataupun kecemasan dapat muncul ketika Anda sedang menunggu sesuatu, seperti menunggu kedatangan orang, menunggu pengumuman lomba, dan sebagainya.

Sesekali muncul rasa cemas merupakan hal yang wajar. Namun perlu diperhatikan jika rasa cemas sering muncul tanpa alasan yang jelas.

Bahkan hati-hati jika kecemasan berlebihan hingga sulit diredam. Bisa jadi Anda sudah mengalami gangguan kecemasan.

Cara Menurunkan Kecemasan 

Pada dasarnya, ada beberapa gangguan kecemasan yang dapat dialami. Diantaranya, kecemasan menyeluruh, serangan panik, hingga fobia.

Selain itu, gejala gangguan kecemasan dapat timbul seperti merasa gugup, selalu merasa akan ada bahaya, detak jantung menjadi meningkat, gemetaran, berkeringat, bernapas dengan cepat dan yang lainnya.

Penanganan kecemasan dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat ataupun pergi ke psikoterapi. Namun disamping itu, sebenarnya ada beberapa cara menurunkan kecemasan yang dapat dilakukan dari diri sendiri.

 

1. Mengatur Pernapasan

Foto: Ladiestory.id

 

Cara menurunkan kecemasan yang paling pertama dapat dilakukan adalah mengatur pernapasan. Anda dapat menarik napas panjang selama lima detik, dan kemudian tahan selama lima detik, kemudian hembuskan secara perlahan-lahan selama lima detik pula. Anda dapat mengatur pernapasan ini selama beberapa kali hingga pikiran lebih tenang.

Sebab cara ini dapat membantu tubuh untuk mengaktifkan respons relaksasi tubuh, sehingga stres dan kecemasan yang Anda rasakan dapat berkurang. Bahkan Anda bisa berlatih pernapasan ini setiap hari yang berfungsi untuk melepaskan pikiran yang mengganggu.

2. Mengurangi Kafein dan Alkohol

Agar menurunkan kecemasan, Anda dapat mengurangi mengonsumsi kafein dan alcohol. Memang kedua ini dapat memberi efek rileks namun dalam jangka waktu pendek. Sedangkan jika dikonsumsi secara berlebihan, justru akan menimbulkan kecemasan berlebihan pula.

Gejala kecemasan akan diperburuk dengan mengonsumsi kafein meski dalam berbagai bentuk seperti dalam berkopi, cokelat, maupun teh. Pasalnya beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi dan teh dapat membuat seseorang merasa lebih gelisah dan sulit berkonsentrasi. Jangan sampai Anda mengonsumsi kafein lebih dari 2 gelas per hari.

3. Rajin Olahraga

Foto: Ladiestory.id

 

Selanjutnya cara menurunkan kecemasan dapat dilakukan dengan rutin berolahraga. Sebab dengan olahraga, akan meningkatkan positif vibes dan suasana hati yang senang. Bahkan seorang peneliti menunjukan bahwa melakukan olahraga dengan teratur dapat menghilangkan gejala depresi.

Dengan berolahraga akan meningkatkan produksi endorfin sehingga dapat mengurangi rasa sakit serta memicu perasaan tenang, senang serta bahagia.

Tak perlu melakukan olahraga berat, Anda cukup berolahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, ataupun berenang. Selain itu, usahakan terkena sinar matahari ketika sedang berolahraga. Jika Anda kurang mendapat sinar matahari maka akan berpengaruh pada kecemasan berlebihan

4. Tidur Cukup

Salah satu gejala kecemasan adalah sulit tidur dan rasa cemas akan sering muncul jika Anda memiliki permasalahan dalam tidur. Sebab, tubuh membutuhkan istirahat saat mengalami stres. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai mencoba merubah pola tidur.

Mulai dari menyingkirkan hal-hal yang mengganggu kualitas tidur seperti handphone ataupun lemburan kerjaan dan tugas. Anda harus mencukupi kebutuhan tidur setidaknya 7 jam dalam sehari.

Untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman, Anda bisa mematikan lampu kamar atau menggunakan aromaterapi.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Foto: Ladiestory.id

 

Pernahkan Anda merasa kesal jika telat makan? Hal itu merupakan hal yang wajar sebab kadar gula darah yang rendah karena terlambat makan dapat menyebabkan seseorang lebih mudah emosi dan cemas.

Tak hanya itu, namun jika tubuh Anda mengalami dehidrasi maka akan membuat jantung berdetak lebih cepat hingga meningkatkan rasa kecemasan berlebihan.

Untuk menurunkan kecemasan, Anda bisa mengonsumsi gula dan karbohidrat. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin B. Sebab jika tubuh Anda kekurangan vitamin B maka akan memicu terjadinya kecemasan.

Inilah 5 cara menurunkan kecemasan yang dapat dilakukan sendiri. Namun apabila kelima cara ini sudah dilakukan namun tidak ada perubahan, maka Anda harus pergi ke psikoterapi untuk mendapat penangan dari ahlinya.