5 Cara Mudah Hilangkan Bau Badan untuk Kamu yang Suka Berkeringat

Rabu, 25 Agustus 2021 | 06:46:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Cara  Mudah Hilangkan Bau Badan untuk Kamu yang Suka Berkeringat

Foto: Ladiestory.id

Bau badan seringkali menjadi sesuatu hal yang membuat kita merasa kurang percaya diri. Selain itu, bau badan terkadang terasa meresahkan bagi beberapa orang. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau badan sehingga baunya tidak balik lagi.

Mengapa Bisa Bau Badan?

Bau badan merupakan masalah yang dialami cukup banyak orang khususnya mereka yang berada di kota dengan tingkat kepanasan dan polusi yang lebih tinggi dibanding daerah lain.

Bagaiman Cara Menghilangkan Bau Badan?

Caption

 

Terkadang, masalah bau badan menyebabkan rasa percaya diri menjadi buruk dan berkurang sehingga membatasi aktivitas kita sehari-hari. Namun tak perlu berkecil hati ketika mengalami masalah inii, karena bau badan bisa hilang secara permanen, lho!

1. Sabun Antibakteri

Foto: Ladiestory.id

 

Ini adalah salah satu langkah atau pertolongan pertama dengan membunuh kuman yang bersarang di tubuh. Bau badan dapat disebabkan oleh kumpulan mikroorganisme kulit. Selain itu, mikroorganisme dapat menimbulkan gatal-gatal yang tidak tertahankan.

Dampaknya kulit lecet dan terlihat seperti ruam. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan sabun anti bakteri yang bisa kamu temukan di toko obat atau toserba terdekat.

Sifat antiseptik ini dapat dengan mudah membunuh kuman dan menyegarkan badan. Selain itu, mulailah dengan rutin menggunakan sabun setiap setiap hari, dua kali sehari saat mandi.

2. Hindari Membiarkan Badan Basah Lama-Lama

Foto: Ladiestory.id

 

Langsung keringkan badan setelah mandi, hindari badan basah untuk waktu yang lama. Faktanya air yang mengendap pada bagian tubuh dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Jamur tidak hanya akan menjadi penyebab bau badan, tetapi penyakit kulit seperti panu dan ruam. 

Jamur kulit susah diobati karena dapat tumbuh lagi sekali dibiarkan. Jadi, penting untuk memastikan jika sehabis mandi badanmu sudah betul-betul kering sebelum memakai baju, ya!

Namun jika jamur yang sudah terlanjur tumbuh, kamu bisa atasi dengan obat anti jamur saat rutin olahraga kemudian dapat bergerak sehingga produksi keringat

3.Membakar lemak secara maksimal

Ketika berolahraga secara tidak langsung,  tubuh bergerak aktif dan memproduksi keringat. Bedanya denga keringat biasanya, kegiatan olahraga mengeluarkan keringat baik.

Keringat baik adalah pembakaran lemak yang dibuang oleh tubuh kita. Selain itu, keringat baik biasanya lebih encer sehingga tidak akan tersumbat. Apabila sedang diproduksi, keringat baik dapat mendorong gumpalan minyak yang menyumbat kelenjar dan pori-pori kulit.

4. Rajin Mencuci Baju dengan Teratur

Foto: Ladiestory.id

 

Ketika merasa jika mengalami problem bau badan, mulailah dengan rutin mencuci pakaian, ya. Kuman bukan hanya menempel pada tubuh kita, namun baju dan celana yang kita gunakan. Bahayanya jika tidak diberantas, kuman-kuman akan berkembang biak dan menjadi sumber bau yang tidak diinginkan.

Bukan hanya itu, menggunakan baju yang sudah dipakai maksimal 2 kali saja, setelah itu cuci sampai bersih. Sedangkan untuk pakaian dalam, gantilah setiap hari karena kondisi yang lebih lembap dibandingkan dengan pakaian lainnya

5. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Badan

Ketika belum bisa menjaga pola makan dengan baik, mulailah dengan mengontrol asupan makanan sehari-hari, mulai lah sedikit demi sedikit. Selain itu, kurangi beberapa bahan makanan yang dapat menyebabkan bau badan seperti pantangan. Namun ketika sudah terbiasa, hindari secara total.

Berita Terkait