5 Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan Untuk Jaga Kesehatan Anak

Rabu, 17 Januari 2024 | 17:42:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Cara Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Jaga Kesehatan Anak

Orang Tua dan Anak. (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Ladiestory.id - Menjaga kesehatan anak merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh orang tua demi tumbuh kembang yang optimal. Jika anak sehat, tumbuh kembangnya optimal, maka akan menjadi sebuah kebanggaan sendiri bagi orang tuanya.

Untuk menjaga kesehatan anak, yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan memberinya asupan yang bergizi. Namun, orang tua juga harus menanamkan pola makan sehat untuk anak.

Berikut 5 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak.

Biasakan Untuk Sarapan Bergizi Seimbang

Ilustrasi Anak Sarapan Makanan Bergizi. (Pexels.com/Alex Green)

 

Membiasakan anak untuk sarapan di pagi hari, maka anak akan menjadi lebih berenergi dan bersemangat dalam melakukan aktivitasnya. Sebab saat tidur malam, tubuh tidak mendapat asupan makanan selama kurang lebih 8-12 jam. 

Selain itu, manfaat sarapan pagi dapat membantu menjaga berat badan anak dan membuat konsentrasi menjadi lebih baik, serta dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya juga dapat melindunginya dari berbagai penyakit. 

Usahakan anak sarapan dengan makanan bergizi seimbang, yaitu protein dan lemak (daging, ayam, ikan, telur), karbohidrat (nasi, roti), vitamin dan mineral (sayuran, buah, kacang-kacangan), dan susu. 

Tanamkan Pola Makan Sehat

Ilustrasi Anak Makan Makanan Bergizi. (Pexels.com/Alex Green)

 

Untuk mendukung masa pertumbuhan, maka orang tua sangat berperan untuk menanamkan kepada anak bahwa makan makanan sehat dan minum air mineral yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan contoh pada anak dengan menjadi orang tua yang juga selalu makan makanan sehat dan minum air mineral. Biasakan anak untuk tidak mengonsumsi makanan dan jajanan sembarangan.

Ajak Anak Lakukan Aktivitas Fisik

Ilustrasi Anak. (Pexels.com/Allan Mas)

 

Aktivitas fisik pada anak juga merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik serta psikis seorang anak. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat membantu mengatur emosi anak. 

Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan kepadatan tulang (lompat tali/skipping), mengoptimalkan kesehatan jantung (lari, bersepeda, berenang, sepak bola), meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan anak. 

Pastikan Jam Tidur Anak Terpenuhi

Ilustrasi Anak Tidur. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

 

Anak merupakan individu yang sangat aktif, namun harus selalu diingat bahwa istirahat atau tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting. Anak yang kurang tidur akan menyebabkan kesulitan konsentrasi, obesitas, dan mudah marah. 

Jumlah waktu tidur bayi atau anak berbeda-beda, tergantung pada usianya yaitu untuk usia 0-3 bulan dianjurkan tidur 14-17 jam/hari, untuk usia 4-11 bulan 12-15 jam/hari, untuk usia 1-2 tahun dianjurkan 11-14 jam/hari, usia 3-5 tahun disarankan 10-13 jam/hari. Kemudian anak dengan rentang usia 6 hingga 12 tahun membutuhkan setidaknya 9-11 jam sehari. Tidur teratur sesuai jadwal juga perlu dibiasakan anak.

Biasakan Anak untuk Bersihkan Diri

Ilustrasi Anak Bersihkan Diri. (Pexels.com/Kampus Production)

 

Berikutnya namun tak kalah pentingnya adalah dengan mengajak anak untuk belajar membersihkan diri dan lingkungannya dengan baik. Membersihkan diri dan lingkungan merupakan salah satu cara mencegah penyakit. 

Ajari anak pentingnya mandi dua kali sehari, sering mencuci tangan, membersihkan kamar dan area bermain.