5 Hal Penting yang Harus Didiskusikan Orang Tua dengan Anak Remajanya

Kamis, 25 Januari 2024 | 17:52:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Hal Penting Yang Harus Didiskusikan Orang Tua Dengan Anak Remajanya

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Orang tua sangat berperan penting dalam pertumbuhan anak-anaknya. Tiap orang tua selalu berusaha mengasuh dan mendidik anak dengan sebaik-baiknya agar anak tidak mengalami kegagalan dalam menghadapi tantangan hidupnya, termasuk saat remaja.

Ketika anak memasuki masa remaja, tentu saja anak mengalami banyak perubahan, bukan hanya perubahan fisik atau biologis tapi juga perubahan psikologis. Anak remaja biasanya begitu ingin tahu untuk mengetahui segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. 

Untuk itu, orang tua harus bisa mengajarkan anak tentang beberapa hal dengan penuh empati agar anak tidak disesatkan oleh lingkungannya.

Melansir The Health Site, berikut 5 hal yang harus didiskusikan orang tua dengan anak remajanya.

Minat dan Tujuan

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Mulailah mendiskusikan tentang minat, kekuatan, dan potensi jalur karier anak. Dorong anak untuk membentuk pemikiran mereka tentang pendidikan dan tujuan karier yang akan ditujunya.

Buka percakapan dengan keterbukaan, fokus pada aspirasi dari anak dan cobalah mengerti mereka daripada memaksakan ekspektasi orang tua.

Cara Ambil Keputusan

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Bimbing anak dalam membuat keputusan yang tepat dan menghadapi tekanan teman sebaya secara efektif. Dorong mereka untuk membela keyakinan dan nilai-nilai dirinya. Berdayakan mereka untuk menavigasi situasi sosial dengan percaya diri sambil tetap jujur ​​pada diri mereka sendiri.

Perilaku dan Keamanan di Internet

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Di era yang sudah serba digital ini, sangat penting untuk mendiskusikan soal perilaku dalam menggunakan internet. Diskusikan topik seperti privasi, penindasan di medos, dan dampak jangka panjang dari tindakan online. Bedakan antara interaksi dunia maya dan dunia nyata, pastikan anak memahami pentingnya penggunaak teknologi yang positif. 

Normalisasi Pembicaraan Kesehatan Mental

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Normalisasikan percakapan seputar kesehatan mental. Ciptakan lingkungan di mana anak remaja Anda merasa nyaman mendiskusikan kecemasan, stres, atau depresi. Dorong mereka untuk mencari bantuan saat diperlukan dan tekankan pentingnya kesejahteraan emosional.

Perubahan Biologis dan Kesehatan Seksual

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Jangan segan untuk mulai mendiskusikan tentang pubertas, citra tubuh, dan kesehatan seksual. Berikanlah informasi yang akurat pada anak untuk meningkatkan pemahaman yang baik tentang tubuh mereka. Tumbuhkan harga diri dan didiklah anak mengenai praktik kesehatan seksualnya.