5 Manfaat Bersatu dengan Alam Bagi Kesehatan Mental

Kamis, 7 Maret 2024 | 21:16:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Manfaat Bersatu Dengan Alam Bagi Kesehatan Mental

Ilustrasi Perempuan di Alam. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Menghabiskan waktu di alam tentunya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental seseorang, hal ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology pada tahun 2019, menunjukkan bahwa berjalan atau duduk di ruang terbuka selama 20 menit dalam sehari ternyata dapat menurunkan kadar hormon stress seseorang.

Melansir Healthshots, berikut 5 manfaat bersatu dengan alam bagi kesehatan mental.

Dapat Redakan Stres

Ilustrasi Perempuan di Alam. (Freepik.com)

 

Menurut psikiater Dr. Sanil Sinhasan, lingkungan alami dapat membantu mengurangi stres. Ruang hijau dan alam memiliki efek yang bisa menenangkan pada system saraf, menurunkan hormon stress, dan meningkatkan relaksasi pada tubuh.

Tingkatkan Suasana Hati

Ilustrasi Perempuan di Alam. (Freepik.com)

 

Menghabiskan waktu di luar ruangan juga dapat meningkatkan serotonim, yakni neurotransmitter yang berkaitan dengan suasana hati yang lebih baik, sehingga mampu mengurangi kecemasan dan depresi.

Paparan sinar matahri juga ternyata mampu mengatur pola tidur, jika seseorang tidur nyenyak, maka suasana hatinya akan menjadi lebih baik di keesokan harinya.

Hidup Penuh Perhatian

Ilustrasi Perempuan di Alam. (Freepik.com)

 

Alam bisa mendorong perhatian dan mengurangi kelelahan mental, terlibat dengan alam dapat membantu seseorang untuk focus pada momen saat ini, mengurangi berpikir berlebihan dan kelelahan mental. Tentunya hal ini juga akan memengaruhi pada peningkatan pemikiran dan perhatian seseorang.

Tingkatkan Ikatan Sosial

Ilustrasi Perempuan di Alam. (Freepik.com)

 

Selain bermanfaat secara langsung bagi kesehatan mental seseorang, bersatu dengan alam juga mampu meningkatkan ikatan sosial. Baik melalui aktivitas kelompok atau berbagai ruang terbuka, bersosialisasi di alam menciptakan rasa memiliki dan dukungan emosional.

Tingkatkan Kemampuan Kognitif

Ilustrasi Perempuan di Alam. (Freepik.com)

 

Paparan terhadap alam bisa memicu kreativitas dan pemecahan masalah, waktu yang dihabiskan di lingkungan alam bisa memengaruhi peningkatan pemikiran dan kapasitas yang lebih besar untuk ide-ide inovatif.