5 Penyebab Kram Perut dan Rasa Nyeri Saat Haid

Rabu, 11 Desember 2019 | 19:11:02

LS Health

Penulis : LS Health

5 Penyebab Kram Perut Dan Rasa Nyeri Saat Haid

Terkadang, kita tidak menyadari kalau kebiasaan kita lah yang kerap membuat kram perut terasa semakin nyeri saat haid. Sebaliknya, kita malah terus melakukan beberapa kebiasaan yang ternyata merupakan penyebab utama rasa nyeri di perut ketika datang bulan. Biasanya, hal itu terjadi sebab kita terlalu menyepelekan kram perut dan bergantung pada ibuproven yang selalu kita konsumsi saat nyeri pada perut menyerang. Lantas, kebiasaan apa saja sih yang sebenarnya menjadi penyebab kram perut dan rasa nyeri saat haid? Berikut inilah penjelasannya.

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Terlalu banyak konsumsi garam
sumber: freepik.com

Menurut Savita Ginde, Wakil Presiden bidang medis di Stride Community Health Center di Colorado, Amerika, bahwa garam layaknya alkohol yang dapat meningkatkan kembung pada perut dan menyebabkan rasa sakit, serta peradangan yang lebih banyak. Maka, batasilah konsumsi garam dalam makananmu ya, Ladies. Kamu juga bisa beralih ke makanan sehat yang hanya menggunakan sedikit sekali garam atau bahkan tidak pakai garam sama sekali, sesaat sebelum masa haid datang.

2. Terlalu sering meminum kopi

Terlalu sering meminum kopi
sumber: freepik.com

Untukmu para pecinta kopi, barangkali ini adalah kabar yang kurang menyenangkan. Sebab, mengonsumsi terlalu banyak kopi juga menjadi penyebab kram perut dan rasa nyeri saat haid, lho. Ternyata, kafein dapat menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan ketegangan di seluruh tubuh. Nah, akibat kondisi itulah kram perutmu akan terasa semakin nyeri selama periode menstruasi, Ladies. Jadi, ada baiknya jika mulai mendekati periode haid, kamu mengurangi konsumsi kopi hingga masa haidmu berakhir.

3. Terlalu banyak duduk sepanjang hari

Terlalu banyak duduk sepanjang hari
sumber: freepik.com

Penyebab kram perut dan rasa nyeri saat haid berikutnya adalah terlalu banyak duduk sepanjang hari. Mungkin, ada beberapa di antara kamu yang justru rasa nyeri di perutnya akan hilang ketika tidur sepanjang hari. Namun, tak semua orang bisa mendapat keuntungan yang sama, Ladies. Bagi sebagian orang lainnya, terlalu banyak duduk atau berdiam diri malah akan membuat perut mereka terasa nyeri saat haid. Sebab itulah, ada baiknya jika kamu berolahraga ringan, misalnya dengan melakukan yoga atau pilates saat rasa nyeri mulai menyerang!

4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak
sumber: freepik.com

Sama dengan perlunya mengurangi konsumsi garam saat haid, kita pun juga mesti mengurangi konsumsi makanan manis dan berlemak, Ladies. Sebab, makanan manis dan berlemak bisa merusak keseimbangan hormon dalam tubuh dan menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, makanan ini pun juga bisa meningkatkan reaksi inflamasi yang menyebabkan kram perut dan rasa nyeri saat haid semakin terasa dan membuat haid jadi tidak teratur.

5. Stres yang berkepanjangan

Stres yang berkepanjangan
sumber: freepik.com

Ketika masa haid akan datang, sebaiknya kamu berhenti untuk overthinking dan stres. Sebaliknya, kamu mesti merelaksasi pikiran dan tubuhmu agar kram perut dan rasa nyeri saat haid bisa berkurang perlahan. Sebab, stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan tubuh lebih sensitif dengan rasa sakit, Ladies.

Nah, setelah mengetahui 5 penyabab kram perut dan rasa nyeri saat haid tadi, yuk, saatnya kita mulai mengontrol diri untuk tidak melakukan kelima hal itu yang tanpa sadar telah menjadi kebiasaan kita selama ini!