5 Rekomendasi Buah Yang Baik Dikonsumsi Ibu Setelah Operasi Caesar

Thursday, 22 Jul | 12:15:04

LS Health

Penulis : LS Health

5 Rekomendasi Buah Yang Baik Dikonsumsi Ibu Setelah Operasi Caesar

Foto: Ladiestory.id

Kelahiran seorang anak adalah hal yang paling ditunggu tunggu khususnya bagi para calon orangtua.

Biasanya tidak semua wanita dapat melahirkan secara normal karena keinginan sendiri ataupun karena faktor faktor tertentu dan mesti dilakukan secara operasi caesar.

Operasi caesar pun mirip layaknya operasi lainnya yang bisa memberikan resiko seperti infeksi selaput rahim (endometritis), pendarahan postpartum, reaksi pada anestesi, infeksi sayatan, cedera bedah dan yang sangat menakutkan yaitu penggumpalan darah.

Sebab gumpalan darah yang ada di dalam vena dalam, terutama pada kaki maupun organ panggul (deep vein thrombosis).

Terlebih lagi bila bekuan darah tersebut mengalir menuju paru-paru kmau dan menghambat aliran darah (pulmonary embolism), kerusakannya sampai dapat mengancam keselamatan dan jiwa.

Apakah ada yang baru saja melahirkan secara operasi caesar?

Melahirkan merupakan pengalaman yang sangat luar biasa tetapi beban setelahnya lebih berat bagi kelahiran operasi caesar.

Melahirkan dengan metode operasi caesar memang membutuhkan waktu penyembuhan luka yang cukup lama ketimbang melahirkan normal.

Selama waktu ini tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang tepat serta cukup yang paling penting dalam pemulihan dan menyusui.

Supaya proses penyembuhan luka tidak terhambat mesti memperhatikan beberapa faktor pendukung, seperti makanan.

Makanan yang Anda konsumsi juga mesti sesuai anjuran, buah-buahan juga bisa mempengaruhi proses penyembuhan luka. Berikut buah yang baik dikonsumsi pasca operasi caesar.

1. Apel

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Siapa yang tak mengetahui buah apel? Buah yang dapat ditemukan di manapun Anda berada, mulai daru pasar tradisional, swalayan bahkan supermarket.

Di balik rasanya yang memang enak dan segar, terdapat banyak manfaat buah apel untuk kesehatan yang dapat diperoleh oleh tubuh. Terutama untuk Anda yang habis operasi caesar.

Jadi apel termasuk buah yang boleh dimakan setelah operasi caesar.

2. Jeruk

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Selain segar dan dapat dijadikan minuman, jeruk adalah salah satu dari beberapa buah yang boleh dikonsumsi pasca operasi caesar.

Sebab buah jeruk adalah sumber vitamin C yang tinggi dan banyak mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi Anda setelah melahirkan dan menyusui maupun setelah operasi kanker otak.

3. Anggur

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Berikutnya ada anggur. Buah anggur merupakan buah yang unik sebab memiliki banyak warna seperti merah, hijau, sampai hitam.

Buah anggur mengandung fitonutrien atau zat alami yang terkandung dalam buah.

Kandungan buah anggur tak lepas dari jasa polifenol yakni senyawa pemberi warna cerah dalam buah.

Kandungan antioksidan polifenol yang terdapat pada buah anggur ini bisa memberi tubuh perlindungan dari penyakit dan membantu melawan radikal bebas.

4. Blueberry

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah Blueberry memiliki kandungan vitamin dan Antioksidan yang banyak sekali serta berfungsi untuk Anda setelah operasi caesar ataupun operasi kuret.

Di supermarket telah banyak dijual buah blueberry yang segar, yang dikeringkan, ataupun yang dijadikan manisan.

Anda dapat memilih yang segar guna memperoleh manfaat buah blueberry tersebut dengan optimal sebab bila telah dikeringkan maupun menjadi manisan akan banyak sekali tambahan gula yang tidak baik bagi kesehatan.

5. Alpukat

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Pada buah alpukat terdapat senyawa antioksidan penting seperti zeaxanthin.

Buah ini juga memiliki kandungan serat bermanfaat, protein seperti “beta-sitosterol”, “glutathione” yang bermanfaat membantu proses pemulihan bunda setelah operasi caesar.

Untuk Anda yang baru saja melakukan operasi caesar, buah buah di atas baik dan tepat untuk Anda konsumsi.

Berita Terkait