5 Tanda Burnout yang Jarang Disadari, Apakah Kamu Salah Satunya?

Senin, 26 Februari 2024 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tanda Burnout Yang Jarang Disadari, Apakah Kamu Salah Satunya?

Ilustrasi Stres Pekerjaan. (iStock)

Ladiestory.id - Apakah kamu sering merasakan kelelahan secara tiba-tiba? Bisa jadi, itu adalah tanda burnout yang jarang disadari. 

Ada banyak sebagian dari kamu mungkin merasakan sedang tidak ingin melakukan apa-apa atau bahkan berbicara dengan siapapun. Bahkan, jika kamu hanya perg berkerja dan pulang kerumah pun dapat menonjolkan rasa kelelahan. 

Melansir dari self.com, kelelahan kerap diidentikan dengan rasa stres dari pekerjaan atau rutinitas. Hal ini sangat umum terjadi apalagi ketika seseorang memiliki aktivitas yang tinggi dan kurangnya istirahat. 

Namun, sebenarnya apa aja sih tanda burnout yang bisa kamu alami? Berikut ini adalah daftar lengkapnya untuk kamu simak; 

1. Menjadi Mudah Tersinggung 

Ilustrasi Tersinggung. (iStock)

 

Tanda burnout yang jarang disadari di urutan pertama adalah menjadi pribadi yang mudah tersinggung. Bahkan, hal ini tidak hanya terjadi saat kamu bekerja. 

Kelelahan bisa menyebabkan kondisi yang tidak disadari seperti perasaan yang gelisah dan mudah menjadi tersinggung. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya pandangan negatif terhadap kehidupan serta kehilangan motivasi saat beraktivitas.

Oleh karenanya, pada masa ini kamu harus memperhatikan siapa yang kerap membuatmu marah. Sehingga, kondisi ini bisa diatasi dengan lebih baik. 

2. Sering Kewalahan Saat Melakukan Aktivitas

Ilustrasi Kelelahan. (iStock)

 

Ketika mengalami burnout alhasil kemampuan diri pun berkurang. Sehingga, akan kesulitan mengerjakan berbagai tugas bahkan permintaan kecil sekalipun. 

Salah satu contoh yang cukup ringan seperti kamu kesulitan untuk mengatur waktu kencan yang terjadi secara mendadak. Alhasil, kondisi ini membuatmu putus asa dan tingkat kemarahanmu menjadi sering. Bahkan, ketika menjadi lebih parah biasanya kamu akan menolak untuk lebih banyak permintaan. 

3. Kerap Menunda-nunda Pekerjaan

Ilustrasi Menunda Pekerjaan. (iStock)

 

Tanda burnout yang jarang disadari berikutnya yaitu  kerap menunda-nunda pekerjaan, Hal ini biasanya ditandai dengan menghindari pekerjaan dalam intensitas waktu yang sering. 

Sebuah penelitian pada tahun 2019 terhadap 3000 orang dan ditemukan bahwa kelelahan bisa berkaitan dengan keputusan seseorang dalam menunda sesuatu. Beberapa contohnya seperti kamu memutuskan tidak membalas email atau menunda mengerjakan tugas hingga beberapa hari telah berlalu.

Ketika kondisi ini dibiarkan terlalu lama. Maka, tanpa sadar kamu pun mulai memutuskan tidak melakukan apapun dan berakhir dengan semua pekerjaan terlewatkan. 

4. Lebih Banyak Lupa dan Lengah 

Ilustrasi Lupa Sesuatu. (iStock)

 

Jika kamu sering melupakan sesuatu atau kerap merasa lengah. Maka, bisa jadi hal tersebut amruaja ran kelelahan. 

Hal ini tentu membahayakan karena bisa menyebabkan masalah pada ingatan yang menurun. Apalagi, bagi kamu yang memiliki tingkat aktivitas tinggi hal ini bisa mengganggu.

Tak banyak yang tahu bahwa kelalah bisa mempengaruhi memori maupun fungsi eksekutif seseorang. Hal ini biasanya disebabkan adanya perubahan biologis sebagai respon terhadap stres kronis. 

Kondisi ini juga termasuk penurunan volume dari ganglia basalis. Bagian ini sibuk sebagai area otak yang mengatur fungsi eksekutif terutama dalam hal memori kerja. 

5. Banyak Melamun Sambil Memikirkan Hal Lain

Ilustrasi Melamun. (iStock)

 

Tanda burnout yang jarang disadari di urutan terakhir adalah banyak melamun sambil memikirkan hal lain. Jika kamu kerap melamun ketika bekerja dengan membayangkan tengah mengerjakan kegiatan lain yang lebih menyenangkan. 

Maka, ini bisa menjadi tanda kamu mengalami kelelahan secara fisik maupun pikiran. Alhasil, muncul fantasi yang tidak seperti biasanya. 

Meski begitu, kebiasan melamun ketika bekerja dengan memikirkan perubahan karir yang drastis bukan berarti kamu berada di kondisi yang salah. Bisa jadi, hal ini sebagai cara trbaik dirimu menemukan kelegaan tersendiri. 

Itulah informasi mengenai tanda burnout yang jarang disadari. Jika kamu merasa hal ini semakin sering terjadi dan parah. Maka, kamu perlu untuk melakukan konsultasi ke dokter terdekat. Semoga bermanfaat ya! (*)

 

SUMBER BERITA:

https://www.self.com/story/signs-of-burnout