5 Tanda Ini Buktikan Jika Kamu Sudah Sembuh dari Rasa Trauma

Senin, 16 Januari 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tanda Ini Buktikan Jika Kamu Sudah Sembuh Dari Rasa Trauma

Ilustrasi Sembuh dari Trauma (Special)

Ladiestory.id - Rasa trauma dapat disebabkan oleh peristiwa buruk yang terjadi di masa lalu baik itu musibah akibat bencana alam, kekerasan fisik maupun pelecehan seksual hingga kekerasan dalam hubungan yang membuat batin terasa hancur, menyebabkan rasa takut dan kecemasan yang berlebihan.

Rasa trauma yang melanda kerap menimbulkan perasaan emosional yang naik turun bahkan kamu pun lebih menutup diri dari dunia luar karena rasa takut yang menghampiri.

Namun dibalik hal itu, banyak orang yang berusaha untuk keluar dari rasa takut akibat trauma. Berikut ini lima tanda buktikan jika kamu sudah sembuh dari rasa traumatis.

1. Tidak Dikendalikan Oleh Masa Lalu

Tidak Dikendalikan Oleh Masa Lalu (Special)

Saat seseorang mengalami rasa traumatis dirinya akan merasakan gangguan psikologis seperti terjadinya pergolakan emosional, mimpi buruk hingga pikiran-pikiran negatif akibat rasa traumatis di masa lalu.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kesehatan mental dan aktivitas fisik lainnya sehingga dapat menimbulkan masalah konsentrasi hingga rasa kurang percaya pada diri sendiri.

Ketika seseorang mulai keluar dari rasa traumatis nya, maka seseorang tidak akan dikendalikan oleh masa lalu. Bahkan kamu sudah berdamai dengan masa lalu dan rasa trauma, kamu bisa mengevaluasi diri untuk menjalani hidup yang lebih baik.

2. Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari Zona Nyaman (Special)

Rasa trauma kerap memberikan perasaan dan pikiran negatif, bahkan kamu kerap untuk bertahan dan berada di zona nyaman. Tetapi, seseorang yang sudah sembuh akan rasa trauma nya dari masa lalu ia akan berusaha untuk memberanikan diri keluar dari zona nyaman.

Hal ini akan dibuktikan dengan kamu sudah tidak lagi berdiam diri dan merenungkan nasibmu, kamu akan berusaha untuk menciptakan afirmasi positif untuk menjalankan kehidupanmu yang baru.

3. Kembali  Percaya  Diri

Kembali Percaya Diri (Special)

Ketika batin seseorang sedang terluka ia akan merasa kesedihan bahkan merasa menyesal akan dirinya sendiri. Tak jarang ia akan selalu memikirkan hal-hal buruk yang terjadi pada dirinya, maka tak jarang mereka akan mengisolasi dirinya dari dunia luar dan memilih untuk menyendiri.

Ketika seseorang berhasil bangkit dari rasa traumanya, maka mereka akan mencoba untuk kembali tampil menjadi pribadi yang percaya diri serta meninggalkan rasa sakit di masa lalu.

4. Kembali Mencintai Diri Sendiri

Kembali Mencintai Diri Sendiri (Special)

Akibat rasa trauma yang muncul seseorang akan mudah menyalahkan dirinya sendiri, mereka pun kerap beranggapan bahwa hal-hal yang terjadi di masa lalu bisa saja disebabkan akibat keteledoran diri bahkan rasa percaya yang berlebihan terhadap orang lain.

Rasa kecewa dan penyesalan memang kerap menghampiri, namun seseorang yang berhasil sembuh dari rasa traumanya ini akan berusaha bangkit dan kembali mencintai dirinya sendiri.

Ia akan berusaha memaafkan diri dan orang lain terhadap kejadian buruk di masa lalu dan berusaha untuk menciptakan kembali kebahagiaan di dunianya sendiri.

5. Menemukan Kedamaian dalam Diri

Menemukan Kedamaian dalam Diri (Special)

Rasa trauma yang mendalam akibat kejadian menakutkan di masa lalu akan membuat seseorang sulit untuk berdamai dengan masa lalu bahkan dirinya sendiri.

Alhasil tindakan seperti ini akan memperburuk kondisi kesehatan dan mentalnya. Namun, seiring berjalannya waktu seseorang pun akan berusaha untuk menyembuhkan rasa traumanya, jika hal ini mulai berhasil maka ia akan kembali menemukan kedamaian dalam dirinya sendiri.

Ia akan menemukan kedamaian batin atau inner peace dan berusaha terus memperbaiki hidup dan tidak terus-menerus melihat ke belakang, rasa trauma yang muncul akan memberikanmu pelajaran dalam hidup dan lebih berhati-hati untuk membangun masa depan.