5 Tips Cepat Marinasi Ayam agar Lebih Gurih dan Juicy

Senin, 15 April 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Tips Cepat Marinasi Ayam Agar Lebih Gurih Dan Juicy

Marinasi Ayam. (Google)

Ladiestory.id - Sebelum memasak ayam, ada baiknya untuk memarinasi ayam tersebut agar rasanya menjadi lebih gurih dan juicy. Bumbu marinasi ayam merupakan kunci agar ayam goreng atau panggang lebih enak, empuk, dan juicy.

Cukup diamkan semalaman agar bumbu meresap dengan baik, guna memberi sedikit cairan ke dalam daging ayam. Alhasil, tekstur daging ayam menjadi lebih juicy dan tidak kering saat disantap dengan nasi hangat dan sambal ulek.

Berikut beberapa tips marinasi ayam agar lebih gurih dan juicy.

Pastikan Takaran Bumbu Tepat

Marinasi Ayam. (Google)

 

Bahan berkualitas dan takaran bumbu marinasi tepat menjamin rasa dan tekstur juicy pada ayam. Ada cara membuat bumbu marinasi ayam, yaitu kombinasi tepat antara asam, sedikit lemak, dan rasa manis.

Jika ingin rasanya lebih kuat, kamu bisa menambahkan bumbu rempah-rempah untuk rasa aromatik pada ayam.

Buat Sendiri Bumbu Marinasi

Marinasi Ayam. (Google)

 

Tips memasak cepat selanjutnya yaitu mencampurkan bawang putih halus, perasan lemon, air, madu, merica, dan garam.Agar mudah dibalurkan ke ayam, kamu dapat menambahkan minyak zaitun secukupnya pada campuran bumbu tersebut. Kemudian balurkan ayam utuh atau yang sudah dipotong-potong dengan bumbu marinasi hingga merata.

Marinasi Pada Wadah Tertutup

Marinasi Ayam. (Google)

 

Cara membuat bumbu marinasi agar meresap sempurna yaitu menyimpannya pada wadah tertutup atau plastik zip lock.

Pastikan wadah untuk menyimpan ayam marinasi kedap udara guna mengurangi terjadinya penguapan. Selain lebih praktis juga mempermudah prosesnya, semua bagian ayam akan terendam bumbu marinasi dengan baik.

Sedikit Remukkan Bagian Ayam

Marinasi Ayam. (Google)

 

Supaya bumbu marinasi meresap sempurna, sedikit remukkan bagian ayam seperti dada dengan ulekan. Setelah itu, balurkan ayam dengan bumbu marinasi dan masukkan ke dalam wadah kedap udara atau plastik zip lock.

Diamkan Ayam Semalaman

Marinasi Ayam. (Google)

 

Bumbu marinasi sebenarnya sudah menyerap ke dalam daging ayam sekitar satu jam, yang selanjutnya bisa digoreng. Namun, akan lebih sempurna apabila mendiamkan ayam marinasi semalaman di dalam freezer. Kemudian tiriskan ayam dari air marinasi, lalu siap digoreng atau dipanggang untuk hasil yang juicy.