5 Tips Kembalikan Energi Setelah Lelah Seharian Bekerja

Senin, 3 Juli 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Kembalikan Energi Setelah Lelah Seharian Bekerja

Ilustrasi Lelah Bekerja. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Ladies, bekerja tak hanya menjadi aktivitas rutin harian untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam diri, namun bekerja baik di rumah maupun di kantor dapat pula menyebabkan kondisi tubuh menjadi mudah lelah hingga sakit. Selain itu, kondisi lelah setelah bekerja bisa membuat seseorang mengalami stres dan istirahat menjadi tidak berkualitas. Nah, untuk mengembalikan energi setelah lelah seharian bekerja kamu bisa melakukan lima tips berikut ini, simak yuk!

1. Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih. (Freepik.com)

 

Ladies, setelah bekerja seharian tubuhmu akan menjadi mudah lelah hal ini pun dapat mempengaruhi kurangnya cairan dari dalam tubuhmu, lho. Oleh sebab itu, kamu perlu banyak mengonsumsi air putih untuk mengembalikan cairan dalam tubuh dan menghidrasi tubuh agar mencegah terjadinya rasa lelah. Nah, pastikan saat bekerja maupun setelah bekerja kamu bisa meminum segelas air putih untuk memastikan sel-sel dalam tubuhmu dapat terus terhidrasi.

2. Konsumsi Buah

Ilustrasi Konsumsi Buah. (Freepik.com)

 

Bekerja seharian dapat membuat tenaga dan tubuh menjadi lelah, bahkan kamu pun dapat mudah terserang penyakit. Untuk mengatasinya kamu dapat mengonsumsi buah-buahan yang dapat mengembalikan energi dalam tubuh yang bisa kamu dapatkan dari buah-buahan ini. Kamu bisa mengonsumsi pisang, mangga, apel mapun jenis buah-buahan lainnya yang kamu sukai untuk membantu meningkatkan energimu. Mengonsumsi buah-buahan dapat lebih cepat dicerna oleh tubuh sehingga dapat mengubahnya menjadi sumber energi dan nutrisi. Selain itu, buah-buahan ini dapat menyerap zat antioksidan sehingga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh yang dapat membantu menjadikan daya tahan tubuhmu sehingga tidak membuatmu mudah terserang penyakit.

3. Konsumsi Omega 3

Ilustrasi Ikan. (Freepik.com)

 

Yup, selain mengonsumsi air putih dan buah-buahan, kamu pun bisa mengonsumsi omega 3 yang bisa kamu dapatkan dari ikan. Kandungan omega 3 yang tinggi dalam ikan ini dapat memperbaiki kinerja jantung serta membantu meningkatkan kesadaran. Mengonsumsi ikan juga dapat meningkatkan energi setelah seharian bekerja dan membantu meningkatkan energi dalam tubuh lebih cepat. Apabila kamu tidak ingin mengonsumsi ikan, kamu pun bisa menggantinya dengan mengonsumsi tablet minyak ikan yang bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan energi dalam tubuhmu. Kamu pun bisa menyediakan tablet minyak ikan ini saat bekerja untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebagai pembangkit energi untuk seharian bekerja.

4. Jalan-jalan Ringan

Ilustrasi Naik Tangga. (Freepik.com)

 

Selain tips diatas, kamu juga bisa mengurangi rasa lelah akibat setelah bekerja seharian dengan jalan-jalan ringan. Duduk dalam waktu yang lama bisa membuat tubuhmu menjadi mudah lelah bahkan sakit dibagian otot maupun sendinya, apalagi jika kamu bekerja terus-menerus tanpa henti dan mengabaikan waktu istirahat. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan kondisi otot menjadi kaku, oleh sebab itu kamu bisa mensiasatinya dengan melakukan jalan-jalan ringan untuk meregangkan otot pada punggung, bahu, dan juga kakimu.

5. Tidur Cukup

Ilustrasi Tidur Cukup. (Freepik.com)

 

Jika pekerjaanmu membuat tubuhmu menjadi sangat lelah dan tidak mampu untuk berkonsentrasi kembali, maka sebaiknya kamu manfaatkan waktu istirahat dengan tidur cukup.  Kamu bisa istirahat sejenak selama 10 hingga 30 menit di meja kerjamu untuk membantu mengembalikan konsentarsi dan semangat kerja agar pikiran dan tubuhmu dapat kembali efektif dan rileks. 

Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat dengan tidur daripada mengonsumsi kafein yang dapat membantumu terjaga sementara. Apabila tidur ini dirasa kurang mampu mengembalikan semangat kerjamu, setelah seharian bekerja kamu bisa berolahraga ringan, pergi mandi untuk merelaksasikan diri dan kembali tidur untuk menghindari bermain gadget maupun menonton film agar tubuhmu kembali semangat menjalankan aktivitas keesokan harinya.