Ini Dia 5 Tips Memilih Bra Yang Cocok Untuk Kesehatan Dan Kenyamananmu

Kamis, 5 Agustus 2021 | 05:08:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Ini Dia 5 Tips Memilih Bra Yang Cocok Untuk Kesehatan Dan Kenyamananmu

Foto: Ladiestory.id

BH atau bra merupakan pakaian dalam yang mesti dipakai oleh seorang perempuan. Selain kewajiban mengenakan bra, seorang perempuan pun mesti dapat memilih bra mana yang sesuai dengan bentuk payudaranya.

Setiap perempuan membutuhkan jenis bra yang berbeda, semuanya dicocokkan sesuai bentuk payudara, ukuran, dan bahan yang beragam.

Tidak hanya karena faktor kenyamanan saja, ukuran bra yang cocok juga penting bagi kesehatan kamu sekalian, gaes.

Sayang sekali, masih banyak perempuan yang bingung dalam memilih bra yang sesuai. Setidaknya 75% perempuan mengenakan bra dengan ukuran yang tidak sesuai dan itu sangat mempengaruhi kesehatan mereka. Memilih bra yang cocok sangat penting guna menjaga keseimbangan tubuh terhadap gravitasi.

Selain kurang nyaman digunakan, salah memakai ukuran yang tidak sesuai bisa memengaruhi penampilan dan kesehatan juga ternyata.

Bukan hanya terkait bagus bentuknya dan lain-lain, salah memilih ukuran bra bisa menimbulkan keluhan sakit kepala, gangguan perut, bahu, sakit punggung, kerusakan ligamen, dan bentuk tubuh menjadi bungkuk.

Bra dengan ukuran yang sesuai bisa membantu memperbaiki bentuk tubuh kita dan menjadikan tubuh tampak langsing sebab pinggang yang terlihat lebih kecil. Berikut tips memilih bra yang tepat.

1. Mengenakan Dua Jari

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Cara memilih bra yang pertama yaitu mengenakan bantuan jari. Caranya yaitu masukanlah dua jari kamu di tengah-tengah bra. Bila terdapat celah dengan dua jari, artinya bra tersebut cocok dengan ukuran lingkar dada bawah.

Sedangkan saat area belakang bra kamu butuh ditarik ke atas terus-menerus, maka pita pengait bra mungkin terlalu longgar. Bila hal ini terus terjadi, sepertinya kamu mesti menurunkan ukuran bra.

2. Pastikan Ukuran Lingkar Dada

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Ukuran lingkar dada kamu dapat berubah dari waktu ke waktu dan tahun ke tahun, yang pada akhirnya memengaruhi ukuran bra kamu itu sendiri.

Perubahan berat badan dan fluktuasi hormon dapat menjadi hal penyebab perubahan itu. Jadi, ada baiknya sebelum membeli bra, ukurlah lingkar dada kamu.

Kenakan pita pengukur kain guna mengukur dua bagian, yakni tepat pada bawah payudara dan di sekitar area paling penuh dari payudara. Angka pertama memerlihatkan ukuran bra, dan angka kedua memerlihatkan ukuran cup bra kamu.

3. Beda Merk, Beda Ukuran

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tidak semua merek mempunyai standar ukuran yang setara. Dalam memastikan hal itu cobalah bra sebelum membeli. Cara lain dalam memilih bra yaitu dengan mencobanya tanpa memakai tali penyangga di bahu. Bila bra yang kamu pilih merosot, artinya kamu mesti memilih bra dengan ukuran yang lebih kecil.

4. Mengukur Cup

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Jika kamu mengenakan bra dengan cup yang terbentuk, maka payudara kamu mesti mengisi dengan cocok, tidak terdapat lipatan payudara yang menjadikannya ‘tumpah’ ke luar maupun ruang yang tersisa di cup.

Cara memilih bra ini dapat dilakukan dengan merentangkan meteran agar melingkari payudara. Selepas itu, kamu dapat mengurangi hasil pengukuran tersebut dengan ukuran lingkar dada yang sebelumnya telah diukur.

5. Pastikan Bra Mengangkat Payudara

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Bra yang sesuai semestinya tidak hanya menopang payudara kamu namun juga mengangkatnya. Nah, terdapat cara sederhana yang dapat kamu lakukan, yakni temukan titik tengah antara bahu dan siku. Pada area ini, bra paling menonjol dari dada. Bila lebih rendah, ada baiknya kamu kencangkan tali namun hindari menekan bagian dada terlalu kencang ya gaes.