5 Trik Ibu Pintar untuk Jaga Kesehatan Keluarga

Jumat, 22 Juli 2022 | 18:33:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

5 Trik Ibu Pintar Untuk Jaga Kesehatan Keluarga

Ilustrasi berkumpul keluarga. (Special)

Ladiestory.id - Keluarga merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap insan manusia. Keluarga adalah sekelompok orang yang disatukan oleh perkawinan, persalinan, dan adopsi. Tujuannya adalah untuk menjaga dan memelihara budaya bersama, meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosial. 

Unsur penting dalam sebuah keluarga adalah kesehatan keluarga. Kesehatan keluarga merupakan upaya berkelanjutan dan telah menjadi norma  keluarga untuk menjaga kesehatan setiap individu anggota keluarga. Oleh karenanya, setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas kesehatan keluarganya.

Menjaga kesehatan keluarga sebenarnya adalah kewajiban semua anggota. Meski seluruh bagian keluarga memiliki peranan penting, tetapi ibu lah yang memegang peranan penting dalam menentukan kualitas kesehatan setiap keluarga.

Melansir dari The Henry J. Kaiser Family Foundation, peran ibu bagi kesehatan keluarga berkontribusi langsung pada gizi keluarga melalui produksi, pengolahan, dan pemilihan makanan sehat untuk dikonsumsi. Jenis makanan yang dipilih juga berhubungan langsung dengan tingkat kesehatan anak.

Oleh karena itu, disarankan agar ibu mengatur nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan normal anaknya. Hal ini mencakup cara untuk memilih makanan, di mana pengolahan makanan berbanding lurus dengan kesehatan keluarga.

Selain makanan, ibu juga berperan sebagai "dokter" keluarga. Ketika salah satu anggota keluarga jatuh sakit, ibu segera memberikan pertolongan pertama untuk meringankan gejala yang dialaminya. Misalnya, ibu segera merawat anak jika mereka demam. Selain itu, ibu juga dapat memberikan makanan yang membantu proses pemulihan.

Guna menjaga kesehatan keluarga, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh ibu maupun anggota keluarga lainnya yang dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

1. Olahraga Bersama

Ilustrasi olahraga bersama pasangan. (Special)

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat kesehatan, terutama saat berlatih bersama  keluarga. Anda tidak perlu melakukan latihan yang berat atau rumit. Hanya berjalan-jalan di luar ruangan atau bersepeda bersama di akhir pekan. Aktivitas fisik lain yang bisa dilakukan di alam antara lain hiking dan camping.

2. Menjaga Kebersihan Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

Rumah yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, virus, dan kuman yang mengancam kesehatan seluruh  keluarga. Luangkan waktu untuk membersihkan rumah anda dengan menyapu dan mengelap lantai. Membersihkan area yang rawan kuman seperti dapur dan kamar mandi juga bisa dilakukan.

3. Tingkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi anak tidur. (Special)

Cara menjaga kesehatan keluarga selanjutnya adalah dengan menciptakan kebiasaan tidur yang sehat bersama. Ketika anak anda masih kecil, mungkin anda akan lebih mudah mengatur waktu tidur. Lain halnya jika anak anda sudah  remaja, jadwal tidur mereka bisa jadi berantakan dan tidak teratur.

Oleh karena itu, biasakan untuk bangun pada pagi hari. Istirahat yang cukup memiliki dampak yang besar bagi kesehatan manusia. Tidak hanya itu, tidur yang cukup dapat meningkatkan mood dan konsentrasi. Untuk mengembangkan kebiasaan ini, orang tua harus memberi contoh kepada anak-anaknya dengan tidur tepat waktu, seperti yang  disepakati seluruh keluarga.

4. Kurangi Penggunaan Gadget

Ilustrasi perempuan main hp. (Special)

Apabila anda memiliki kebiasaan makan bersama keluarga di akhir pekan sambil menonton TV atau acara favorit anda, jangan lakukan itu. Konsumsi berlebihan perangkat dan layar mengarah ke gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Hal tersebut dapat meningkatkan timbulnya masalah kesehatan.

Tetapkan batas waktu bermain gadget yang berlaku untuk seluruh keluarga. Ganti dengan kebiasaan lain yang tidak fokus pada ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Misalnya, membaca buku atau bermain game yang tidak ada hubungannya dengan gadget.

5. Atur Porsi Makan

Ilustrasi makan (Special)

Dari segi fisik, cara lain untuk menjaga keluarga tetap sehat adalah dengan mengatur porsi makan. Pastikan bahwa setiap keluarga mendapat asupan yang memenuhi kebutuhan masing-masing. Ibu juga dapat menyajikan makanan sehat di meja makan.

Itulah beberapa trik pintar yang dapat dilakukan ibu pintar untuk menjaga kesehatan keluarganya.