6 Cara Jaga Kesehatan Anak saat Musim Pancaroba, Wajib Catat!

Sabtu, 6 Mei 2023 | 14:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

6 Cara Jaga Kesehatan Anak Saat Musim Pancaroba, Wajib Catat!

Ilustrasi anak sakit. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu tengah menghadapi cuaca panas dan hujan dalam satu waktu bersamaan? Jika iya, maka kamu berada dalam kondisi musim pancaroba. Tentunya, waktu ini cukup riskan bagi kesehatan anak. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan anak saat musim pancaroba. 

Sebab, ketika musim pancaroba terjadi anak cenderung menjadi mudah sakit. Beberapa jenis penyakit yang menghampiri seperti pilek, batuk, diare, demam hingga muntah. Lalu, apa saja ya yang perlu dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan anak saat musim pancaroba? Langsung saja yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Biasakan untuk Rajin Mencuci Tangan

Anak mencuci tangan (Special)

 

Cara menjaga kesehatan anak saat musim pancaroba yang pertama adalah dengan membiasakan rajin cuci tangan. Langkah ini diketahui sangat efektif utk mencegah berbagai penyakit. Sebab, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sering menjadi sarang bagi kuman.

Selalu biasakan si kecil untuk mencuci tangan dengan maksimal. Mulai dengan menggunakan sabun dan membilasnya dengan air mengalir. Kamu juga bisa membekalinya hand sanitizer untuk membantunya selalu bersih ketika beraktivitas. 

Lakukan kebiasaan baik ini bik sebelum dan sesudah makan, usai buang air, hingga setelah bermain di luar rumah atau menyentuh benda yang kotor. 

Tingkatkan Kebersihan

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

 

Masa pertumbuhan merupakan waktu terbaik untuk menanamkan kebiasaan baik pada si kecil Salah satunya dengan meningkatkan kebersihan. Terutama di musim pancaroba yang tengah terjadi. 

Kamu dapat memulainya dengan membiasakan si kecil untuk mandi secara teratur sebanyak dua kali sehari. Pastikan juga pakaian yang digunakan serta lingkungan di sekitar anak selalu bersih terjaga. Jangan lupa juga untuk mengerjakan si buah hati dalam menerapkan etika. Misalnya, saat batuk maupun pilek di sekitar orang lain. Sehingga, perlindungan diri saat pancaroba pun semakin maksimal.

Jaga Pola Makan Si Kecil

Ilustrasi anak makan persen. (Special)

 

Selanjutnya, cara menjaga kesehatan anak saat musim pancaroba dengan menjaga pola makan si kecil. Sebab, kondisi semacam ini sering menimbulkan turunnya nafsu makan si kecil.

Cobalah untuk selalu memberikan nutrisi yang seimbang dan jumlah yang terbilang cukup. Kamu juga perlu mencegah anak untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi. 

Jangan lupa juga selalu pastikan makanan yang dikonsumsi anak dalam keadaan segar dan bersih. Selain itu, kebutuhan cairan tubuh juga menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan.

Lakukan Vaksinasi Lengkap

Ilustrasi mendapatkan vaksin. (Special)

 

Cara menjaga kesehatan anak saat musim pancaroba berikutnya yaitu dengan melakukan vaksinasi lengkap. Hal ini sangat baik untuk memperkuat imunitas anak terutama saat musim pancaroba. Usahakan untuk melakukan vaksinasi lengkap. Hindari keterlambatan dalam melakukan langkah ini, ya.

Hindari Bepergian

Ilustrasi anak bermain. (Special)

 

Ketika musim pancaroba, semaksimal mungkin untuk menghindari bepergian terutama keluar rumah. Kecuali, kamu memiliki urusan yang sangat penting dan harus mengajak anak. 

Sebab, dengan sering keluar rumah anak akan mudah terpapar oleh angin serta air hujan.Kondisi ini sendiri membuat anak menjadi sangat mudah untuk terserang penyakit. Selain itu, ketika berada di tempat umum anak pun semakin berisiko tertular berbagai virus atau bakteri. 

Usahakan untuk selalu menggunakan masker, pakaian yang hangat hingga payung atau jas hujan. Terutama ketika hal yang sangat mendesak saat keluar rumah.

Utamakan Istirahat yang Cukup

Ilustrasi anak tidur. (Special)

 

Cara menjaga kesehatan anak saat musim pancaroba yang terakhir adalah mengutamakan istirahat yang cukup. Langkah satu ini menjadi kunci yang sangat penting dalam menjaga kesehatan si kecil. Sebab, tidur menjadi momen untuk membuat tubuh kembali meregenerasi sel-sel tubuh. 

Cobalah untuk mulai menerapkan waktu tidur yang cukup dan sesuai dengan usia si kecil. Sehingga, tak hanya durasi saja yang terjaga namun juga kualitas tidur harus diperhatikan. Jika si kecil mengalami gangguan tidur. Segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan yang tepat.